Skip to content
tanda tangan digital

Nov 14, 2023

Mudahnya Proses Perekrutan Karyawan Baru dengan Tanda Tangan Digital

Pengelolaan surat keterangan kerja dan dokumen-dokumen lainnya sering menjadi tantangan, terutama ketika melibatkan karyawan yang berlokasi jauh atau bekerja secara remote. Namun, dengan kemunculan platform seperti VIDA Sign, segalanya berubah.

Di tengah dinamika industri yang terus berkembang, pengenalan karyawan baru menjadi langkah penting untuk merawat tingkat produktivitas dan membangun pondasi yang solid bagi kolaborasi kerja yang sukses. Salah satu inovasi terbaru yang mempermudah dan mempercepat proses ini adalah penggunaan tanda tangan digital. Tanda tangan digital telah menjadi solusi terkemuka untuk menggantikan tanda tangan konvensional pada dokumen-dokumen bisnis, dan hal ini tidak terkecuali dalam proses onboarding karyawan. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana proses onboarding karyawan baru dan betapa efisiennya penggunaan tanda tangan digital khususnya melalui platform VIDA Sign.

Proses onboarding karyawan mencakup berbagai dokumen, termasuk surat keterangan kerja, kontrak kerja, dan dokumen-dokumen lain yang memerlukan tanda tangan formal. Pembuatan surat keterangan kerja tidak lagi menjadi proses yang memakan waktu. Karyawan baru dapat langsung menandatangani dokumen tersebut secara digital, mempercepat seluruh rangkaian proses onboarding. Berikut merupakan beberapa keuntungan yang dapat dijabarkan:

1. Kecepatan dan Efisiensi

Penerapan tanda tangan digital memungkinkan perusahaan untuk menghilangkan penggunaan kertas, yang seringkali memakan waktu dan menghambat efisiensi. Salah satu contohnya pembuatan surat keterangan kerja dapat dilakukan secara digital, mempercepat seluruh proses onboarding dan memungkinkan karyawan untuk mulai bekerja lebih cepat.

2. Keamanan Dokumen

Tanda tangan digital menggunakan enkripsi khusus yang menjaga keamanan dokumen secara maksimal. VIDA Sign memberikan proses verifikasi yang kuat untuk memastikan keabsahan tanda tangan digital, menjaga keamanan dokumen selama seluruh proses. Ini membantu melindungi integritas dokumen seperti surat keterangan kerja dari risiko pencurian atau pemalsuan.

3. Ruang Penyimpanan Digital

Dokumen yang ditandatangani digital dengan platform seperti VIDA Sign dapat dengan mudah disimpan secara digital. Dokumen-dokumen onboarding, seperti surat keterangan kerja, juga akan mudah ditemukan dan dapat mengakses dokumen kapanpun dibutuhkan. Ini mengurangi kebutuhan akan penyimpanan fisik dan mempermudah akses untuk keperluan audit atau peninjauan. 

4. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Karyawan baru merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam proses onboarding, memberikan kesan positif di awal perjalanan mereka dalam perusahaan. Surat keterangan kerja, sebagai dokumen krusial, dapat dengan aman dan efektif ditangani.

Sebelum kehadiran tanda tangan digital, proses onboarding karyawan baru seringkali melibatkan tumpukan dokumen fisik dan tanda tangan manual, yang memakan waktu dan merugikan secara efisiensi. Pengelolaan surat keterangan kerja dan dokumen-dokumen lainnya sering menjadi tantangan, terutama ketika melibatkan karyawan yang berlokasi jauh atau bekerja secara remote. Namun, dengan kemunculan platform seperti VIDA Sign, segalanya berubah. Sebagai platform tanda tangan digital, VIDA Sign menawarkan solusi yang efektif dengan fitur-fitur canggih. Antarmuka yang intuitif mempermudah karyawan baru tanpa keterampilan teknis khusus untuk menandatangani dokumen-dokumen krusial seperti surat keterangan kerja, menghadirkan efisiensi dan kemudahan dalam proses onboarding.

Penerapan tanda tangan digital terutama melalui platform VIDA Sign membawa dampak positif yang signifikan dalam memudahkan proses onboarding karyawan baru. Keuntungan seperti efisiensi waktu, fleksibilitas lokasi, dan keabsahan hukum tanda tangan digital menjadi poin-poin kunci dalam mengoptimalkan pengalaman onboarding. Terlebih lagi, kemampuan VIDA Sign untuk mengamankan dokumen, termasuk surat keterangan kerja, menciptakan lingkungan yang lebih aman dan dapat diandalkan dalam mengelola proses administratif perusahaan. Dengan demikian, VIDA Sign tidak hanya menjadi solusi inovatif, tetapi juga menjadi katalisator untuk perubahan positif dalam menjalankan onboarding karyawan secara efisien dan modern. Penasaran? Coba VIDA Sign sekarang.

 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya
cybersecurity

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya

Fraud triangle adalah konsep untuk memahami bagaimana fraud bisa terjadi. Memahami fraud triangle memudahkan bisnis untuk mengantisipasi ce...

Juli 06, 2024

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan
cybersecurity

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan

Fraud adalah tindakan penipuan yang merugikan individu maupun perusahaan. Fraud banyak jenisnya dan bisa terjadi di mana saja. Berikut penj...

Juli 05, 2024

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital
cybersecurity

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital

Security awareness penting untuk dimiliki individu dan perusahaan. Upaya security awareness dapat dimulai dengan tanda tangan digital. Beri...

Juli 04, 2024