Skip to content
tanda tangan digital

Mar 21, 2024

Memperkenalkan Magic Scan: Lebih Lancar Scan dan Tanda Tangan Dokumen

Ada dokumen fisik yang harus dijadikan format digital? Nggak zaman difoto! Pakai scan dokumen, deh!

Ada dokumen fisik yang harus dijadikan format digital? Nggak zaman difoto! Pakai scan dokumen, deh!  

Scan dokumen berbeda dengan foto dokumen. Berbagai keperluan administrasi mengharuskan untuk mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital sehingga, mengambil foto dokumen fisik untuk diubah menjadi digital seringkali menghasilkan kualitas yang kurang optimal. Masalah seperti pencahayaan yang tidak merata, bayangan, dan distorsi angle bisa mengganggu kualitas dan keterbacaan dokumen. Selain itu, proses ini memakan waktu dan seringkali membutuhkan pengeditan tambahan untuk memperbaiki kualitas foto. 

Dengan scanner dokumen digital, semua masalah ini dapat diatasi. Dokumen dapat langsung di-scan dalam format digital dengan kualitas yang jauh lebih baik. Prosesnya cepat, hasil scan bersih, jelas, dan siap untuk diarsipkan atau dibagikan dalam format digital. 

Apa saja keuntungan scan dokumen? 

  1. Pengamanan Dokumen dari Kerusakan Fisik

Dokumen fisik rentan terhadap berbagai risiko seperti rusak, hilang, atau tercecer ke pihak-pihak yang tidak berwenang. Scan dokumen menyediakan solusi yang aman yakni mengubah dokumen fisik menjadi dokumen digital yang aman dari risiko-risiko tersebut.  

  1. Akses Mudah Kapan Saja dan Di Mana Saja

Karena telah di-scan dan disimpan secara digital, dokumen pun menjadi sangat mudah untuk diakses kapan saja dan di mana saja selama perangkat terkoneksi dengan internet.

  1. Hemat Ruang Penyimpanan 

Dokumen fisik identik dengan ruang penyimpanan yang besar, terutama untuk perusahaan atau lembaga dengan jumlah dokumen yang sangat banyak. Scan dokumen mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan fisik dan menggantinya ke ruang penyimpanan digital yang lebih besar dan tidak terbatas. 

  1. Efisien Waktu dan Tenaga

Menggabungkan scan dokumen dengan tanda tangan digital memungkinkan dokumen dapat diproses secara digital dari awal hingga akhir. Artinya, tidak perlu lagi mencetak, tanda tangan basah, dan kemudian men-scan dokumen tersebut kembali untuk dikirim melalui email. Dengan demikian, pemrosesan dokumen dapat diselesaikan dalam hitungan menit tanpa menguras tenaga.

  1. Kerja Lebih Produktif 

Scan dokumen dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengarsip, mencari, dan mengelola dokumen karena semua proses tersebut bisa dilakukan hanya dalam satu perangkat. Dengan begitu, karyawan bisa lebih cepat berpindah ke pekerjaan lainnya. 

Memperkenalkan Fitur Magic Scan dari VIDA App 

VIDA App yang merupakan transformasi dari VIDA Sign memiliki fitur unggulan baru sebagai jawaban atas kebutuhan pemrosesan dokumen yang lebih Fast, Seamless, Secure. Singkirkan aplikasi dokumen scanner lain dan gunakan Magic Scan dari VIDA App mulai dari scan dokumen, tanda tangan dokumen, hingga pengiriman dokumen. Begini cara menggunakan  Magic Scan: 

  • Pastikan kamu sudah terdaftar di VIDA App
  • Pada Dashboard, klik tombol hijau bergambar kamera
  • Arahkan kamera handphone ke dokumen fisik yang hendak ditandatangani
  • Anda bisa mengatur apakah dokumen ditandatangani dalam bentuk sendiri-sendiri atau kelompok (batch)  
  • Atur posisi sehingga dokumen tertangkap dengan sempurna lalu sistem akan memindai dokumen  
  • Setelah dokumen tersimpan, Anda akan diarahkan ke laman tanda tangan
  • Pilih penandatanganan Digital Sign atau e-Sign 
  • Pilih “Hapus” jika ingin menghapus dokumen atau “Edit” untuk mengedit dokumen sebelum ditandatangani
  • Pilih “Unggah” jika dokumen siap ditandatangani 
  • Bubuhkan tanda tangan, e-Meterai, dan data-data yang diperlukan dalam dokumen

Integrasi scan dokumen dan tanda tangan digital memberikan berbagai keuntungan, mulai dari peningkatan keamanan, aksesibilitas, hingga produktivitas. Terlebih, saat ini banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan Work from Home (WFH), di mana para karyawan tidak bisa selalu bertemu di kantor. Sehingga scan dokumen yang disertai tanda tangan digital bukan hanya pilihan, melainkan kebutuhan. Yuk, gunakan VIDA App untuk urusan dokumen yang lebih gampang! 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Ketika Telah Menjadi Ancaman, Apakah Deepfake Tetap Menjadi Hiburan?
deepfake

Ketika Telah Menjadi Ancaman, Apakah Deepfake Tetap Menjadi Hiburan?

Ketika inovasi deepfake memberikan manfaat, penting juga untuk memberikan batasan agar deepfake tidak menjadi sumber kejahatan.

April 23, 2024

Deepfake Bukan Cuma Permainan Tukar Wajah
deepfake

Deepfake Bukan Cuma Permainan Tukar Wajah

Gara-gara sangat mirip dengan aslinya, deepfake semakin banyak digunakan menjadi alat penipuan, mulai dari menipu di media sosial hingga pe...

April 22, 2024

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital
deepfake

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital

Teknologi deepfake seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, deepfake menawarkan potensi besar dalam industri kreatif. Namun, di sisi lain,...

April 20, 2024