Skip to content
deepfake

Apr 08, 2024

Hati-hati, Mengunggah Foto Diri adalah Tahap Awal Menjadi Korban Deepfake

Anda hobi mengunggah foto diri ke internet? Hati-hati, itulah tahap awal pembuatan deepfake.

Anda hobi mengunggah foto diri ke internet? Hati-hati, itulah tahap awal pembuatan deepfake. Saat ini, membuat deepfake sangat mudah dengan beragam aplikasi yang tersedia melalui handphone maupun komputer. Deepfake sebenarnya sesederhana mengubah wajah kita menjadi wajah orang lain, baik dalam bentuk foto atau video. Lalu bagaimana prosesnya? 

Teknologi AI yang amat penting dalam pengembangan deepfake adalah Generative Adversarial Networks (GANs). Sistem ini terdiri dari dua jaringan: Generator dan Discriminator. Keduanya saling berkompetisi untuk menghasilkan data sintetis (foto, video, dan audio) berkualitas tinggi yang mirip dengan aslinya. Untuk menghasilkan deepfake, ada sejumlah proses yang harus dilalui GANs. 

1. Pengumpulan dan Pra-Pemrosesan Data

Inilah alasan saat ini Anda harus waspada ketika membagikan foto diri ke internet. Sebab, foto tersebut akan dikumpulkan dan menjadi model pembelajaran AI. Semakin banyak foto diri Anda dengan berbagai ekspresi, semakin cerdas AI meniru wajah Anda. Tak hanya ekspresi, data yang dikumpulkan juga mencakup pose, tekstur wajah, lekukan wajah, hingga jumlah kedipan mata. 

2. Pelatihan Model Deepfake

Memanfaatkan data yang dikumpulkan, AI memetakan fitur wajah individu target ke subjek yang diinginkan. Misalnya, ekspresi wajah Anda yang ditempelkan ke dalam wajah presiden. Fase ini memaksimalkan proses penempatan fitur-fitur wajah, pencocokan tekstur wajah, hingga pencocokan ekspresi seperti jumlah kedipan mata. Semakin banyak data wajah Anda dan data wajah presiden, semakin tinggi kualitas hasilnya.

3. Finalisasi Hasil 

Setelah deepfake berhasil dibuat, selanjutnya adalah finalisasi hasil deepfake dengan cara meningkatkan realisme dan menghilangkan cacat dalam output. Misalnya, memperhalus gerakan wajah, koreksi warna wajah, pencampuran tekstur wajah, atau menyelaraskan gerakan bibir dengan audio. 

Secara singkat, proses pembuatan deepfake semakin mudah apabila semakin banyak data yang dikumpulkan. Itulah mengapa pada awal artikel ini ditekankan bahwa foto diri yang diunggah ke internet berpotensi menjadi deepfake, apalagi jika Anda telah menjadi target penipuan yang diincar sejak lama. 

Sebab, deepfake bukan hanya untuk hiburan, tetapi telah berkembang menjadi bentuk pencurian identitas. Foto wajah Anda yang dicuri dari internet bisa digunakan oleh penipu untuk mengakses data pribadi, rekening, atau informasi sensitif lainnya dengan cara mengecoh proses verifikasi biometrik wajah. 

Sementara itu, perusahaan sebaiknya berinvestasi verifikasi biometrik di dalam sistem keamanan. Tak hanya itu, verifikasi biometrik wajah juga harus dilindungi sistem keamanan yang mencegah akses deepfake. Sebab, kecanggihan teknologi saat ini membuat verifikasi biometrik berpotensi disusupi penipu berkedok deepfake. 

Sebagai bagian dari solusi perlindungan data, VIDA menawarkan pengembangan teknologi yang lebih terkini yakni VIDA Deepfake Shield. Dalam hal ini, VIDA telah diperkuat dengan kemampuan untuk mengontrol seluruh proses menuju akses sistem biometrik, sehingga celah fraud sekecil apapun bisa cepat dicegah. 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Ketika Telah Menjadi Ancaman, Apakah Deepfake Tetap Menjadi Hiburan?
deepfake

Ketika Telah Menjadi Ancaman, Apakah Deepfake Tetap Menjadi Hiburan?

Ketika inovasi deepfake memberikan manfaat, penting juga untuk memberikan batasan agar deepfake tidak menjadi sumber kejahatan.

April 23, 2024

Deepfake Bukan Cuma Permainan Tukar Wajah
deepfake

Deepfake Bukan Cuma Permainan Tukar Wajah

Gara-gara sangat mirip dengan aslinya, deepfake semakin banyak digunakan menjadi alat penipuan, mulai dari menipu di media sosial hingga pe...

April 22, 2024

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital
deepfake

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital

Teknologi deepfake seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, deepfake menawarkan potensi besar dalam industri kreatif. Namun, di sisi lain,...

April 20, 2024