Skip to content
deepfake

Mei 03, 2024

Contoh Verifikasi yang Aman dari Serangan Deepfake

Verifikasi pada aplikasi keuangan, asuransi, e-commerce, hingga healthcare harus dapat melindungi data pribadi. Bagaimana contoh verifikasi yang tepat?

Contoh Verifikasi yang Aman dari Serangan Deepfake

Verifikasi pada aplikasi keuangan, asuransi, e-commerce, travel, hingga healthcare dan segala yang berhubungan dengan konsumen harus dapat melindungi data pribadi. Apa itu verifikasi? Mengapa contoh verifikasi penting dalam transaksi digital? Berikut ulasannya. 

Memahami Pentingnya Verifikasi

Pengertian verifikasi dalam transaksi digital adalah proses untuk memastikan bahwa pengguna yang mengakses layanan mobile banking adalah benar-benar pemilik akun yang sah. Proses ini biasanya melibatkan validasi berbagai kredensial digital, seperti KTP, data biometrik, atau informasi lain yang relevan.

Teknologi digital yang sangat bergantung pada keamanan data pribadi membutuhkan verifikasi yang aman. Hal ini untuk menumbuhkan kepercayaan digital (digital trust) konsumen pada sebuah layanan. Tanpa proses verifikasi, identitas digital rentan terserang kejahatan siber seperti pencurian data pribadi, penyalahgunaan data, hingga pencurian uang. 

Bagi bisnis, contoh verifikasi identitas yang aman dan lancar terbukti mengakselerasi akuisisi konsumen. Sebab, salah satu faktor keberhasilan digitalisasi bisnis adalah proses verifikasi identitas yang berjalan secara efektif, konsisten, dan dapat diandalkan. 

Contoh verifikasi yang banyak digunakan saat ini yakni verifikasi menggunakan KTP, nomor handphone, dan verifikasi biometrik. 

Contoh Verifikasi Biometrik  

Verifikasi biometrik merupakan proses verifikasi identitas menggunakan identitas biologis, karakteristik fisik, atau perilaku seseorang seperti pemindaian sidik jari, wajah, atau gerakan.

Pada contoh verifikasi ini, sistem akan membandingkan data  karakteristik fisik berupa biometrik data pengguna terhadap hasil pindaian yang telah disimpan dengan data kependudukan resmi yang dimiliki oleh pemerintah.

Kemudian karakteristik fisik yang dipindai akan dipetakan ke username/ID pengguna yang akan digunakan untuk membuat keputusan setelah pengguna di-otentikasi. Otentikasi merupakan proses pembuktian atau validasi identitas pengguna.

Setelah otentikasi berhasil dilakukan, proses akhir adalah otorisasi yaitu proses pemberian kuasa kepada pengguna yang telah tervalidasi dengan tepat untuk menjalankan transaksi dari sebuah layanan.

Serangan Deepfake pada Verifikasi Biometrik 

Verifikasi biometrik disebut-sebut sebagai contoh verifikasi yang paling aman saat ini. Sayangnya, hal ini tidak sepenuhnya benar sejak kemunculan deepfake. 

Penipuan deepfake bermula dari penggunaan deepfake yang merupakan foto, suara, atau video palsu yang direproduksi dari wajah atau suara asli. Data VIDA menunjukkan 90% profesional bisnis tidak tahu cara melindungi perusahaan mereka dari deepfake. Padahal, sejak tahun 2022 hingga 2023, penipuan deepfake meningkat sebanyak 10 kali lipat di Asia Tenggara karena software untuk deepfake semakin banyak dan mudah didapatkan. 

Serangan deepfake pada proses verifikasi  dibagi menjadi dua jenis, yakni presentation attack dan injection attack. 

1. Presentation Attack 

Pada contoh verifikasi biometrik, Presentation Attack adalah upaya penipuan dengan cara menyajikan biometrik palsu. Biometrik tersebut berupa foto, topeng, atau penyamaran lain untuk mengecoh sistem biometrik. Tujuannya adalah akses ilegal ke sistem keamanan. Teknologi deepfake bisa membuat gambar atau video yang sangat realistis diambil dari orang asli. 

2. Injection Attack  

Serangan ini lebih canggih daripada Presentation Attack. Serangan ini berupa injeksi kode atau perintah berbahaya ke dalam sistem biometrik untuk mendapatkan akses tidak sah dan memanipulasi sistem. Contohnya, penipu menginjeksikan audio deepfake ke dalam pengenalan suara (voice recognition) yang ada pada sistem verifikasi. Sama seperti Presentation Attack, serangan ini bertujuan untuk mendapatkan akses ilegal ke dalam sistem keamanan.   

Lindungi Bisnis dengan Deepfake Shield 

VIDA Deepfake Shield adalah fitur keamanan terbaru dari VIDA yang melindungi sistem verifikasi biometrik. Fitur ini bisa mencegah pemalsuan identitas, termasuk penggunaan foto, video, dan topeng palsu untuk memastikan bahwa verifikasi dilakukan oleh orang yang tepat.

Teknologi ini adalah bagian dari Platform Identitas VIDA. Dirancang untuk melindungi dan mencegah serangan pemalsuan identitas dalam beberapa haltermasuk menggunakan foto, video, dan topeng. VIDA Deepfake Shield berbeda dari sistem lain karena memiliki beberapa lapisan keamanan, termasuk komponen API dan SDK, untuk mempertahankan diri dari berbagai ancaman deepfake, termasuk serangan Presentasi dan Injeksi.

Bagaimana Cara Kerja VIDA Deepfake Shield? 

Ketika pengguna melakukan verifikasi biometrik, sistem segera memastikan kualitas dan keasliannya. Sistem VIDA akan memastikan bahwa gambar itu langsung diambil oleh orang asli, bukan digital. Jika verifikasi biometrik lolos, identitas pengguna baru akan dikonfirmasi. 

Memadukan keamanan dan pengalaman pengguna yang nyaman, berikut keunggulan VIDA Deepfake Shield: 

  1. Presentation Attack Detection (PAD): Yakni fitur yang mendeteksi adanya Presentation Attack dalam sistem verifikasi dengan Passive Liveness dan Morphing Detection. 
  2. Injection Attack Security: Sistem untuk memastikan tidak ada injeksi kode atau perintah berbahaya ke dalam sistem verifikasi. 
  3. Umpan Balik Kualitas Gambar: Pengguna mendapatkan umpan balik real time mengenai kualitas gambar ketika pengguna melakukan verifikasi biometrik. 

Baca lebih lanjut tentang deepfake dan VIDA Deepfake Shield di whitepaper ini

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Ketika Deepfake Mengancam Keamanan Transaksi Digital
verifikasi identitas

Ketika Deepfake Mengancam Keamanan Transaksi Digital

Deepfake menjadi celah baru bagi penipu di dunia transaksi keuangan digital. Bagaimana gambaran transaksi digital dan ancaman deepfake yang...

Mei 16, 2024

Deepfake Bisa Tipu Klaim Asuransi Kesehatan. Caranya?
deepfake

Deepfake Bisa Tipu Klaim Asuransi Kesehatan. Caranya?

Deepfake yang merupakan produk AI berupa gambar, video, dan audio palsu telah menjelma menjadi ancaman yang mengintai proses verifikasi bio...

Mei 10, 2024

Waspada, Deepfake Mengancam Layanan Kesehatan
deepfake

Waspada, Deepfake Mengancam Layanan Kesehatan

Berkembangnya telemedicine membuat informasi medis semakin mudah diakses di internet. Namun, seiring berkembangnya telemedicine, teknologi ...

Mei 08, 2024