Skip to content
identitas digital

Jan 13, 2022

Lima Alasan Tanda Tangan Digital Semakin Populer

VIDA Sign adalah tanda tangan digital yang dikeluarkan VIDA yang memudahkan pelanggan untuk menandatangani dengan aman dan nyaman, kapan saja, di mana saja

VIDA Sign adalah tanda tangan digital yang dikeluarkan VIDA yang memudahkan pelanggan untuk menandatangani dengan aman dan nyaman, kapan saja, di mana saja

Dampak Kemajuan Teknologi Pada Tanda Tangan Digital

Kemajuan teknologi bisa membawa perubahan besar pada sebuah sektor bisnis. Setiap perusahaan berkompetisi dalam menggunakan teknologi terbaru dalam mencari pelanggan baru dan untuk meningkatkan keuntungan perusahaannya.

 

Berbagai Contoh Tren Digital

Contoh tren digital yang dilakukan perusahaan karena kemajuan teknologi adalah penggunaan media sosial dan semakin banyaknya transaksi yang dilakukan secara online. Misalnya saja, yang tadinya berjualan secara konvensional di toko-toko offline dan harus bertatap muka, lalu beralih membuat situs demi kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi.

 

Penggunaan media sosial untuk aktivitas marketing seperti membangun brand image, menjangkau lebih banyak orang, berjualan,dan berinteraksi langsung dengan pelanggan. Munculnya dompet dan uang elektronik menjadi gaya hidup terbaru serta beragam pilihan aplikasi dan perangkat lunak berbasis cloud yang banyak dipakai.

 

Bahkan, validasi dokumen dengan tanda tangan digital bukanlah hal yang asing lagi. Teknologi tanda tangan  sudah dipakai selama lebih dari 20 tahun, hanya saja belum banyak penyedia layanan ini yang dapat dipercaya dan penggunaannya semakin meningkat di saat pandemi. Dengan adanya pandemi yang membuat semua aktivitas dilakukan secara online, penggunaan tanda tangan  semakin populer.

 

Alasan Tanda Tangan  Semakin Populer

Banyak alasan mengapa tanda tangan  semakin populer saat ini. Apa saja alasannya? Simak penjelasan berikut ini.

 

1. Kecepatan Pengiriman

 

Pembuatan kontrak atau perjanjian seringkali membutuhkan waktu yang panjang karena melalui proses negosiasi. Setelah kontrak atau perjanjian tersebut jadi, pihak-pihak dalam perjanjian tentu ingin sesegera mungkin melakukan pengesahan.

 

Namun terkadang, hal tersebut menjadi terhambat karena berbagai faktor, misalnya birokrasi yang panjang, orang yang dituju sedang tidak di tempat, atau ada kesibukan lainnya. Tanda tangan  sangat ideal untuk lingkungan kerja yang membutuhkan proses yang cepat. Apalagi tanda tangan  dapat mengikat secara legal. Waktu berhari-hari yang biasanya terjadi pada proses tanda tangan manual sudah tidak terjadi lagi jika menggunakan tanda tangan .

 

2. Dokumen Lebih Mudah Dicek

 

Akan sangat mudah untuk melakukan cek ulang pada sebuah kontrak yang akan disahkan dengan tanda tangan  karena kontrak dapat saling disepakati secara real time. Sangat praktis!

 

3. Keamanan Dokumen

 

Dokumen yang dibuat di kertas berisiko hilang atau mudah terselip. Bahkan pada kejadian bencana seperti kebakaran atau banjir, dokumen fisik dapat hilang selamanya. Membuat masalah baru bagi kedua belah pihak yang sudah sepakat untuk membuat kembali perjanjian yang baru.

 

Dengan menggunakan tanda tangan , masing-masing pihak bisa menyimpan dokumen di dalam tempat penyimpanan berbasis cloud yang bisa di-backup sehingga aman dari risiko tersebut.

 

4. Hemat Biaya

 

Dengan adanya tanda tangan  tentu saja biaya yang dikeluarkan akan lebih hemat. Perusahaan tidak memerlukan biaya untuk kertas, printer, tinta, bahkan untuk memusnahkan kertas dan juga sampahnya. Terdengar sepele, tapi jika bisnis Anda sudah besar dan melayani ratusan maupun ribuan transaksi setiap harinya, maka penghematan ini akan berpengaruh besar terhadap keuangan perusahaan.

 

5. Ramah Lingkungan

 

Hampir semua perusahaan mendorong semua lini bisnis untuk lebih ramah lingkungan demi mengurangi dampak negatif dari sampah atau karbon yang berbahaya. Pemakaian tanda tangan  dapat mengurangi jejak karbon dan sampah karena proses tanda tangan manual.

 

Tips Memilih Penyedia Sertifikat Elektronik

Dengan berbagai macam kemudahan tadi, tentu saja pada saat ini tanda tangan  semakin populer keberadaannya. Apabila Anda sudah yakin untuk beralih ke tanda tangan , lantas pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara memilih lembaga penyedia layanan tanda tangan yang tepat? Berikut ini tipsnya.

 

1. Cek Legalitas

 

Yang utama adalah, cek legalitas dari penyedia layanan tanda tangan  tersebut. Sebuah penyedia layanan tanda tangan  disebut juga sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik harus terdaftar.

 

VIDA sudah mengantongi sertifikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) Berinduk yang telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemeninfo) Republik Indonesia tentu saja dapat menjadi pilihan pertama Anda.

 

2. Fitur yang Disediakan

 

Selain tanda tangan , pertimbangan lainnya adalah kelengkapan fitur yang terdapat pada penyedia layanan. Apakah sudah cukup lengkap? Apakah fitur menggunakan teknologi terbaru? Apakah fitur yang disediakan kompatibel atau cocok dengan sistem yang digunakan perusahaan?

 

4. Layanan yang Ditawarkan

 

Kelengkapan layanan tentu menjadi nilai tambah sekaligus Unique Selling Point dari perusahaan. VIDA tidak hanya memiliki layanan VIDA Sign untuk tanda tangan  saja tapi juga memiliki layanan verifikasi biometrik yaitu VIDA Verify, dan layanan yang menawarkan keamanan tinggi dengan VIDA Pass.

 

5. Biaya Layanan

 

Biaya yang kompetitif dapat menjadi bahan pertimbangan lainnya dalam memilih Penyedia Sertifikat Elektronik. Sesuaikan dengan dana yang Anda anggarkan dan pastikan tidak ada biaya-biaya tambahan dan layanan yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

 

Tanda Tangan Dokumen Anda Dengan VIDA

Aplikasi VIDA Sign merupakan aplikasi tanda tangan  yang dikeluarkan oleh VIDA, untuk memudahkan pelanggan dapat melakukan tanda tangan  dengan aman dan nyaman, kapan saja, di mana saja. Informasi lebih lanjut mengenai fitur dan layanan VIDA Sign, hubungi kami di sini.

 
 

Baca: Benarkah Tanda Tangan Digital Legal di Indonesia?

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya
cybersecurity

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya

Fraud triangle adalah konsep untuk memahami bagaimana fraud bisa terjadi. Memahami fraud triangle memudahkan bisnis untuk mengantisipasi ce...

Juli 06, 2024

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan
cybersecurity

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan

Fraud adalah tindakan penipuan yang merugikan individu maupun perusahaan. Fraud banyak jenisnya dan bisa terjadi di mana saja. Berikut penj...

Juli 05, 2024

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital
cybersecurity

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital

Security awareness penting untuk dimiliki individu dan perusahaan. Upaya security awareness dapat dimulai dengan tanda tangan digital. Beri...

Juli 04, 2024