Skip to content
verifikasi identitas

Apr 19, 2023

Manfaat Verifikasi Identitas Digital dalam Industri Fintech

Verifikasi identitas biometrik memiliki beberapa keunggulan dalam fintech, seperti akurasi yang tinggi sehingga dapat meminimalkan kemungkinan human error

Manfaat Verifikasi Identitas Digital

 

Industri teknologi finansial (fintech) telah berkembang pesat, dan dengan semakin populernya layanan keuangan digital, kebutuhan akan verifikasi identitas yang kuat menjadi sangat penting. Verifikasi identitas digital, juga dikenal sebagai verifikasi identitas biometrik, adalah proses memverifikasi identitas seseorang secara online, biasanya melalui kombinasi dokumen identitas, data biometrik, dan informasi relevan lainnya. Perusahaan fintech semakin banyak memanfaatkan verifikasi identitas digital untuk meningkatkan keamanan, menyederhanakan proses penerimaan, dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Pada artikel ini, kami akan membahas manfaat verifikasi identitas digital untuk fintech.

 

  • Keamanan yang Ditingkatkan: Pencegahan penipuan merupakan masalah penting bagi perusahaan fintech. Metode verifikasi identitas tradisional, seperti pemeriksaan dokumen manual, dapat memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan manusia. Verifikasi identitas digital menawarkan keamanan yang lebih baik dengan memanfaatkan algoritme canggih dan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menganalisis dan memverifikasi data pengguna. Hal ini mengurangi risiko penipuan dan pencurian identitas, karena dapat mendeteksi ketidakkonsistenan dan anomali yang mungkin terlewatkan oleh pemeriksaan manual. Selain itu, verifikasi identitas biometrik memungkinkan perusahaan fintech untuk mengakses dan menganalisis banyak data dari berbagai sumber, seperti basis data pemerintah dan biro kredit, untuk memverifikasi keaslian identitas seseorang, yang selanjutnya memperkuat langkah-langkah keamanan.


  • Proses Onboarding yang Efisien: Verifikasi identitas digital dapat sangat menyederhanakan proses penerimaan untuk perusahaan fintech. Metode onboarding tradisional sering kali mengharuskan pelanggan untuk mengunjungi cabang fisik atau menyerahkan salinan fisik dokumen identifikasi, yang menghasilkan proses yang panjang dan tidak praktis. Sebaliknya, verifikasi identitas biometrik memungkinkan pelanggan untuk memverifikasi identitas mereka dari jarak jauh, sehingga tidak perlu hadir secara fisik atau dokumentasi berbasis kertas. Hal ini mengurangi waktu dan upaya onboarding, sehingga membuat nasabah lebih nyaman untuk mendaftar ke layanan fintech. Selain itu, verifikasi identitas digital dapat diintegrasikan ke dalam platform digital perusahaan, seperti aplikasi seluler atau situs web, sehingga memberikan pengalaman yang mulus dan ramah pengguna.


  • Legal Secara Regulasi: Perusahaan fintech tunduk pada berbagai persyaratan regulasi, seperti peraturan anti pencucian uang (AML) dan peraturan mengenal nasabah (KYC), yang mengamanatkan proses verifikasi identitas secara menyeluruh. Kegagalan dalam mematuhi peraturan ini dapat mengakibatkan konsekuensi finansial dan reputasi yang parah. Verifikasi identitas digital membantu perusahaan fintech memenuhi persyaratan kepatuhan ini dengan menyediakan proses yang kuat dan terstandardisasi untuk memverifikasi identitas pelanggan mereka. Proses ini juga menjaga jejak audit yang komprehensif dari proses verifikasi, yang dapat menjadi sangat penting jika terjadi audit atau investigasi regulasi.


  • Pengalaman Pengguna yang lebih baik: Verifikasi identitas digital dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna bagi pelanggan fintech. Metode verifikasi identitas tradisional, seperti menyerahkan dokumen fisik atau mengunjungi cabang fisik, dapat memakan waktu dan tidak praktis, sehingga menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk. Di sisi lain, verifikasi identitas biometrik menawarkan cara yang cepat dan nyaman bagi nasabah untuk memverifikasi identitas mereka dari jarak jauh, tanpa perlu hadir secara fisik atau dokumentasi berbasis kertas. Hal ini memungkinkan pengalaman onboarding tanpa hambatan, yang sangat penting dalam menarik dan mempertahankan pelanggan dalam lanskap fintech yang kompetitif saat ini. Selain itu, verifikasi identitas digital dapat diintegrasikan ke dalam perjalanan nasabah yang sudah ada, seperti pengajuan pinjaman atau pembukaan rekening, sehingga memberikan proses yang mulus dan efisien bagi nasabah.


  • Penghematan Biaya: Menerapkan verifikasi identitas digital juga dapat menghasilkan penghematan biaya bagi perusahaan fintech. Metode verifikasi identitas tradisional sering kali melibatkan proses manual, yang bisa jadi memakan banyak tenaga dan waktu, sehingga menyebabkan biaya operasional yang lebih tinggi. Verifikasi ID digital mengotomatiskan proses verifikasi identitas biometrik melalui wajah, mengurangi kebutuhan akan intervensi manual dan biaya terkait. Selain itu, verifikasi identitas digital memungkinkan perusahaan fintech untuk mengakses dan menganalisis data dari berbagai sumber, sehingga tidak perlu lagi melakukan pengumpulan data dan upaya verifikasi yang berlebihan. Hal ini tidak hanya menghemat biaya tetapi juga meningkatkan efisiensi operasi.

 

Verifikasi identitas biometrik memiliki beberapa keunggulan dalam penggunaan fintech, seperti akurasi yang tinggi sehingga dapat meminimalisir kemungkinan human error. Penyedia layanan verifikasi identitas digital di Indonesia adalah VIDA. VIDA Verify menyediakan dua jenis layanan, yaitu identity verification dan facial biometrics. VIDA juga menggunakan teknologi AI untuk verifikasi identitas, dan juga sudah tersertifikasi. Dengan begitu dapat mencegah penipuan identitas.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Baru Pakai Tanda Tangan Digital? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui
tanda tangan elektronik

Baru Pakai Tanda Tangan Digital? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Tanda Tangan Elektronik yang sah dan tersertifikasi hanya dikeluarkan oleh aplikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). Yuk, simak ...

Februari 28, 2024

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado
verifikasi identitas

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado

Selama 16 tahun, usaha Bu Lilis bernama Rumah Kado berjalan di tempat tanpa membawa perubahan yang diharapkan. Namun dengan teknologi digit...

Februari 21, 2024

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital
digital identity

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital

Verifikasi merupakan proses konfirmasi identitas yang umumnya melalui metode otentikasi. Proses ini melibatkan penggunaan kata sandi, kode ...

Januari 16, 2024