Hampir semua pekerjaan terkait dokumen bisa kita kerjakan dengan cara digital. Mulai dari pembuatan dokumen, pengarsipan, pengiriman, hingga tanda tangan pun bisa digital. Namun, belum banyak yang mengetahui cara membuat tanda tangan digital yang sah. Padahal penggunaan tanda tangan digital sudah banyak dilakukan oleh perusahaan.
Yuk, simak penjelasan tentang cara membuat tanda tangan digital untuk dokumen sah.
Tanda Tangan Digital adalah nama lain dari Tanda Tangan Elektronik (TTE) Tersertifikasi. Aturan tentang tanda tangan digital telah ada dalam UU ITE No 11 tahun 2008. Di Indonesia, terdapat dua jenis tanda tangan elektronik, yakni Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi dan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi.
Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi (Tanda Tangan Digital) dan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi sama-sama memenuhi ketentuan UU ITE No 11 tahun 2008. Perbedaannya, Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi (Tanda Tangan Digital) mengandung Sertifikat Elektronik sehingga tingkat keamanannya lebih tinggi, sedangkan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi tidak memuat Sertifikat Elektronik.
Baca Juga: 5 Industri Ini Paling Diuntungkan dengan Tanda Tangan Digital
Cara membuat tanda tangan digital bisa dilakukan pada aplikasi edit foto, dokumen, atau secara online. Namun, masing-masing cara memiliki tingkat kemudahan dan keamanan yang berbeda-beda. Berikut beberapa cara membuat tanda tangan digital:
Cara membuat Tanda Tangan Digital yang sah dan aman harus melalui Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang jumlahnya ada 7 lembaga di Indonesia, salah satunya VIDA. Dengan kata lain, Mendapatkan Tanda Tangan Digital yang sah tidak bisa dibuat hanya dengan membubuhkan gambar tanda tangan di dalam dokumen.
Tanda tangan digital yang sah bisa dibuat di aplikasi VIDA (VIDA App). VIDA adalah salah satu lembaga PSrE yang telah diakui oleh Kementerian Kominfo. Sehingga, seluruh dokumen dengan tanda tangan yang dibuat di platform VIDA pasti sah.
PSrE berwenang mengeluarkan Sertifikat Elektronik untuk setiap pengguna. Sertifikat Elektronik memiliki konfigurasi yang terhubung dengan data pribadi terverifikasi. Sehingga, dokumen yang dibubuhi tanda tangan digital di aplikasi PSrE otomatis memiliki Sertifikat Elektronik untuk menjamin keasliannya. Inilah yang membuat tanda tangan digital memiliki kekuatan hukum, tidak rawan dipalsukan, dan dapat dicek keaslian penandatangannya.
Untuk membuat tanda tangan digital, pertama-tama download VIDA App, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Baca Juga: 5 Tips Praktis Mengelola Dokumen Keuangan dengan Tanda Tangan Digital
Dengan menggunakan platform VIDA, Anda dapat dengan mudah dan cepat membubuhkan tanda tangan digital yang sah dan aman pada berbagai dokumen. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk memastikan dokumen Anda ditandatangani dengan cepat dan efisien.
Setelah tahu cara bikin tanda tangan digital, apakah kamu tahu bagaimana cara mengecek keabsahan tanda tangan digital? Ada 3 cara, yakni:
Salah satu manfaat utama tanda tangan digital adalah kecepatan dan efisiensi dalam proses hukum. Dengan tanda tangan digital, dokumen elektronik dapat ditandatangani dan dikirimkan dengan cepat tanpa harus mencetak, mengirim, dan menunggu dokumen fisik.
Tanda tangan digital secara hukum sah dan diakui oleh banyak lembaga di dunia. Ini dikarenakan tanda tangan digital memiliki status keabsahan yang sama dengan tanda tangan konvensional. Namun perlu diingat, tanda tangan digital memiliki kekuatan hukum apabila cara membuat tanda tangan digital dilakukan oleh PSrE yang mengeluarkan Sertifikat Elektronik.
Baca Juga: 4 Manfaat Jika UMKM Menggunakan Tanda Tangan Digital
Tanda tangan digital juga dapat meningkatkan keamanan dan kerahasiaan dokumen. Proses tanda tangan digital yang melibatkan teknologi enkripsi yang kuat berfungsi untuk melindungi integritas dan kerahasiaan dokumen. Selain itu, tanda tangan digital juga dapat dilengkapi dengan fitur otentikasi ganda, seperti kata sandi, kode verifikasi, atau sidik jari, yang dapat mencegah pemalsuan atau penyalahgunaan dokumen.
Cara membuat tanda tangan digital yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun akan memudahkan perusahaan dalam pekerjaan sehari-hari. Dokumen yang ditandatangani secara digital dapat dengan mudah disimpan secara elektronik dan diakses kapan saja dan di mana saja melalui sistem penyimpanan elektronik atau cloud.
Baca juga: 6 Dokumen Keuangan yang Bisa Menggunakan Tanda Tangan Digital Tersertifikasi
Penggunaan tanda tangan digital dapat membantu departemen legal menghemat biaya. Dibandingkan dengan tanda tangan fisik yang memerlukan pencetakan, pengiriman, dan pengarsipan dokumen fisik, tanda tangan digital menghilangkan biaya-biaya ini. Selain itu, penggunaan tanda tangan digital juga dapat mengurangi biaya yang terkait dengan kesalahan manusia, seperti kesalahan penulisan atau kesalahan dalam pengelolaan dokumen fisik.
VIDA App memudahkan cara membuat tanda tangan digital dengan cepat dan efisien pada dokumen-dokumen penting. Yuk, coba VIDA App sekarang dan rasakan kemudahan pengelolaan dokumen tanpa hambatan.