Skip to content
meterai elektronik

Des 25, 2023

5 Tipe Kategori Dokumen Ini Membutuhkan meterai Elektronik, Simak Selengkapnya!

Pada proses administrasi bisnis semakin banyak beralih ke ranah online. Namun, masih ada beberapa jenis dokumen yang membutuhkan meterai fisik maupun dalam bentuk digital. Berikut adalah lima tipe dokumen yang membutuhkan meterai elektronik

meterai elektronik

Proses administrasi bisnis semakin banyak beralih ke ranah online. Namun, masih ada beberapa jenis dokumen yang membutuhkan meterai fisik maupun dalam bentuk digital. Berikut adalah lima tipe dokumen yang membutuhkan meterai, namun bisa diganti dengan meterai elektronik. 

Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi sering digunakan dalam berbagai konteks, seperti melamar pekerjaan, mendaftar sekolah, atau mengajukan beasiswa. Dokumen ini membutuhkan meterai elektronik untuk memastikan keabsahan dan kekuatan hukumnya, terutama jika rekomendasi tersebut diakui secara resmi oleh lembaga atau institusi tertentu.

Surat Perjanjian Kerja

Surat perjanjian kerja adalah dokumen yang mengikat antara pihak karyawan dan pihak perusahaan. Penggunaan meterai elektronik pada dokumen ini membantu menguatkan kedudukan hukum perjanjian, serta memberikan perlindungan hukum yang lebih baik bagi kedua belah pihak.

Surat Tugas

Surat tugas biasanya diberikan oleh atasan kepada bawahannya untuk menjalankan tugas tertentu, seperti perjalanan dinas atau tugas proyek. Penggunaan meterai elektronik pada dokumen ini memastikan keabsahan dan legalitas tugas yang diberikan, serta memberikan jaminan hukum bagi pelaksana tugas.

Surat Keterangan Kelakuan Baik

Surat keterangan kelakuan baik umumnya diperlukan dalam berbagai proses, seperti mendaftar sekolah, melamar pekerjaan, atau mengajukan visa. Penggunaan meterai elektronik pada dokumen ini membantu memastikan integritas dan keabsahan informasi yang tercantum di dalamnya.

Surat Rekomendasi Kerja

Surat rekomendasi kerja adalah dokumen yang diberikan oleh atasan atau kolega kepada individu yang sedang melamar pekerjaan. Penggunaan meterai elektronik pada dokumen ini membantu meningkatkan kepercayaan pihak penerima terhadap rekomendasi yang diberikan, serta memberikan perlindungan hukum bagi kedua belah pihak.

Selain memahami kebutuhan akan meterai elektronik dalam beberapa jenis dokumen, penting juga untuk menggunakan platform yang dapat mengakomodasi proses penandatanganan digital dengan mudah dan efisien. Salah satu produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah VIDA Sign.

VIDA Sign menawarkan sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk memproses dokumen secara digital, antara lain:

  • Keamanan Tinggi: 

VIDA Sign dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat lanjut yang memastikan keabsahan dan integritas dokumen yang ditandatangani. Hal ini memberikan perlindungan tambahan terhadap informasi yang sensitif.

  • Kemudahan Penggunaan: 

Antarmuka yang intuitif dan user-friendly membuat VIDA Sign mudah digunakan oleh siapa pun, bahkan bagi mereka yang belum terbiasa dengan teknologi. Proses penandatanganan dan pengelolaan dokumen menjadi lebih cepat dan efisien.

  • Fitur Kolaborasi: 

VIDA Sign memungkinkan untuk kolaborasi tim dalam proses penandatanganan dokumen, sehingga mempercepat alur kerja dan memungkinkan pengguna untuk bekerja sama secara lebih efektif.

  • Integrasi yang Luas:

VIDA Sign dapat diintegrasikan dengan berbagai platform bisnis yang umum digunakan, seperti Google Drive, Dropbox, dan lain-lain. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengelola dokumen dari berbagai sumber.

Dengan menggunakan VIDA Sign, proses penandatanganan dan pengelolaan dokumen secara digital menjadi lebih mudah, aman, dan efisien. Sebagai platform yang mengutamakan keamanan dan kemudahan penggunaan, VIDA Sign menjadi solusi yang ideal untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam mengelola dokumen secara digital.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024