Skip to content
verified identity for all

Jan 01, 2022

Peranan UMKM Dalam Ekonomi Nasional

Otentikasi identitas digital akan mendorong proses bisnis yang lebih efisien bagi para pelaku UMKM.

Otentikasi identitas digital akan mendorong proses bisnis yang lebih efisien bagi para pelaku UMKM.

UMKM memainkan peran penting dalam ekonomi nasional dan berkontribusi 60% terhadap angka produk domestik bruto (PDB) Indonesia serta menyerap 97% tenaga kerja. UMKM adalah elemen penting dalam mencegah hilangnya mata pencaharian dan menurunnya ekonomi. Kementerian Koperasi dan UKM melaporkan bahwa 3,79% UMKM telah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Melalui sinergi dari berbagai pemangku kepentingan, jumlah UMKM yang hadir dalam ekosistem digital terus meningkat pesat mencapai lebih dari 19% populasi entrepreneur.

 

UMKM Go Digital

Pemerintah memiliki prioritas untuk mendorong transformasi digital UMKM melalui penerapan teknologi. Proses verifikasi dan otentifikasi untuk memastikan bahwa tidak ada identitas yang salah dan menjamin adanya otentikasi data akan menjadi bagian penting dari aktivitas digital UMKM. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan antara pelanggan dengan pelaku bisnis sehingga mendorong percepatan para pelaku UMKM untuk terhubung dengan ekosistem digital.

 

Teknologi Verifikasi Biometrik Pada UMKM

Di masa pandemi, banyak perusahaan menambahkan keamanan berlapis yang mendukung karyawan untuk Bekerja dari Rumah atau Work from Home dengan mudah. Beberapa perusahaan telah meluncurkan solusi akses jarak jauh dengan biometrik selama pandemi untuk mendukung praktik kerja dari rumah.

 

Tidak hanya perusahaan berskala besar, UMKM yang sedang mengembangkan skala bisnisnya juga menerapkan solusi transaksi digital dan sistem yang lebih aman, cepat, dan terjangkau dengan teknologi verifikasi biometrik. Hal ini dilakukan untuk mendukung perluasan digitalisasi untuk pelaku UMKM di Indonesia. Otentikasi identitas digital akan mendorong proses bisnis yang lebih efisien bagi para pelaku UMKM.

 

Tidak hanya itu, biometrik juga telah tersedia untuk usaha kecil selama lebih dari satu dekade. Verifikasi biometrik dapat digunakan untuk membatasi siapa saja yang dapat mengakses brankas tunai hingga mengontrol akses ke ruang server.

 

Ulasan Tentang Biometrik

Secara harfiah, biometrik adalah karakteristik fisik atau perilaku manusia yang benar-benar unik bagi seorang individu. Ciri-ciri ini termasuk bentuk wajah yang merupakan dasar dari teknologi pengenalan wajah yang semakin banyak diadopsi oleh banyak perusahaan. Biometrik digunakan baik di dalam maupun di luar dunia bisnis.

 

Teknologi identitas pengguna yang akan digunakan dalam waktu dekat (pada pertengahan 2021) untuk semua pengguna termasuk biometrik sidik jari (44%), biometrik suara (27 %) dan pengenalan wajah (47 %). Biometrik secara keseluruhan dipelajari secara khusus mengenai seberapa cepat teknologi yang menggabungkan biometrik akan diimplementasikan dengan 16 % menjawab dalam 3 bulan ke depan dan 8,5 % dalam tahun depan atau lebih.

 

Biometrik menjadi lebih umum karena bisnis kecil terus menyesuaikan diri dengan lanskap teknologi yang selalu menuntut, penting untuk memahami bagaimana Anda dapat menggunakan autentikasi biometrik dalam bisnis Anda. Baik itu memverifikasi informasi pembayaran atau mengautentikasi karyawan yang masuk dan keluar untuk bekerja, aplikasi biometrik dalam bisnis kecil lebih beragam dari yang Anda kira.

 

Ulasan Tentang Verifikasi Biometrik

Teknologi biometrik telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan berada di sekitar kita. Hampir sebagian besar kegiatan sehari-hari kita berinteraksi dengan beberapa bentuk teknologi biometrik. Mulai dari membuka kunci ponsel, mengakses aplikasi, hingga pengukuran suhu. Dalam bisnis, verifikasi biometrik digunakan untuk menyediakan layanan yang paling aman bagi pemilik bisnis dan juga pelanggan.

 

Saat ini, fungsi utama verifikasi biometrik adalah otentikasi multifaktor. Apalagi sekarang identifikasi identitas digital dapat dilakukan melalui pengenalan wajah seseorang, sehingga dapat mengurangi risiko pemalsuan data dan penipuan di ranah digital.

 

Verifikasi Biometrik, Solusi dari VIDA Verify

Untuk kebutuhan tersebut, Anda bisa bekerja sama dengan VIDA. VIDA memiliki layanan VIDA Verify yang mampu membandingkan data biometrik dan demografis dengan database nasional. Teknologi yang digunakan VIDA telah terstandar NIST yang memiliki akurasi lebih dari 99,5% sehingga aman dan terpercaya.

 

VIDA merupakan jaringan identitas digital yang memanfaatkan otentikasi multi-faktor, tanda tangan digital, dan identitas terverifikasi. VIDA menerapkan standar keamanan data kelas dunia, termasuk Public Key Infrastructure, pengenalan wajah (biometrik), dan keamanan jaringan sebagai solusi keamanan data yang komprehensif.

 

Bila perusahaan Anda mampu untuk menyediakan sistem verifikasi identitas yang praktis seperti VIDA Verify, konsumen akan mendapatkan pengalaman yang lebih positif. Pengalaman positif inilah yang dapat mendorong mereka untuk kembali berinteraksi, sehingga meningkatkan kepuasan konsumen dan nilai perusahaan Anda.Untuk informasi lebih lanjut, klik disini.

 
 

Baca: Alasan Bisnis Membutuhkan Sistem Identitas Digital yang Andal

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024