Skip to content
tanda tangan digital

Nov 04, 2023

Simak Keunggulan E-Meterai Dibanding Meterai Konvensional

Penggunaan e-meterai telah menjadi solusi yang efektif dalam mengesahkan dokumen secara elektronik.

Dalam era digitalisasi seperti saat ini, penggunaan e-meterai telah menjadi solusi yang efektif dalam mengesahkan dokumen secara elektronik. Artikel ini akan menjelaskan mengapa e-meterai sangat berguna dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakannya. Pada akhir artikel, kami akan memberikan solusi dari VIDA Sign yang dapat membantu Anda dalam menggunakan e-meterai.

Keuntungan Menggunakan E-Meterai
Efisiensi dan kecepatan dalam era di mana segalanya serba cepat, e-meterai menawarkan efisiensi dan kecepatan yang luar biasa. Anda tidak perlu lagi mengunjungi kantor pos atau lembaga terkait untuk membeli meterai fisik. Dengan e-meterai, Anda dapat mengesahkan dokumen dengan cepat dan mudah melalui platform elektronik. Proses ini dapat mempercepat transaksi bisnis Anda, menghemat waktu, dan memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal lain yang lebih penting.

E-meterai juga memberikan keamanan dan keaslian yang tinggi terhadap dokumen yang Anda tanda tangani. Dengan menggunakan tanda tangan digital yang terintegrasi dengan e-meterai, dokumen Anda akan dilindungi dari pemalsuan dan perubahan yang tidak sah. Ini memberikan kepercayaan kepada pihak yang berkepentingan bahwa dokumen tersebut asli dan tidak dapat dimanipulasi.

Salah satu keuntungan dari e-meterai adalah penghematan biaya. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli meterai fisik yang mahal dan memperbarui stoknya secara berkala. Dengan e-meterai, Anda hanya membayar untuk meterai yang Anda gunakan, sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini dapat mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi keuangan Anda.

Solusi VIDA Sign untuk E-Meterai
Untuk mengatasi kendala dan mempermudah penggunaan e-meterai, VIDA Sign menawarkan solusi yang inovatif dan dapat diandalkan. Dengan VIDA Sign, Anda dapat dengan mudah membuat, mengesahkan, dan menyimpan dokumen dengan menggunakan e-meterai. Berikut adalah cara mudah menggunakan e-meterai di VIDA Sign:

1. Untuk menggunakan meterai elektronik, Anda bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu ke VIDA Sign dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
2. Download aplikasi VIDA Sign atau buka di web browser.
3. Cari tombol "Daftar" atau "Registrasi" dan klik tombol tersebut.
4. Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat email, dan nomor telepon.
5. Setelah mengisi formulir, Anda akan menerima email konfirmasi dari VIDA Sign. Klik tautan verifikasi dalam email untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
6. Setelah berhasil mendaftar, Anda dapat mengakses akun VIDA Sign dan mulai membuat tanda tangan digital Anda.



Setelah mendaftar akun VIDA Sign, Anda dapat klik tanda plus di bagian bawah aplikasi dan pada menu ‘Click Envelope’ Anda bisa upload dokumen yang ingin Anda tandatangani atau bubuhkan e-meterai. Setelah dokumen berhasil diunggah, Anda dapat memilih field tanda tangan digital atau e-meterai yang tersedia di sebelah kanan lalu pindahkan ke area yang diinginkan. Anda juga bisa topup meterai elektronik dalam aplikasi VIDA Sign dan membeli e-meterai dengan mudah.

VIDA sebagai Penyedia Sertifikat Elektronik (PSrE)
VIDA sebagai Penyedia Sertifikat Elektronik (PSrE) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika ikut serta dalam pengamanan data pengguna, seperti untuk layanan tanda tangan digital. VIDA juga menerapkan standar keamanan dunia, seperti public key infrastructure, keamanan jaringan, dan otentikasi biometrik yang didukung oleh verifikasi AI biometrik global teratas dengan deteksi liveness untuk memberikan pengalaman pengguna yang instan, lancar, dan aman. Dengan begitu, identitas pengguna layanan digital dapat terjamin, meminimalisir penipuan dan melindungi identitas pengguna.

Tunggu apa lagi? Klik di sini untuk mencoba tanda tangan digital tersertifikasi yang cepat, mudah, dan aman, 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya
cybersecurity

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya

Fraud triangle adalah konsep untuk memahami bagaimana fraud bisa terjadi. Memahami fraud triangle memudahkan bisnis untuk mengantisipasi ce...

Juli 06, 2024

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan
cybersecurity

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan

Fraud adalah tindakan penipuan yang merugikan individu maupun perusahaan. Fraud banyak jenisnya dan bisa terjadi di mana saja. Berikut penj...

Juli 05, 2024

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital
cybersecurity

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital

Security awareness penting untuk dimiliki individu dan perusahaan. Upaya security awareness dapat dimulai dengan tanda tangan digital. Beri...

Juli 04, 2024