Skip to content
verifikasi identitas

Nov 29, 2023

Inovasi Terbaru VIDA dan BukuWarung Dorong Verifikasi Identitas UMKM

Verifikasi identitas milik oleh VIDA mampu mengidentifikasi dan memverifikasi identitas pelaku usaha serta keabsahan transaksi dalam hitungan menit.

Inovasi Terbaru VIDA dan BukuWarung Dorong Verifikasi Identitas UMKM

Pertumbuhan teknologi digital telah membawa dampak positif terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Salah satu terobosan terbaru dalam mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia ialah kolaborasi antara VIDA dan BukuWarung yang memanfaatkan verifikasi identitas secara digital sebagai solusi untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi transaksi bisnis UMKM. BukuWarung sendiri merupakan aplikasi finansial yang membantu UMKM mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Kolaborasi VIDA dan BukuWarung ini menargetkan lebih dari 60 juta UMKM Indonesia dapat beralih menggunakan layanan digital untuk meningkatkan bisnis mereka.

BukuWarung sendiri menawarkan solusi dalam berbagai macam servis seperti mengatur penjualan, penagihan, mengatur barang, dan pembayaran. Pada 2023 lalu, BukuWarung sudah memfasilitasi 433,9 miliar rupiah pembiayaan dengan pertumbuhan rata-rata 140,34% dari 100 penerima pinjaman selama 3 bulan. 

Pertumbuhan yang pesat dan besar-besaran ini memberikan sinyal positif untuk pelaku inovasi teknologi semakin mengembangkan diri. Di era teknologi, verifikasi identitas menjadi kunci penting dalam memastikan keaslian dan keamanan transaksi yang dilakukan oleh UMKM. Menggunakan fitur verifikasi VIDA, BukuWarung sudah membukukan lebih dari 100 ribu volume transaksi per tahun, dengan rata-rata 98% keberhasilan dalam verifikasi identitas secara digital. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna saat proses pendaftaran, tetapi juga memitigasi penurunan konversi dengan memfasilitasi proses cepat dan mudah. 

Teknologi verifikasi identitas yang dimiliki oleh VIDA mampu mengidentifikasi dan memverifikasi identitas pelaku usaha serta keabsahan transaksi dalam hitungan menit. Selain memberikan keuntungan efisiensi biaya, verifikasi identitas secara digital ini membantu mencegah potensi penipuan dan kecurangan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan kepada pelanggan terhadap UMKM yang terlibat. 

Baca Juga: Contoh Verifikasi yang Aman dari Serangan Deepfake

Dalam kolaborasi bersama BukuWarung, penggunaan verifikasi identitas secara digital ini juga membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada pelaku usaha. Kemudahan yang didapat oleh para calon pelanggan melalui verifikasi identitas terbukti mampu menurunkan waktu onboarding 66,6% lebih efektif. Sementara bagi para pelaku usahanya sendiri, teknologi ini membantu mengurangi potensi penipuan dan kecurangan pada fase pendaftaran pengguna sebesar 99%.

VP Strategic Partnership, Compliance, and Legal BukuWarung, Romy Wiliams mengatakan, liveness detection dari VIDA sangat penting untuk memverifikasi pengguna dan UMKM. “Teknologi ini memastikan bahwa mereka adalah individu yang nyata. Ini mendigitalisasi metode sebelumnya dari verifikasi fisik, menjaga standar tertinggi untuk verifikasi pengguna guna memastikan transaksi yang aman dan lancar,” kata Romy. 

VIDA dan BukuWarung telah membawa inovasi untuk pelaku usaha di Tier-2 dan 3 dengan menerapkan verifikasi identitas secara digital. Sebelumnya, BukuWarung mengalami hambatan dalam proses verifikasi karena harus bertatap muka dengan pengguna untuk bisa melakukan verifikasi. Proses ini tidak hanya efisien dan akurat, tetapi juga mengurangi risiko kesalahan manusia, mempercepat proses verifikasi, dan memberikan kepastian keaslian informasi yang diberikan oleh UMKM. Hal ini dilakukan sambil melindungi data pribadi dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi sesuai dengan kepatuhan regulasi. 

Penerapan verifikasi identitas tidak hanya terbatas pada proses pendaftaran, namun juga merambah ke dalam transaksi keuangan antara UMKM dan pelanggan. Melalui aplikasi BukuWarung, UMKM dapat menerima pembayaran secara digital menggunakan QR Code atau transfer elektronik. Verifikasi identitas digunakan untuk memastikan kecocokan antara data pembayaran yang diterima dengan informasi yang telah diverifikasi sebelumnya. 

Baca Juga: Apa itu Verifikasi, Fungsi, dan Cara Melakukannya

Untuk meningkatkan proses pendaftaran BukuWarung, VIDA menyertakan Optical Character Recognition (OCR) API-nya untuk mengotomatisasikan ekstraksi data dari kartu identitas (DI cards), yang secara signifikan mengurangi kesalahan input manual. Selain OCR, VIDA menggunakan liveness API yang canggih untuk langkah-langkah anti-pemalsuan dan mendeteksi keberadaan secara real-time mengurangi risiko penipuan identitas. Terakhir, BukuWarung mengintegrasikan layanan Verifikasi Identitas dari VIDA yang menjamin integritas setiap transaksi dengan membandingkan detail pengguna dengan catatan resmi Indonesia, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Selain itu, verifikasi identitas juga memberikan kemudahan akses UMKM ke layanan keuangan. Terkadang, UMKM mengalami kesulitan dalam memenuhi persyaratan dokumen yang diperlukan oleh lembaga keuangan tradisional. Dengan adanya verifikasi identitas secara digital, UMKM dapat menunjukkan keabsahan dan keberadaan mereka, sehingga memudahkan akses mereka ke layanan perbankan dan pembiayaan.

Tidak hanya itu, verifikasi identitas secara digital juga dapat meningkatkan efisiensi operasional UMKM. Dengan proses verifikasi yang cepat dan akurat, UMKM dapat menghemat waktu dan sumber daya yang sebelumnya digunakan dalam proses manual. Hal ini memungkinkan UMKM untuk fokus pada pengembangan bisnis mereka, meningkatkan produktivitas, dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal.

Untuk mendukung transformasi digital UMKM, pemerintah Indonesia juga turut ambil bagian dengan memberikan dukungan melalui berbagai kebijakan dan program. Komitmen pemerintah untuk mendorong inklusi digital UMKM termasuk memberikan kemudahan dalam perizinan dan akses pasar. Dengan kolaborasi antara VIDA dan BukuWarung yang mengedepankan verifikasi identitas secara digital, UMKM di Indonesia semakin didorong untuk mengadopsi teknologi digital dan memperluas jangkauan bisnis mereka.

Sebagai kesimpulan, kolaborasi antara VIDA dan BukuWarung dalam memajukan digitalisasi UMKM di Indonesia melalui penerapan verifikasi identitas secara digital merupakan inovasi yang signifikan. Verifikasi identitas tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memudahkan akses ke layanan keuangan, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional UMKM. Dengan terus memperkuat kolaborasi ini dan mengadopsi teknologi yang lebih canggih, UMKM di Indonesia dapat terus maju dalam era digital, bersaing di pasar yang lebih luas, dan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian nasional.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024