BLOG | VIDA DIGITAL IDENTITY

Digital Nomad: Definisi, Jenis Pekerjaan, Tipsnya

Written by VIDA | 2024 Agu 5 00:00:00

Digital nomad adalah gambaran keseharian yang semakin diminati seiring dengan beragamnya jenis pekerjaan. Dibantu dengan teknologi, muncul banyak peluang pekerjaan yang dapat menjadikan kita digital nomad.

Apa itu digital nomad? Apa saja jenis pekerjaan dan tips menjadi digital nomad berpenghasilan tinggi? Berikut ulasannya.

Pengertian Digital Nomad

Digital nomad adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan individu yang bekerja secara remote, memanfaatkan teknologi digital untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka. Digital nomad, sesuai namanya, tidak menetap pada suatu tempat. Digital nomad sering berpindah-pindah tempat tinggal sambil tetap menjalankan pekerjaan mereka. Dengan adanya internet yang dapat diakses di mana saja, digital nomad dapat bekerja dari mana saja.

Macam-Macam Pekerjaan Digital Nomad

Digital nomad dapat ditemukan di berbagai sektor industri, terutama yang memungkinkan pekerjaan dilakukan secara online. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan yang sering dijalankan oleh digital nomad:

1. Freelance Writer

Penulis lepas atau freelance writer adalah salah satu pekerjaan yang umum bagi digital nomad. Mereka menulis artikel, blog, konten situs web, dan materi pemasaran untuk berbagai klien di seluruh dunia.

2. Web Developer dan Programmer

Web developer dan programmer adalah contoh lain dari pekerjaan yang sangat cocok untuk digital nomad. Mereka dapat mengembangkan situs web, aplikasi, dan perangkat lunak dari mana saja selama ada koneksi internet.

3. Desainer Grafis

Desainer grafis menciptakan visual dan grafis untuk berbagai keperluan, termasuk situs web, media sosial, dan lain-lain. Dengan menggunakan perangkat lunak desain mereka dapat bekerja dari mana saja di dunia.

4. Digital Marketer

Digital marketer bisa berupa apa saja, misalnya social media specialist, SEO specialist, performance marketing specialist, atau media planner. Pekerjaan ini sangat fleksibel dan dapat dilakukan dari jarak jauh.

5. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis memberikan saran dan strategi kepada perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi. Mereka dapat mengadakan pertemuan dan konsultasi dengan klien dari mana saja.

6. Tutor dan Pengajar Online

Dengan berkembangnya platform pendidikan online, banyak digital nomad yang bekerja sebagai tutor atau pengajar online. Mereka memberikan pelajaran dalam berbagai mata pelajaran, mulai dari bahasa hingga keterampilan teknis.

Keuntungan Menjadi Digital Nomad

Selain bidang pekerjaannya yang luas, digital nomad juga diuntungkan dengan hal-hal berikut:

1. Waktu dan Tempat Bekerja yang Fleksibel

Salah satu keuntungan terbesar menjadi digital nomad adalah fleksibilitas untuk bekerja dari mana saja. Digital nomad pun punya kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat baru, merasakan budaya yang berbeda, dan hidup di tempat yang diinginkan.

Digital nomad juga memiliki waktu kerja yang fleksibel. Mereka dapat menyesuaikan waktu kerja sesuai kebutuhan pribadi seperti mengatur waktu untuk berolahraga, berlibur, atau mengurus keperluan lainnya.

2. Biaya Hidup yang Lebih Rendah

Dengan kemampuan untuk berpindah-pindah, digital nomad dapat memilih untuk tinggal di tempat-tempat dengan biaya hidup yang lebih rendah. Di Indonesia, digital nomad banyak ditemukan di tempat eksotis seperti Bali dan Lombok karena biaya hidup yang lebih murah dibandingkan tempat asal mereka.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Menjadi digital nomad menawarkan fleksibilitas dan kebebasan yang membuat kita dapat mengelola stres lebih baik. Meskipun ada tantangan mengatur rutinitas dan produktivitas, pekerjaan digital nomad setidaknya memberikan keleluasaan bagi mereka untuk mengatur kapabilitas emosi dan otak untuk bekerja.

Tips Menjadi Digital Nomad

Menjadi seorang digital nomad adalah impian banyak orang yang ingin memiliki kebebasan untuk bekerja dari mana saja dan menjelajahi dunia. Namun, menjalani gaya hidup ini tidak selalu mudah dan memerlukan perencanaan serta persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang digital nomad:

1. Tentukan Jenis Pekerjaan yang Fleksibel

Langkah pertama untuk menjadi digital nomad adalah memastikan bahwa pekerjaan Anda bisa dilakukan dari jarak jauh. Beberapa pekerjaan yang umum bagi digital nomad termasuk penulis lepas, desainer grafis, web developer, digital marketer, dan konsultan bisnis. Pastikan kamu memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjadi digital nomad.

2. Siapkan Peralatan Kerja yang Tepat

Memiliki peralatan yang tepat adalah kunci untuk menjalankan pekerjaan dengan lancar, misalnya laptop, koneksi internet, perangkat penyimpanan, dan aksesori kerja lainnya.

3. Pilih Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi yang tepat sangat penting bagi digital nomad. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan meliputi ketersediaan Internet, biaya hidup, fasilitas kerja, dan keamanan lingkungan.

4. Atur Keuangan

Sebagai digital nomad, mengatur keuangan dengan baik adalah hal yang krusial. Karena kamu bebas bekerja di mana saja, atur anggaran, tabungan, dan investasi dengan baik.

5. Tetapkan Rutinitas Kerja yang Konsisten

Meskipun kamu bisa kerja kapan saja dan di mana saja, jangan sampai kehilangan rutinitas kerja yang konsisten. Tetapkan jadwal harian yang mencakup waktu untuk bekerja, istirahat, dan bersosialisasi. Rutinitas yang baik akan membantumu tetap produktif dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

6. Gunakan Tanda Tangan Digital

Jika pekerjaanmu berkaitan dengan dokumen yang perlu ditandatangani, kamu bisa menggunakan tanda tangan digital. Kamu bisa menandatangani dokumen atau surat apapun kapan saja dan di mana saja.

Tak hanya soal kemudahan, tanda tangan digital juga dapat mengamankan dokumen maupun hasil kerjamu. menggunakan teknologi enkripsi, tanda tangan digital memastikan dokumen yang ditandatangani tidak dapat diubah setelah penandatanganan. Artinya, tanda tangan digital juga dapat digunakan sebagai watermark untuk hasil kerjamu.

Gunakan tanda tangan digital dari VIDA untuk menandatangani dokumen pekerjaanmu. VIDA adalah Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang dinaungi langsung oleh Kominfo. Tanda tangan digital yang sah mengandung Sertifikat Elektronik yang terkonfigurasi dengan data pribadimu dari KTP. Artinya, tanda tangan digital VIDA pasti sah dan sesuai regulasi. Yuk, pakai tanda tangan VIDA sekarang!