Skip to content
verifikasi identitas

Feb 16, 2024

20 Dokumen Legal untuk Perusahaan yang Paling Banyak Dicari

Dokumen legal memegang peranan penting dalam memastikan segala urusan perusahaan berjalan sesuai dengan ketentuan hukum. Dokumen legal juga diperlukan untuk melindungi hak dan kewajiban seluruh pihak yang terlibat. 

20 Dokumen Legal

Dokumen legal memegang peranan penting dalam memastikan segala urusan perusahaan berjalan sesuai dengan ketentuan hukum. Dokumen legal juga diperlukan untuk melindungi hak dan kewajiban seluruh pihak yang terlibat. 

Tidak hanya dokumen, beberapa contoh surat keterangan yang berkaitan dengan legal juga banyak dibutuhkan dan dicari. 

Berikut ini 20 contoh surat keterangan dan dokumen legal yang paling banyak dicari: 

  1. Akta Pendirian Perusahaan
    Ketika mendirikan sebuah perusahaan, dokumen ini adalah bukti legal yang harus diurus pertama kali. Dokumen ini mencakup identitas pendiri, jenis usaha, modal dasar, dan struktur kepemilikan.


  2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
    Contoh surat keterangan yang juga perlu diurus misalnya berkenaan dengan izin yang diperlukan untuk melakukan kegiatan usaha perdagangan. Oleh karena itu, SIUP tidak boleh diabaikan. 

  3. Izin Industri
    Perusahaan yang bergerak di industri wajib memiliki surat izin untuk memulai operasi produksi.  

  4. Izin Lingkungan
    Sama pentingnya dengan izin industri, izin lingkungan juga dibutuhkan untuk mengatur pengelolaan dampak lingkungan dari operasional perusahaan. 

  5. Izin Kesehatan dan Keselamatan Kerja
    Penting bagi perusahaan dengan operasional tinggi untuk memiliki contoh surat keterangan ini. Tujuannya adalah mengatur risiko kesehatan dan keselamatan kerja karyawan. 

  6. Perjanjian Kerja
    Contoh surat keterangan bersifat legal yang juga cukup penting adalah perjanjian kerja. Perjanjian ini mengatur hubungan antara perusahaan dengan karyawannya, termasuk hak dan kewajiban kedua belah pihak.

  7. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan
    Tidak hanya individu, perusahaan juga harus mempunyai NPWP sebagai identitas dalam urusan perpajakan.

  8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
    Dokumen ini menunjukkan sebuah perusahaan telah terdaftar secara resmi pada instansi pemerintah.

  9. Perjanjian Kerja Sama
    Ketika menjalankan proyek kerja sama antara dua pihak atau lebih, dibutuhkan juga dokumen hukum berupa perjanjian kerja sama  yang mengatur hak dan kewajiban. 

  10. Hak Cipta dan Paten
    Dokumen ini melindungi hak kekayaan intelektual perusahaan, termasuk inovasi, merek dagang, dan karya cipta.

  11. Surat Keterangan Domisili Perusahaan
    Contoh surat keterangan penting lainnya adalah keterangan domisili perusahaan. Surat ini menunjukkan lokasi resmi perusahaan dan biasanya diperlukan untuk pengurusan dokumen-dokumen lainnya. 

  12. Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Pajak
    Surat keterangan ini menunjukkan perusahaan telah terdaftar sebagai subjek pajak. Contoh surat keterangan ini banyak dibagikan oleh instansi perpajakan karena sangat penting untuk memverifikasi keberadaan dan legalitas suatu perusahaan. 

  13. Surat Perintah Kerja (SPK)
    Surat ini digunakan untuk memberikan instruksi atau perintah kerja kepada karyawan atau pihak ketiga dalam melaksanakan suatu proyek atau tugas.

     
  14.  Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    Surat ini penting bagi perusahaan yang memiliki rencana konstruksi atau renovasi gedung. Surat ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat kepada perusahaan sebelum mendirikan bangunan. 

  15.  Surat Kuasa
    Surat kuasa adalah contoh surat keterangan untuk memberikan wewenang kepada seseorang untuk bertindak atas nama perusahaan dalam urusan tertentu. 
  16. Buku Peraturan Perusahaan
    Tidak hanya surat keterangan, perusahaan juga membutuhkan dokumen yang memuat aturan-aturan internal perusahaan yang harus dipatuhi oleh karyawan.

  17.  Kontrak Sewa
    Jika perusahaan menyewa lokasi untuk kantor atau operasional, kontrak ini mengatur hak dan kewajiban penyewa dan pemilik.

  18. Surat Keterangan Bebas Pajak (SKB Pajak)
    Surat ini adalah contoh surat keterangan yang harus dimiliki perusahaan yang melakukan ekspor. Tujuannya adalah mendapatkan fasilitas bebas pajak atau restitusi pajak.

  19. Laporan Keuangan 
    Dokumen yang mencakup laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas, penting untuk analisis kinerja perusahaan dan keperluan pajak.

  20. Bukti Hak Atas Tanah 
    Jika perusahaan memiliki properti, dokumen ini penting untuk membuktikan kepemilikan legal.

Mengingat pentingnya dokumen dan contoh surat keterangan legal yang telah disebutkan di atas, perusahaan wajib menjaga keamanan dalam pengarsipan dan akses dokumen-dokumen tersebut. Salah satu cara efektif adalah melalui proses pemindaian atau scanning dokumen. 

Melakukan scan dokumen tidak hanya membantu dalam memastikan keamanan dokumen dari kerusakan fisik seperti kebakaran, banjir, atau kehilangan, tapi juga memudahkan aksesibilitas dokumen kapan saja dan dari mana saja.

Dokumen dalam bentuk digital sangat bermanfaat dalam situasi yang memerlukan respons cepat atau ketika dokumen diperlukan untuk proses audit, pelaporan keuangan, atau keperluan hukum lainnya.

Selain itu, dengan dokumen yang tersimpan dalam format digital, perusahaan lebih hemat dari segi ruang penyimpanan dan biaya. 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024