Newsroom

Nov 15, 2022

VIDA: Verifikasi Identitas Digital, Kunci Tingkatkan Ekosistem Digital yang Inklusif

Mendukung UMKM menjadi lebih tangguh di era digital menjadi salah satu fokus utama VIDA, agar seluruh lapisan masyarakat terutama UMKM untuk dapat masuk kedalam ekosistem digital secara aman dan terpercaya. "VIDA siap menjadi yang platform identitas digital yang terdepan untuk mendukung ekonomi digital yang inklusif agar No One Left Behind.” tutur Adrian.

Nov 15, 2022

Dukung UMKM Tangguh Lewat Verifikasi Identitas Digital

Penyedia layanan identitas digital yang juga bagian dari Gugus Tugas Digitalisasi B20, VIDA menilai kenaikan inklusi keuangan di Indonesia terus didukung oleh beberapa faktor termasuk bertambahnya dukungan untuk mendukung UMKM terintegrasi dalam ekosistem digital.

Nov 14, 2022

VIDA Dukung UMKM Tangguh Lewat Verifikasi Identitas Digital

Selama pandemi, VIDA telah bekerja sama dengan Grab dan Kemenkop UKM mendukung lebih dari 200.000 UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital melalui bantuan verifikasi identitas atau e-KYC yang mudah dan nyaman berbasis sertifikat elektronik. VIDA terus melanjutkan inisiatif ini untuk mendorong lebih banyak UMKM terintegrasi ke dalam ekosistem digital.

Nov 14, 2022

VIDA Dukung UMKM Tangguh Lewat Verifikasi Identitas Digital

Adrian Anwar, Chief Revenue Officer VIDA menyatakan, “Membukakan gerbang yang aman dan mudah bagi UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital menjadi sebuah diskursus publik yang masih jarang diangkat. Padahal, dua tahun terakhir telah mengajarkan kita semua tentang pentingnya membangun rasa percaya konsumen dengan platform digital di tengah ancaman keamanan siber yang juga meningkat."

Nov 14, 2022

Tingkatkan Ekosistem Digital yang Inklusif, VIDA Dorong UMKM Tangguh Lewat Verifikasi Identitas

"Pada intinya, verifikasi identitas digital yang lebih mudah dapat berdampak pada peningkatan kepercayaan (trust) pelaku UMKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital. Berdasarkan temuan internal VIDA, 25 persen dari calon pengguna layanan keuangan digital berhenti memproses registrasi mereka dikarenakan proses verifikasi konvensional yang memakan waktu sekitar 30 hingga 40 menit dan memberi ketidaknyamanan bagi sebagian orang yang enggan melakukan video call dengan orang asing. Implementasi verifikasi identitas digital yang sudah menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan liveness detection dapat mendukung akses digital yang lebih cepat dan aman,” tandas Adrian

Oct 25, 2022

Identitas Digital Berikan Kemudahan Nyata Akses Finansial Digital UMKM

Gugus Tugas Digitalisasi B20 Indonesia yang diwakili oleh Founder dan Group CEO VIDA, Niki Luhur menjelaskan, dalam menghadirkan sistem identitas digital yang tangguh dengan manajemennya yang bertanggung jawab, para pemain industri seperti VIDA memahami pentingnya penerapan standar global dan praktik terbaik di industri bahkan hingga melampaui standar kepatuhan atau beyond compliance.

Oct 25, 2022

VIDA, B20: Identitas Digital Berikan Kemudahan Nyata Akses Finansial Digital UMKM

Jajaran Gugus Tugas Digitalisasi B20 Indonesia pada diskusi panel “B20 Digital ID Workshop: Scaling Trust in the Digital World” yang diselenggarakan sebagai bagian dari Presidensi G20 Indonesia oleh Sekretariat B20 bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dan VIDA, penyelenggara identitas digital terdepan di Indonesia.

Oct 25, 2022

OJK: Penyedia Layanan Identitas Digital Tingkatkan Inklusi Keuangan

Perusahaan penyedia identitas digital terverifikasi seperti PT Indonesia Digital Identity (VIDA) dapat ikut memberi andil dengan berinovasi untuk membantu OJK dalam melakukan pengawasan dan memperkuat rasa percaya publik terhadap keuangan digital.

Oct 25, 2022

Identitas Digital Dinilai Bisa Meminimalisir Resiko Kejahatan Siber

Founder dan Group CEO VIDA Niki Luhur mengatakan, identitas digital bisa meminimalisir risiko kejahatan siber.

Oct 25, 2022

Identitas Digital Dinilai Bisa Berikan Kemudahan Akses Finansial Digital UMKM

Gugus Tugas Digitalisasi B20 Indonesia yang diwakili oleh Founder dan Group CEO VIDA, Niki Luhur, menjelaskan, dalam menghadirkan sistem identitas digital yang tangguh dengan manajemennya yang bertanggung jawab, para pemain industri seperti VIDA memahami pentingnya penerapan standar global dan praktik terbaik di industri bahkan hingga melampaui standar kepatuhan atau beyond compliance.

Oct 25, 2022

Pentingnya Identitas Digital untuk UMKM dan Ekonomi Digital Indonesia

Gugus Tugas Digitalisasi B20 Indonesia yang diwakili oleh Founder dan Group CEO VIDA, Niki Luhur, menjelaskan, “Dalam menghadirkan sistem identitas digital yang tangguh dengan manajemennya yang bertanggung jawab, para pemain industri seperti VIDA memahami pentingnya penerapan standar global dan praktik terbaik di industri bahkan hingga melampaui standar kepatuhan atau beyond compliance".

Oct 25, 2022

Buka Rekening Bisa Online, Bank Harus Perkuat Keamanan Siber

Group Chief Executive Officer VIDA Niki Luhur mengingatkan pentingnya keamanan dalam sistem pembukaan rekening tabungan secara online. Sebab secara teknis potensi fraud bisa saja terjadi jika tingkat kemanan dari bank belum benar-benar ketat.

Jun 29, 2022

Pojok Identitas Digital

The latest news about digital identity

Jun 8, 2022

VIDA Received Series A Funding From Alpha JWC Ventures and Breyer Capital

Startup provider of digital identity services from Indonesia, VIDA, announced the closure of the series-A fundraising with an undisclosed amount.

Jun 6, 2022

Peek At VIDA Plan After They Close Their Series A Funding

Digital identity service provider VIDA announced the closure of its series-A fundraiser from leading investors in Indonesia, Southeast Asia and the world.

Jun 6, 2022

Indonesia’s Vida Raises Series A Round, Appoints New Advisors

A startup providing identity verification services, PT Indonesia Digital Identity (Vida), pocketed Series A funding with an unpublished value. A number of participating investors include Alpha JWC Ventures, DST Global Partners, Breyer Capital, Future Shape, AC Ventures, and Endeavor Catalyst.

Jun 6, 2022

Recieve Series A investation, Strengthen Digital Identity Security

VIDA, a digital identity service provider, announced the closure of its series A fundraising campaign from investors in Indonesia, Southeast Asia and the world. Some of the participating investors are Alpha JWC Ventures, DST Global Partners, Breyer Capital, Future Shape, AC Ventures, and Endeavor Catalyst.

Apr 28, 2022

Pencurian Data Kembali Marak, Vida beri Resep Jaga Keamanan Data

Bersamaan dengan memperingati Hari Konsumen Nasional, CEO dan Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto, mengungkap bahwa membangun kepercayaan antar platform dan pengguna itu penting.

Apr 27, 2022

Kiat Jaga Keamanan Data Pribadi Ala VIDA

CEO dan Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto membagikan kiat untuk menjaga keamanan data pribadi bagi pengguna dan platform digital.

Apr 27, 2022

Selalu Ingat, Aturan Dasar Menjaga Data Pribadi

CEO dan Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto menjelaskan, dalam dunia daring, VIDA percaya, trust adalah aspek paling krusial.

Apr 27, 2022

Waspada Kejahatan Siber, VIDA Tekankan Pentingnya Digital Trust Dalam Transaksi Online

Transformasi digital dan industri fintech terus berkembang beberapa tahun ini, namun diikuti juga kewaspadaan akan ancaman kejahatan siber. Tak hanya hadirnya oknum-oknum yang menyalahgunakan animo masyarakat menggunakan fintech maupun investasi, namun juga pencurian data dari aplikasi yang baru-baru ini terjadi.

Feb 17, 2022

VIDA dan DocuSign Berkolaborasi Sediakan Tanda Tangan Elektronik

PT Indonesia Digital Identity (VIDA), Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) atau Certification Authority (CA) yang berinduk di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, bersama penyedia layanan Tanda Tangan Elektronik (TTE) DocuSign, resmi mengumumkan kemitraannya.

Feb 17, 2022

VIDA-DocuSign kuatkan layanan tanda tangan elektronik di Tanah Air

Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) di Indonesia, VIDA, menjalin kolaborasi bersama PSrE internasional Docusign untuk menguatkan tanda tangan elektronik bagi masyarakat hingga perusahaan di Tanah Air.

Feb 16, 2022

Tanda Tangan Elektronik VIDA Kini Terintegrasi dengan DocuSign

VIDA mengumumkan kerja sama dengan penyedia layanan tanda tangan elektronik global DocuSign. Kemitraan ini memberikan pilihan bagi pengguna tanda tangan elektronik DocuSign di Indonesia untuk menandatangani dokumen dengan verifikasi identitas online yang aman dan berkekuatan hukum.

Feb 16, 2022

VIDA Jalin Kerja Sama dengan DocuSign

PT Indonesia Digital Identity (VIDA), penyelenggara sertifikasi elektronik (PSE), atau certification authority (CA), bersama penyedia layanan tanda tangan elektronik (TTE) global DocuSign, resmi mengumumkan kemitraannya.

Jan 28, 2022

VIDA Jamin Keamanan Identitas Digital

Dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap berbagai sektor digital, keamanan digital menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Co-Founder dan CEO VIDA, Sati Rasuanto menjelaskan kepercayaan digital (digital trust) adalah hal yang fundamental bagi pelaku bisnis digital.

Dec 28, 2021

AFTECH sebut pentingnya kepercayaan digital bagi pelaku bisnis digital

Deputi Secretary General IV & Head of The Personal Data Protection Task Force Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) serta Co-Founder dan CEO VIDA Sati Rasuanto mengatakan kepercayaan digital (digital trust) merupakan hal yang fundamental bagi pelaku bisnis digital.

Dec 27, 2021

Tanpa Pelindungan Data Pribadi, Industri Digital Tak Akan Tumbuh

Founder dan CEO VIDA, Sati Rasuanto mengatakan pelindungan data pribadi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan industri digital. Ia bahkan mengatakan bahwa tanpa kepercayaan digital maka industri tidak akan tumbuh.

Dec 27, 2021

Perlindungan Data Pribadi Jadi Kunci Pertumbuhan Digitalisasi RI

Co Founder dan CEO Indonesia Digital Identity (VIDA), Sati Rasuanto mengatakan perlindungan data pribadi dan kepercayaan digital atau digital trust merupakan hal paling mendasar bagi pertumbuhan bisnis digital.

Dec 27, 2021

VIDA Tekan Kejahatan Siber Lewat Pengamanan Identitas Digital

Co-Founder dan CEO VIDA Sati Rasuanto beralasan pencurian identitas merupakan pintu masuk bagi kejahatan siber lainnya seperti pencurian data, transaksi ilegal, penyanderaan digital, hingga pemalsuan dokumen.

Nov 30, 2021

Aftech launches data protection ethics code highlighting user consent

Aftech data protection task force head Sati Rasuanto said the code obliged tech companies to ensure the safety and confidentiality of users’ data. Mechanisms for handling violations or abuse, data deletion or renewal, and requests from government agencies were also included in the code.

Nov 23, 2021

Lewat Tanda Tangan Digital, 91 Persen Orang sebut Kerja Jadi Lebih Efisien

Founder dan Group CEO VIDA, Niki Luhur mengatakan, tren penggunaan tanda tangan digital terus meningkat dengan pergeseran dunia kerja yang menjadi serba digital. Mengutip dari riset Adobe menunjukan bahwa saat ini pekerja memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap teknologi untuk pekerjaan yang lebih efisien dan efektif.

Nov 22, 2021

VIDA: Identitas Digital yang Aman Makin Dibutuhkan di Dunia Kerja

Tren pemakaian tanda tangan digital makin meningkat dalam pergeseran dunia kerja yang menjadi serba digital. VIDA menjadi salah satu Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang hadir menjawab kebutuhan.

Nov 22, 2021

Tren Digital Terus Meningkat, VIDA Hadirkan PSrE Aman dan Mudah

Tren penggunaan tanda tangan digital terus meningkat dengan pergeseran dunia kerja yang menjadi serba digital. VIDA, salah satu Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) siap menjawab kebutuhan ini melalui tanda tangan elektronik bersertifikat yang aman, mudah digunakan, dan mengikat secara hukum.

Nov 21, 2021

Chief Executive Officer VIDA, Sati Rasuanto: Kesuksesan Pada Rasa Percaya

Bisnis identitas digital, seperti tanda tangan digital, relatif baru dikenal di Indonesia daripada sektor lain. Padahal nilanya sangat besar. Berdasarkan data dari Statista, potensi pasar dari identitas digital secara global akan tumbuh dari US$ 23,3 miliar (sekitar Rp 331 triliun) pada 2020 menjadi US$ 49,5 miliar (sekitar Rp 704 triliun) pada 2026.

Nov 21, 2021

Dorong Identitas Digital Aman, VIDA Tekankan Keamanan Tanda Tangan Elektronik Bersama Adobe & Microsoft

Dengan berkurangnya tatap muka secara fisik selama pandemi COVID-19 berlangsung, budaya kerja juga harus berubah agar bisa tetap berlangsung. Cara awal untuk melakukan proses ‘peresmian’ dokumen dengan tanda tangan juga dialihkan dalam bentuk digital, yang tentunya tak boleh sembarangan.

Nov 20, 2021

Aman dan Praktis, Tren Tanda Tangan Elektronik Makin Meningkat

Tren tanda tangan elektronik mulai berkembang di Indonesia. Selain praktis, tanda tangan elektronik juga dianggap lebih aman, hemat dan juga legal. Melihat pertumbuhan digital yang semakin meningkat beberapa tahun terakhir serta tren kerja jarak jauh yang masih diterapkan, tren penggunaan tanda tangan elektronik menunjukkan pertumbuhan yang meningkat.

Nov 19, 2021

VIDA Jamin Tanda Tangan Elektronik Aman Digunakan di Adobe dan Microsoft

salah satu pionir Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) di Indonesia bersama Adobe dan Microsoft mengadakan diskusi virtual berjudul, “Leveraging Legally Binding Digital Signatures to Optimize Secure Remote Onboarding and Automated Document Workflows.”

Nov 19, 2021

VIDA Dorong Perubahan Budaya Kerja Lewat Identitas Digital yang Aman

Pandemi COVID-19 telah mengubah budaya kerja kita, termasuk cara kita dalam menangani dan mengesahkan dokumen. Penggunaan tanda tangan elektronik pun meningkat walau interaksi tatap mulai kembali. Tanda tangan elektronik dianggap lebih aman, praktis, hemat dan legal sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Nov 18, 2021

Tandatangan Digital Mendorong Produktivitas Perusahaan

Penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) meningkat selama pandemi. Selain praktis, TTE dianggap lebih aman, hemat, dan legal. VIDA, penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) adalah salah satu yang telah memiliki lisensi di bawah Kominfo untuk penerbitan sertifikat eletronik, juga mendukung transisi digital ini.

Nov 17, 2021

Bisnis Startup Garap Kelola Tanda Tangan Elektronik Terhubung Dukcapil

Tanda tangan elektronik kian digandrungi sebagian masyarakat di era digital. Kini ada perusahaan rintisan yang bekerja khusus sebagai pengelola tanda tangan elektronik yang terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), yaitu VIDA.

Nov 8, 2021

Optimalisasi Perlindungan Data Diri Jadi Kunci Mengembalikan Kepercayaan Masyarakat kepada Fintech

Komitmen untuk memberantas fintech ilegal terus disuarakan pemerintah, asosiasi dunia usaha, serta pelaku industri fintech.

Nov 6, 2021

Identitas Digital yang Aman Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Fintech

Dunia usaha, pelaku industri fintech, dan pemerintah saat ini tengah gencar-gencarnya memberantas platform financial technology (fintech) ilegal.

Nov 5, 2021

Upaya VIDA dan ICSF Dalam Melindungi Privasi dan Keamanan Data Pengguna

Komitmen VIDA dan ICSF untuk memberantas pelaku penyalahgunaan data pribadi masyarakat. Hal ini diikuti upaya meningkatkan edukasi bagi masyarakat untuk mengenali Fintech Peer to Peer Lending (P2PL)

Nov 5, 2021

PSE Dituntut Bertanggung Jawab dan Kompeten Jaga Data Pengguna

Kasus kebocoran data dalam beberapa tahun terakhir terjadi di Indonesia. Agar tak terulang, penyelenggara sistem elektronik (PSE) dituntut lebih bertanggung jawab dan meningkatkan kompetensinya dalam menjaga keamanan data penggunnya.

Nov 4, 2021

Penyelenggara Fintech Harus Keamanan identitas digital tingkatkan kepercayaan pada tekfin

Deputy Secretary General IV & Head of Personal Data Protection Task Force Indonesian Fintech Association (AFTECH) Sati Rasuanto mengatakan identitas digital yang aman dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap tekgfin (fintech) dan optimisme terhadap ekonomi digital nasional

Nov 3, 2021

Pencurian Data Rawan Terjadi saat Tanda Tangan Digital Naik 350%

Aktivitas tanda tangan digital rentan pencurian data, karena menyimpan data berharga, seperti perjanjian kerja sama hingga persetujuan pinjaman.

Oct 26, 2021

Serba-serbi tanda tangan elektronik yang sah dan berkekuatan hukum

Seiring bergesernya gaya hidup digital dan pandemi, tanda tangan elektronik (TTE) kian menjadi alternatif yang populer dan makin umum digunakan dalam penanganan dan otorisasi dokumen.

Oct 25, 2021

Mengenal Seluk-beluk Tanda Tangan Elektronik, Pahami Manfaatnya Agar Tidak Salah Kaprah

Tanda tangan elektronik (TTE) kini makin populer digunakan masyarakat untuk kebutuhan otentifikasi dokumen-dokumen digital.

Sep 12, 2021

VIDA Raih Pendanaan Pra-Seri A dari Jungle Ventures, Alpha JWC Ventures, dan Monk’S Hills Ventures

PT Indonesia Digital Identity (VIDA) mengumumkan pendanaan pra-seri A dari investor terkemuka yang dipimpin oleh Jungle Ventures, Alpha JWC Ventures, dan Monk’s Hill Ventures.

Sep 12, 2021

Monk’s Hill, Alpha JWC, Jungle Investasi di Startup Autentikasi Digital VIDA

Startup penyedia layanan verifikasi identitas, PT Indonesia Digital Identity (Vida), meraih pendanaan dengan jumlah yang tidak dipublikasikan dari Jungle Ventures, Alpha JWC Ventures, dan Monk’s Hill Ventures.

Sep 12, 2021

VIDA Kantongi Pendanaan Pra-Seri A, Fokus Perluas Ekosistem Indentitas Digital

VIDA, platform pengembang solusi verifikasi identitas, tanda tangan elektronik, dan kredensial digital mengumumkan perolehan pendanaan pra-seri A dari investor yang dipimpin oleh Jungle Ventures, Alpha JWC Ventures, dan Monk's Hill Ventures. Tidak disebutkan nominal dana yang diberikan.

May 27, 2021

Kemenkop UKM Gandeng Grab dan VIDA Dorong 200.000 UMKM Masuk ke Digital

Kementerian Koperasi dan UKM meresmikan kerjasama dengan Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) sebagai perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), untuk mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat dan terjangkau bagi pelaku UMKM.

May 27, 2021

Dorong Digitalisasi UMKM, Kemenkop Gandeng Grab dan VIDA

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) meresmikan kerja sama dengan Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA).

May 27, 2021

KemenkopUKM Terus Dorong Digitalisasi UMKM

Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) untuk mendorong digitalisasi dan mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat, dan terjangkau bagi pelaku UMKM.

May 27, 2021

Grab Akan Terima 200 Ribu UMKM Binaan Kementerian Koperasi dan UKM Jadi Mitra

Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) untuk mendorong digitalisasi dan mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat, dan terjangkau bagi pelaku UMKM.

May 26, 2021

KemenkopUKM gandeng Grab dan VIDA dorong digitalisasi UMKM

Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) untuk mendorong digitalisasi dan mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat dan terjangkau bagi pelaku UMKM.