Skip to content
pajak

Mar 14, 2021

Keuntungan Menggunakan Tanda Tangan Digital untuk Administrasi Pajak

Tanda tangan digital adalah tanda tangan yang dibubuhkan secara elektronik, tapi fungsinya sama seperti tanda tangan biasa pada dokumen fisik.

Tanda tangan digital adalah tanda tangan yang dibubuhkan secara elektronik, tapi fungsinya sama seperti tanda tangan biasa pada dokumen fisik.

Anda sebagai Wajib Pajak setiap tahun diharuskan untuk menyiapkan dan menyerahkan berbagai dokumen. Dokumen-dokumen tersebut dibutuhkan sebagai verifikasi data dan informasi terkait kewajiban pajak yang harus Anda bayarkan.

 

Agar dokumen tersebut sah, Anda perlu menandatanganinya. Proses tanda tangan pada dokumen juga berlaku untuk para petugas administrasi atau anggota divisi keuangan di kantor yang harus mengurus pajak banyak karyawan. Bayangkan berapa banyak dokumen yang harus diperiksa dan ditandatangani jika Anda melakukannya secara konvensional yakni dengan tanda tangan basah.

 

Apalagi karena peraturan Anda juga harus mendigitalisasi dokumen tersebut. Hal ini bisa memakan banyak waktu karena Anda harus memindai dokumen satu per satu.

 

Kesulitan seperti ini tentu saja harus dicari solusinya. Itu mengapa sudah saatnya Anda beralih menggunakan tanda tangan digital untuk setiap proses administrasi perpajakan.

 

Ada keuntungan-keuntungan yang dapat Anda rasakan apabila menggunakan tanda tangan digital untuk keperluan pajak. Berikut adalah diantaranya:

 

Relatif lebih hemat waktu dan energi

Tanda tangan  adalah tanda tangan yang dibubuhkan secara elektronik, tapi fungsinya sama seperti tanda tangan biasa pada dokumen fisik. Memang, beberapa dokumen perpajakan tetap mengharuskan Anda untuk tanda tangan secara konvensional di atas kertas. Namun, bagaimana jika dokumen berbentuk digital? Anda tentu tidak bisa membubuhkan tanda tangan basah pada jenis dokumen tersebut.

 

Jika selama ini Anda melakukannya secara manual, yaitu dengan membubuhkan tanda tangan basah kemudian memindai dokumen bersangkutan, maka sudah saatnya Anda beralih ke tanda tangan . Proses penandatanganan dokumen digital akan lebih efisien, sehingga bisa menghemat waktu dan energi dalam mengurus administrasi perpajakan.

 

Integritas data terjamin

Risiko manipulasi atau pemalsuan tanda tangan memang selalu ada, bahkan di untuk persoalan perpajakan sekali pun. Namun, dengan menggunakan tanda tangan , Anda dapat meminimalisir terjadinya pemalsuan tanda tangan. Pasalnya, setelah Anda membubuhkan tanda tangan secara digital, tanda tangan dan dokumen tidak dapat lagi diubah. Bila terjadi perubahan, dokumen tidak lagi menjadi valid dan tanda tangan harus kembali dilakukan.

 

Dengan protokol seperti ini, integritas data Anda akan menjadi lebih terjamin. Terlebih jika tanda tangan pada dokumen telah diatur oleh protokol Public Key Infrastructure (PKI) seperti yang tersedia pada VIDA Sign. Protokol PKI akan mencegah terjadinya manipulasi atau pemalsuan tanda tangan oleh pihak-pihak yang tidak berwenang.

 

Mempercepat operasional pihak internal

Satu dokumen perpajakan biasanya harus ditandatangani oleh beberapa orang atau pihak sekaligus. Hal inilah yang bisa memakan waktu karena Anda harus mencetak dokumen tersebut dan menyerahkannya ke pihak terkait untuk ditandatangani.

 

Setelah itu, Anda bisa meminta tanda tangan ke pihak selanjutnya. Proses penandatanganan dari satu pihak ke pihak lain tersebut membutuhkan waktu berhari-hari. Hal ini akan memberikan dampak pada produktivitas kerja Anda.

 

Di samping itu, Anda juga harus terus memantau posisi dokumen tersebut, apakah sudah di tangan pihak X atau justru masih dipegang pihak Y. Proses lacak ini akan sangat melelahkan dan membuat Anda frustasi.

 

Kabar baiknya, kerumitan tersebut dapat diatas dengan beralih menggunakan tanda tangan . Penggunaan tanda tangan  dapat mempermudah proses penandatanganan secara internal di kalangan karyawan perusahaan. Anda tidak lagi perlu mencetak salinan dokumen apa pun, dokumen digital dengan tanda tangan  dapat berpindah dengan urutan yang benar dari satu pihak ke pihak lain. Proses operasional di pihak internal pun akan berjalan lebih cepat.

 

Berkekuatan hukum yang sah

Walaupun berbentuk digital, tanda tangan  tetap memiliki kekuatan hukum yang sah dalam proses perpajakan. Hal ini telah diatur dalam Pasal 1 Angka 12 Undang-Undang No. 1 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dasar hukum ini menjamin bahwa tanda tangan  bisa diakui secara hukum apabila memenuhi persyaratan. Salah satu persyaratan tersebut adalah terkait dengan sertifikat elektronik.

 

Sertifikat elektronik merupakan sertifikat yang menyatakan bahwa data tanda tangan  adalah valid dan sesuai dengan identitas. Sertifikat ini akan menjadi bukti bahwa proses tanda tangan memang dilakukan oleh pihak bersangkutan.

 

Dari penjelasan di atas, menjadi jelas bahwa dengan menggunakan tanda tangan , proses administrasi perpajakan bisa dilakukan dengan lebih secara lebih mudah. Tidak hanya itu, prosesnya yang lebih akuntabel membuat tanda tangan  menjadi transparan dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

 

Mulai sekarang Anda tidak perlu lagi menyalin berlembar-lembar kertas untuk administrasi pajak sehingga Anda juga akan lebih hemat waktu dan tenaga!

 
 
 

Baca juga: Memulai Transformasi Digital Dengan Tanda Tangan Digital

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Digital Signature as An Easy Way to Sign Documents
signatures

Digital Signature as An Easy Way to Sign Documents

Signatures in the digital era use unique key pairs to ensure signer authenticity and document integrity. Here’s what you need to know about...

November 17, 2024

Why Wet Signatures May Not Be Enough to Stop Document Forgery
digital signatures

Why Wet Signatures May Not Be Enough to Stop Document Forgery

Do you feel safe placing a wet signature on important documents? Can a wet signature truly protect documents from forgery?

November 01, 2024

Don’t Ignore the Risk of Document Forgery in Your Business
digital signature

Don’t Ignore the Risk of Document Forgery in Your Business

Learn about the risks of document forgery, the methods used, and how this threat can harm your business financially and damage its reputati...

October 31, 2024