Kemajuan teknologi bisa membawa perubahan besar pada sebuah sektor bisnis. Setiap perusahaan berkompetisi dalam menggunakan teknologi terbaru dalam mencari pelanggan baru dan untuk meningkatkan keuntungan perusahaannya.
Contoh tren digital yang dilakukan perusahaan karena kemajuan teknologi adalah penggunaan media sosial dan semakin banyaknya transaksi yang dilakukan secara online. Misalnya saja, yang tadinya berjualan secara konvensional di toko-toko offline dan harus bertatap muka, lalu beralih membuat situs demi kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.
Penggunaan media sosial untuk aktivitas marketing seperti membangun brand image, menjangkau lebih banyak orang, berjualan,dan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Munculnya dompet dan uang elektronik menjadi gaya hidup terbaru serta beragam pilihan aplikasi dan perangkat lunak berbasis cloud yang banyak dipakai.
Bahkan, validasi dokumen dengan tanda tangan digital bukanlah hal yang asing lagi. Teknologi tanda tangan sudah dipakai selama lebih dari 20 tahun, hanya saja belum banyak penyedia layanan ini yang dapat dipercaya dan penggunaannya semakin meningkat di saat pandemi. Dengan adanya pandemi yang membuat semua aktivitas dilakukan secara online, penggunaan tanda tangan semakin populer.
Banyak alasan mengapa tanda tangan semakin populer saat ini. Apa saja alasannya? Simak penjelasan berikut ini.
1. Kecepatan Pengiriman
Pembuatan kontrak atau perjanjian seringkali membutuhkan waktu yang panjang karena melalui proses negosiasi. Setelah kontrak atau perjanjian tersebut jadi, pihak-pihak dalam perjanjian tentu ingin sesegera mungkin melakukan pengesahan.
Namun terkadang, hal tersebut menjadi terhambat karena berbagai faktor, misalnya birokrasi yang panjang, orang yang dituju sedang tidak di tempat, atau ada kesibukan lainnya. Tanda tangan sangat ideal untuk lingkungan kerja yang membutuhkan proses yang cepat. Apalagi tanda tangan dapat mengikat secara legal. Waktu berhari-hari yang biasanya terjadi pada proses tanda tangan manual sudah tidak terjadi lagi jika menggunakan tanda tangan .
2. Dokumen Lebih Mudah Dicek
Akan sangat mudah untuk melakukan cek ulang pada sebuah kontrak yang akan disahkan dengan tanda tangan karena kontrak dapat saling disepakati secara real time. Sangat praktis!
3. Keamanan Dokumen
Dokumen yang dibuat di kertas berisiko hilang atau mudah terselip. Bahkan pada kejadian bencana seperti kebakaran atau banjir, dokumen fisik dapat hilang selamanya. Membuat masalah baru bagi kedua belah pihak yang sudah sepakat untuk membuat kembali perjanjian yang baru.
Dengan menggunakan tanda tangan , masing-masing pihak bisa menyimpan dokumen di dalam tempat penyimpanan berbasis cloud yang bisa di-backup sehingga aman dari risiko tersebut.
4. Hemat Biaya
Dengan adanya tanda tangan tentu saja biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat. Perusahaan tidak memerlukan biaya untuk kertas, printer, tinta, bahkan untuk memusnahkan kertas dan juga sampahnya. Terdengar sepele, tapi jika bisnis Anda sudah besar dan melayani ratusan maupun ribuan transaksi setiap harinya, maka penghematan ini akan berpengaruh besar terhadap keuangan perusahaan.
5. Ramah Lingkungan
Hampir semua perusahaan mendorong semua lini bisnis untuk lebih ramah lingkungan demi mengurangi dampak negatif dari sampah atau karbon yang berbahaya. Pemakaian tanda tangan dapat mengurangi jejak karbon dan sampah karena proses tanda tangan manual.
Dengan berbagai macam kemudahan tadi, tentu saja pada saat ini tanda tangan semakin populer keberadaannya. Apabila Anda sudah yakin untuk beralih ke tanda tangan , lantas pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara memilih lembaga penyedia layanan tanda tangan yang tepat? Berikut ini tipsnya.
1. Cek Legalitas
Yang utama adalah, cek legalitas dari penyedia layanan tanda tangan tersebut. Sebuah penyedia layanan tanda tangan disebut juga sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik harus terdaftar.
VIDA sudah mengantongi sertifikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) Berinduk yang telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemeninfo) Republik Indonesia tentu saja dapat menjadi pilihan pertama Anda.
2. Fitur yang Disediakan
Selain tanda tangan , pertimbangan lainnya adalah kelengkapan fitur yang terdapat pada penyedia layanan. Apakah sudah cukup lengkap? Apakah fitur menggunakan teknologi terbaru? Apakah fitur yang disediakan kompatibel atau cocok dengan sistem yang digunakan perusahaan?
4. Layanan yang Ditawarkan
Kelengkapan layanan tentu menjadi nilai tambah sekaligus Unique Selling Point dari perusahaan. VIDA tidak hanya memiliki layanan VIDA Sign untuk tanda tangan saja tapi juga memiliki layanan verifikasi biometrik yaitu VIDA Verify, dan layanan yang menawarkan keamanan tinggi dengan VIDA Pass.
5. Biaya Layanan
Biaya yang kompetitif dapat menjadi bahan pertimbangan lainnya dalam memilih Penyedia Sertifikat Elektronik. Sesuaikan dengan dana yang Anda anggarkan dan pastikan tidak ada biaya-biaya tambahan dan layanan yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.
Aplikasi VIDA Sign merupakan aplikasi tanda tangan yang dikeluarkan oleh VIDA, untuk memudahkan pelanggan dapat melakukan tanda tangan dengan aman dan nyaman, kapan saja, di mana saja. Informasi lebih lanjut mengenai fitur dan layanan VIDA Sign, hubungi kami di sini.