Skip to content
identitas digital

Apr 21, 2023

VIDA Tekankan Identitas Digital Penting Untuk Ekonomi Inklusif

Identitas digital penting untuk menambah kepercayaan konsumen dalam ekonomi digital dan membantu perekonomian negara

VIDA Tekankan Identitas Digital Penting Untuk Ekonomi Inklusif

 

Identitas digital menjadi kunci penting untuk pertumbuhan ekonomi inklusif di era digital saat ini. Identitas digital merujuk pada representasi elektronik dari identitas seseorang atau entitas dalam bentuk data digital yang dapat digunakan untuk mengenali, memverifikasi, dan mengautentikasi individu atau entitas dalam transaksi online. Identitas digital yang kuat dan terpercaya dapat memainkan peran krusial dalam memastikan partisipasi yang adil dan merata dalam ekonomi digital, yang pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif yang berkelanjutan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan pentingnya identitas digital untuk pertumbuhan ekonomi inklusif.

 

Pertama, identitas digital yang terpercaya dapat membantu memperluas akses ke layanan keuangan bagi mereka yang tidak memiliki akses ke sistem keuangan formal. Di banyak negara, masih banyak individu atau kelompok yang tidak memiliki akses ke rekening bank, pinjaman, atau produk keuangan lainnya. Identitas digital yang valid dan terpercaya dapat memberikan solusi untuk masalah ini dengan memungkinkan individu atau kelompok yang sebelumnya tidak memiliki identitas yang diakui secara formal untuk membuka rekening bank atau mengakses produk keuangan digital. Dengan demikian, identitas digital dapat membantu memperluas inklusi keuangan dan memberdayakan individu atau kelompok yang sebelumnya tidak terjangkau oleh sistem keuangan formal, yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

 

Kedua, identitas digital yang kuat dapat meningkatkan kepercayaan dan keamanan dalam transaksi online, yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Dalam ekonomi digital, transaksi online yang aman dan terpercaya adalah faktor kunci untuk membangun kepercayaan konsumen, pengusaha, dan investor. Identitas berbasis digital yang dapat diverifikasi dapat membantu mengurangi risiko penipuan, pencucian uang, dan aktivitas ilegal lainnya, serta meningkatkan kepercayaan konsumen dalam bertransaksi secara online. Selain itu, identitas digital yang kuat dapat memberikan perlindungan terhadap identitas palsu atau pencurian identitas, yang dapat mengurangi risiko kerugian finansial bagi individu atau entitas dalam ekonomi digital. Dengan meningkatnya kepercayaan dan keamanan dalam transaksi online, pertumbuhan ekonomi digital dapat didorong, dan pelaku ekonomi dapat lebih nyaman dalam berpartisipasi dalam ekonomi digital yang semakin berkembang.

 

Ketiga, identitas digital yang valid dapat membuka pintu untuk akses ke layanan publik dan sosial, yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif. Identitas berbasis digital yang terpercaya dapat digunakan sebagai alat untuk mengakses layanan publik, seperti layanan kesehatan, pendidikan, subsidi, dan pelayanan sosial lainnya. Dalam banyak kasus, identitas digital dapat mengurangi birokrasi dan mempermudah individu atau kelompok untuk mengakses layanan publik yang mereka butuhkan.

 

CEO dan Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto menjelaskan “Dalam dunia online, VIDA percaya bahwa trust adalah aspek paling krusial, karena memungkinkan kita untuk mempercayai sebuah ide atau produk yang sebelumnya kita belum pernah kenal. Langkah pertama untuk melindungi diri bagi para platform digital dari cyber fraud adalah bagaimana kita membangun proses verifikasi trust di awal sebagai pintu masuk.”

 

Bagi pengguna, Sati menekankan pentingnya untuk tidak menyebarkan data pribadi dengan mudah pada pihak luar, seperti KTP, selfie sama KTP, foto paspor, foto boarding pass, nomor rekening, nomor kartu kredit apalagi nama ibu kandung, termasuk fotokopi berbagai dokumen tersebut. “Hal-hal tersebut sebenarnya mudah untuk diingat. Terus pastinya jangan memberi kode OTP (One-Time-Password) dan jangan asal klik link yang menjanjikan hadiah juga, biasanya kalau online, when it’s too good to be true, itu biasanya bohong.”

 

VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang terdaftar di Kementerian Kominfo juga menekankan pentingnya identitas digital dalam berbagai layanan untuk memfasilitasi kebutuhan konsumen. Kasus kejahatan siber yang cukup marak semoga membuat identitas digital meningkatkan rasa percaya masyarakat pada layanan digital yang merupakan fondasi inklusi keuangan. Dalam menyediakan layanan identitas digital dengan memanfaatkan sertifikat elektronik, VIDA menerapkan standar keamanan internasional, termasuk Public Key Infrastructure, biometrik, dan keamanan jaringan.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Baru Pakai Tanda Tangan Digital? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui
tanda tangan elektronik

Baru Pakai Tanda Tangan Digital? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Tanda Tangan Elektronik yang sah dan tersertifikasi hanya dikeluarkan oleh aplikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). Yuk, simak ...

Februari 28, 2024

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado
verifikasi identitas

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado

Selama 16 tahun, usaha Bu Lilis bernama Rumah Kado berjalan di tempat tanpa membawa perubahan yang diharapkan. Namun dengan teknologi digit...

Februari 21, 2024

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital
digital identity

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital

Verifikasi merupakan proses konfirmasi identitas yang umumnya melalui metode otentikasi. Proses ini melibatkan penggunaan kata sandi, kode ...

Januari 16, 2024