Skip to content
tanda tangan digital

Mar 19, 2024

5 Industri Ini Paling Diuntungkan dengan Tanda Tangan Digital

Beberapa sektor industri di bawah ini telah merasakan manfaat dari adopsi tanda tangan digital. Sektor apa saja? Yuk, simak artikel ini!

Ketika dunia memasuki era digital, pengelolaan dokumen ikut berubah menjadi digital. Mulai dari pembuatan, pengarsipan, pengiriman dokumen, dan kini tanda dokumen juga bisa digital. Digitalisasi dokumen membawa efisiensi, keamanan, dan kecepatan. Beberapa sektor industri di bawah ini telah merasakan manfaat dari adopsi tanda tangan digital. Sektor apa saja? Yuk, simak artikel ini!

Pertama-tama, perlu kita ketahui bahwa Tanda Tangan Digital adalah nama lain dari Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi. Di Indonesia, Tanda Tangan Elektronik memiliki dua jenis, yakni Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi (Tanda Tangan Digital) dan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi. Lalu, apa bedanya kedua jenis tanda tangan tersebut? 

Tanda Tangan Digital dan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi sama-sama memenuhi ketentuan UU ITE No 11 tahun 2008. Perbedaannya, Tanda Tangan Digital memuat Sertifikat Elektronik sehingga tingkat keamanannya lebih tinggi, sedangkan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi tidak memuat Sertifikat Elektronik. 

Selanjutnya, Tanda Tangan Digital hanya bisa dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang jumlahnya ada 7 lembaga di Indonesia, salah satunya VIDA. Sedangkan Tanda Tangan Elektronik Tidak Tersertifikasi bisa dibuat oleh siapa saja. 

Kalau Anda baru mengenal Tanda Tangan Digital, baca selengkapnya di sini, ya! Nah, ini dia sektor industri yang paling diuntungkan dengan tanda tangan digital. 

  1. Sektor Keuangan dan Perbankan

Industri keuangan dan perbankan adalah pionir dalam penerapan tanda tangan digital. Penggunaannya beragam, mulai dari pembukaan rekening baru, pendaftaran aplikasi pinjaman, dan transaksi. Dengan tanda tangan digital, bank maupun institusi keuangan lainnya diuntungkan berkat waktu tunggu pelanggan yang singkat, memangkas biaya operasional, dan meningkatkan keamanan transaksi. Pengalaman pengguna yang seamless berpengaruh pada reputasi institusi keuangan. Misalnya, pembukaan rekening yang bisa dilakukan di rumah membuat pengguna tidak perlu repot-repot ke kantor cabang, sehingga bank mendapat reputasi baik. 

  1. Real Estat

Sektor real estat mendapat manfaat besar dari tanda tangan digital, terutama dalam proses penjualan dan sewa properti. Dokumen seperti kontrak jual beli, perjanjian sewa, dan dokumen kepemilikan dapat ditandatangani secara digital untuk mempercepat transaksi dan mengurangi pertemuan fisik. Sama seperti pada industri keuangan, tanda tangan digital memungkinkan agen dan klien untuk menyelesaikan transaksi dengan cepat dan mudah. 

  1. Layanan Kesehatan

Industri layanan kesehatan telah mengadopsi tanda tangan digital untuk meningkatkan efisiensi administrasi dan kepatuhan terhadap regulasi. Mulai dari pengisian formulir persetujuan pasien hingga rekam medis elektronik, tanda tangan digital mempercepat proses administratif sambil tak lupa menjaga privasi dan keamanan data pasien. Upaya ini sangat penting dalam situasi darurat medis, di mana efisiensi waktu dan tenaga sangat penting. 

  1. Perusahaan Teknologi dan Start-Up

Start-up dan perusahaan teknologi, dengan kecenderungannya untuk berinovasi, termasuk sektor yang paling cepat mengadopsi tanda tangan digital untuk mengoptimalkan operasi. Perusahaan teknologi rata-rata juga memiliki karyawan yang tersebar di berbagai kota dan negara, sehingga tanda tangan dokumen tak bisa selalu dilakukan secara fisik. Karenanya, tanda tangan digital sangat berguna untuk mengoptimalkan operasional, merapikan administrasi, dan memungkinkan karyawan berkomunikasi secara efektif. 

  1. Pendidikan

Lembaga pendidikan menggunakan tanda tangan digital untuk proses penerimaan, pendaftaran ulang, dan administrasi keuangan. Hal ini mempermudah siswa dan orang tua untuk menyelesaikan dokumen penting dari jarak jauh, meningkatkan efisiensi operasional sekolah atau universitas, dan memastikan kepatuhan terhadap standar keamanan data.

VIDA sebagai Platform Tanda Tangan Digital

VIDAadalah solusi tanda tangan digital yang berlisensi dan berakar di bawah Kementerian Kominfo. Artinya, tanda tangan digital dari VIDA App memiliki keabsahan hukum yang sesuai dengan regulasi keamanan data dan identitas digital di Indonesia. Selain tanda tangan digital, VIDA juga menyediakan e-meterai, templat dokumen, dan fitur scan dokumen untuk kemudahan seluruh proses pembuatan dokumen. Yuk, download dan pakai VIDA App sekarang!

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Ketika Telah Menjadi Ancaman, Apakah Deepfake Tetap Menjadi Hiburan?
deepfake

Ketika Telah Menjadi Ancaman, Apakah Deepfake Tetap Menjadi Hiburan?

Ketika inovasi deepfake memberikan manfaat, penting juga untuk memberikan batasan agar deepfake tidak menjadi sumber kejahatan.

April 23, 2024

Deepfake Bukan Cuma Permainan Tukar Wajah
deepfake

Deepfake Bukan Cuma Permainan Tukar Wajah

Gara-gara sangat mirip dengan aslinya, deepfake semakin banyak digunakan menjadi alat penipuan, mulai dari menipu di media sosial hingga pe...

April 22, 2024

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital
deepfake

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital

Teknologi deepfake seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, deepfake menawarkan potensi besar dalam industri kreatif. Namun, di sisi lain,...

April 20, 2024