Skip to content
tanda tangan digital

Okt 16, 2024

4 Kesalahan Pembubuhan E-Meterai

Ini 4 kesalahan pembubuhan e-meterai dan tanda tangan digital yang harus kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya! 

E-meterai adalah versi digital dari meterai kertas tradisional yang biasanya digunakan untuk pengesahan dokumen. Sama kuatnya dengan meterai, e-meterai juga menjamin keamanan dan keaslian dokumen. Bahkan e-meterai yang didukung oleh tanda tangan digital dapat mencegah pemalsuan dokumen dalam bentuk apapun. 

Namun, ada 4 kesalahan pembubuhan e-meterai dan tanda tangan digital yang harus kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya! 

1. Menggunakan Tanda Tangan Basah Setelah Pembubuhan E-Meterai

Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah menggunakan tanda tangan basah pada dokumen yang sudah dibubuhi e-meterai. Meskipun tidak ada larangan khusus, namun tanda tangan basah tidak memberikan jaminan keamanan dokumen yang cukup. 

Jika kamu ingin memberikan kekuatan hukum pada dokumen dengan e-meterai, kamu harus menggunakan tanda tangan digital. Sebab, tanda tangan digital terikat dengan identitas resmi yakni KTP. Ketika dokumen dibubuhi tanda tangan digital, identitas penandatangan bisa diverifikasi dan dilacak secara elektronik, memastikan bahwa dokumen tidak diubah-ubah setelah ditandatangani.

Baca juga: 5 Hal Tentang Tanda Tangan Digital yang Patut Kamu Ketahui 

Sementara itu, tanda tangan basah mudah dipalsukan dan tidak dapat diverifikasi secara digital. Hal ini berarti dokumen tersebut rentan terhadap pemalsuan atau manipulasi setelah ditandatangani. 

Nah, kalau kamu pakai e-meterai tapi tetap menggunakan tanda tangan basah, keamanan dokumen tersebut tidak maksimal karena tanda tangan basah mudah dipalsukan dan tidak bisa diverifikasi secara digital. 

Intinya, untuk memastikan keamanan dokumen sepenuhnya, penggunaan e-meterai harus selalu diikuti dengan tanda tangan digital, bukan tanda tangan basah. 

2. Mengubah E-Meterai Menjadi QR Code

Kesalahan kedua adalah menganggap e-meterai bisa diubah menjadi QR Code. Faktanya, e-meterai harus tetap dalam bentuk aslinya ketika dibubuhkan ke dokumen untuk memastikan keabsahan dan perlindungan dokumen tersebut secara legal. 

Mungkin kamu sering melihat dokumen digital dengan QR code. Kenyataannya, QR code hanyalah alat bantu untuk memverifikasi keberadaan tanda tangan digital. Misalnya, setelah e-meterai dan tanda tangan digital dibubuhkan, beberapa platform menyertakan QR code untuk memudahkan proses pengecekan keabsahan dokumen. Tapi QR code tersebut bukan untuk membuktikan keaslian e-meterai. 

Jika kamu ingin mengecek keaslian e-meterai, kamu bisa mengeceknya di aplikasi Peruri Scanner. 

3. Mencetak E-Meterai Secara Mandiri

Kesalahan selanjutnya adalah menganggap e-meterai adalah meterai fisik yang dicetak mandiri. E-meterai hanya didapatkan dari sumber yang sah. Kamu tidak bisa mencetak meterai lalu membubuhkannya di dokumen digital dan menyebutnya e-meterai. VIDA menyediakan e-meterai untuk memudahkanmu mengelola dokumen dengan aman dan nyaman. 

4. Mengabaikan Validitas Tanda Tangan Digital

E-meterai selalu diikuti dengan tanda tangan digital sebagai pengesahan keabsahan dokumen. Jika pengguna tidak memeriksa atau mengabaikan validitas tanda tangan digital ini, maka ada risiko dokumen dianggap tidak sah meski sudah dibubuhi e-meterai. Penting untuk selalu memastikan bahwa dokumen memiliki tanda tangan digital yang valid. 

Kamu bisa mengecek tanda tangan digital di situs tte.kominfo.go.id/verifyPDF. Caranya, unggah dokumen PDF dan tunggu sampai proses verifikasi berhasil. Akan muncul notifikasi apakah dokumen tersebut mengandung tanda tangan digital atau tidak. 

Cara Membeli E-Meterai di VIDA App 

VIDA  menyediakan e-Meterai yang bisa diakses melalui aplikasi maupun website. Berikut cara membeli dan menggunakan e-Meterai di aplikasi VIDA. 

Cara membeli: 

  • Pastikan kamu sudah mengunduh dan mendaftar aplikasi VIDA
  • Buka side menu, masuk ke “Pengaturan” dan pilih “Manajemen Tagihan” 
  • Anda akan menemukan menu “Saldo e-Meterai” dan tombol “+ isi ulang” 
  • Pilih “+isi ulang” untuk membeli e-Meterai. Anda akan diarahkan ke laman pembayaran. 

Cara menggunakan: 

  • Setelah mengunggah dokumen baik melalui fitur dokumen scan maupun unggah dokumen, buka dokumen tersebut
  • Pilih ikon “+” untuk menambahkan e-Meterai lalu atur posisi e-Meterai pada dokumen 

Mudah, kan? VIDA bisa membantumu mengelola dokumen dengan aman, mudah, dan sah! 

Latest Articles

Ini Dampak Positif Teknologi Jika Kamu Gunakan dengan Bijak
teknologi

Ini Dampak Positif Teknologi Jika Kamu Gunakan dengan Bijak

Kalau kamu pengguna teknologi, sudah pasti kamu merasakan berbagai pengaruh baik teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja? Simak pen...

Oktober 19, 2024

Ini Dampak Negatif Teknologi Jika Digunakan Sembarangan
teknologi

Ini Dampak Negatif Teknologi Jika Digunakan Sembarangan

Teknologi secara umum telah mempengaruhi manusia secara fisik maupun mental. Apa saja pengaruh buruk teknologi dan bagaimana cara agar terh...

Oktober 17, 2024

4 Kesalahan Pembubuhan E-Meterai
tanda tangan digital

4 Kesalahan Pembubuhan E-Meterai

Ini 4 kesalahan pembubuhan e-meterai dan tanda tangan digital yang harus kamu ketahui. Yuk, simak penjelasannya! 

Oktober 16, 2024