Skip to content
tanda tangan digital

Des 08, 2023

4 Manfaat Jika UMKM Menggunakan Tanda Tangan Digital

Dengan beralih ke VIDA Sign, UMKM dapat mengoptimalkan proses administratif mereka, meningkatkan keamanan dokumen, dan mencapai efisiensi operasional.

Tanda tangan digital telah menjadi inovasi penting dalam dunia bisnis modern. Bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), penggunaan tanda tangan digital dapat memberikan banyak manfaat. Namun, masih banyak UMKM yang belum memanfaatkannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai masalah yang dihadapi UMKM yang belum menggunakan tanda tangan digital dan manfaat yang akan mereka dapatkan jika memilih untuk menggunakan tanda tangan digital.

 

Masalah yang dihadapi UMKM tanpa Tanda Tangan Digital

Banyak UMKM masih mengandalkan tanda tangan manual dalam proses bisnis mereka. Hal ini seringkali menyebabkan berbagai masalah, seperti:

  • Waktu dan Biaya yang Tidak Efisien

Proses tanda tangan manual memakan waktu dan biaya yang signifikan. UMKM harus mencetak dokumen fisik, mengirimkannya melalui pos atau kurir, dan menunggu tanda tangan balasan. Selain itu, biaya pengiriman dan risiko kehilangan dokumen juga merupakan masalah yang sering dihadapi.

  • Keamanan yang Rendah 

Tanda tangan manual rentan terhadap pemalsuan dan manipulasi. Dokumen yang belum diarsipkan dengan baik juga bisa hilang atau rusak, sehingga menimbulkan risiko bagi UMKM.

  • Tidak Ramah Lingkungan 

Penggunaan kertas dalam proses tanda tangan manual berdampak negatif pada lingkungan. UMKM yang ingin mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan perlu mempertimbangkan penggunaan tanda tangan digital.

Untuk membantu UMKM dalam menerapkan tanda tangan digital dengan mudah dan aman, solusi terbaik yang dapat digunakan adalah VIDA Sign. VIDA Sign adalah platform tanda tangan digital yang dapat diakses secara online melalui perangkat apa pun. Beberapa keunggulan VIDA Sign antara lain:

  • Efisiensi Waktu 

Dalam segi waktu, menggunakan VIDA Sign dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk mencetak dokumen, memindai dokumen yang telah ditandatangani, menyimpan dokumen, hingga mengirimkan dokumen melalui pihak ketiga. Dengan fleksibilitas ini, kita bisa dengan mudah menandatangani dokumen dan mengirimkannya kembali melalui surel dalam waktu beberapa menit saja. 

  • Penghematan Biaya 

Dengan mengurangi kebutuhan akan kertas, printer, dan pengiriman fisik, VIDA Sign membantu bisnis kecil menghemat biaya operasional secara keseluruhan. Sehingga, pemilik bisnis bisa mengalokasikan dana untuk biaya yang lebih penting lainnya. 

  • Keamanan Terjamin 

VIDA Sign menjamin keamanan dokumen dengan enkripsi tingkat tinggi, memberikan kepercayaan kepada pengguna bahwa dokumen aman dari ancaman kebocoran atau perubahan yang tidak sah.

  • Sah di Mata Hukum 

Di mata hukum legalitas tanda tangan digital sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, berasosiasi, atau terkait dengan informasi elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi.

Dengan beralih ke solusi tanda tangan digital seperti VIDA Sign, UMKM dapat mengoptimalkan proses administratif mereka, meningkatkan keamanan dokumen, dan mencapai efisiensi operasional yang lebih tinggi. Langkah ini tidak hanya mempercepat proses, tetapi juga memberikan keuntungan dalam hal akurasi dan keamanan, menciptakan pondasi yang kuat untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Jadi tunggu apa lagi? Coba VIDA Sign sekarang juga!

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024