Skip to content
verifikasi identitas

Feb 21, 2024

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado

Selama 16 tahun, usaha Bu Lilis bernama Rumah Kado hanya berputar di tempat tanpa membawa perubahan yang diharapkan. Namun dengan teknologi digital, usaha itu kian berkembang.

Siapa sangka, di balik kesederhanaannya sebagai ibu rumah tangga, Bu Lilis menyimpan kekuatan luar biasa untuk mengangkat ekonomi keluarganya. Rumah Kado, sebuah toko serba ada yang menjual barang-barang untuk kado, adalah perwujudan usaha untuk memperbaiki hidupnya. 

Terlahir dari keluarga yang secara ekonomi kurang beruntung, Bu Lilis tidak serta-merta berpasrah pada keadaan. Pada tahun 2005, ia memulai usahanya yaitu membuka toko mainan. Tak langsung mulus, toko ini kerap berganti-ganti jenis barang dagangan sampai akhirnya diputuskan menjadi toko yang menjual barang-barang untuk kado. 

Selama 16 tahun, Rumah Kado berjalan di tempat. Tak ada perubahan berarti pada toko kecil tersebut. Bu Lilis memerlukan tambahan modal untuk mengembangkan toko. Kesadaran tentang potensi teknologi digital dalam pengembangan usaha muncul saat ia berdialog dengan pengusaha lain. Bu Lilis sadar bahwa teknologi digital dapat membantunya mengembangkan Rumah Kado. Solusi permodalan, kemudahan pembukuan, dan layanan administratif lainnya tersedia melalui teknologi digital yang diperkuat dengan verifikasi identitas yang jelas. 

Ketika situasi global berubah, pelaku usaha pun harus akrab dengan teknologi. Prinsip inilah yang juga dipegang oleh Bu Lilis untuk mulai mencari tahu tentang solusi permodalan. Ia kemudian menemukan BukuWarung, sebuah aplikasi yang membantu digitalisasi UMKM. BukuWarung menerapkan verifikasi digital dari VIDA untuk mempercepat proses pendaftaran pada aplikasinya. 

Ketika hendak mengakses permodalan dari BukuWarung, hambatan yang seringkali ditemui adalah proses verifikasi yang lama dan berbelit. Namun berkat verifikasi dari VIDA yang tersemat dalam sistem BukuWarung, proses tersebut bisa lebih cepat. Oleh karena itu, verifikasi yang cepat dan tanpa hambatan adalah kunci kelancaran digitalisasi bisnis Rumah Kado. 

“Saya tidak perlu repot-repot membuat janji bertemu dengan orang untuk tanda tangan dokumen,” ujar Bu Lilis. 

Identitas digital yang terverifikasi menjamin keamanan dan kenyamanan dalam transaksi. Bu Lilis pun merasa tenang menggunakan BukuWarung dan verifikasi identitas dari VIDA untuk usahanya. 

Dengan pemanfaatan teknologi ini, Rumah Kado mengalami lonjakan pertumbuhan. Kisah inspiratif Bu Lilis menunjukkan bagaimana akses permodalan yang dipermudah dengan cepatnya verifikasi identitas pelaku usaha dapat membawa perubahan positif. 

Berikut kisah inspirasi Bu Lilis: 

 

Belajar dari Bu Lilis dan Rumah Kado, berikut sejumlah tips transformasi bisnis digital yang bisa diterapkan:

  • Adopsi Digital Identity: Manfaatkan sistem identitas digital untuk mempermudah verifikasi dan keamanan data. Dengan identitas digital yang terverifikasi, proses bisnis dapat menjadi lebih efisien dan terjamin keamanannya.
  • Gunakan Tanda Tangan Digital: Tanda tangan digital tidak hanya mempercepat proses transaksi, tetapi juga meningkatkan keamanan, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi usaha. 
  • Pemanfaatan Digital Marketing: Manfaatkan platform dan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar seperti SEO, media sosial, dan content marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial.
  • Pelajari dan Terapkan Transformasi Digital: Edukasi diri sendiri dan karyawan tentang berbagai teknologi terbaru dalam bisnis. 

Rumah Kado adalah bukti bahwa inovasi dan adopsi teknologi dapat mengatasi berbagai hambatan usaha. Digabungkan dengan keuletan seperti yang ditunjukkan Bu Lilis, bisnis kecil dan menengah dapat mencapai kesuksesan yang diimpikan.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

When It Becomes a Threat, Does Deepfake Still Remain Entertainment?
deepfake

When It Becomes a Threat, Does Deepfake Still Remain Entertainment?

While deepfake innovation provides benefits, it is also important to set boundaries to prevent deepfake from becoming a source of crime.

April 23, 2024

Deepfake Isn't Just Fun Face Swap Games
deepfake

Deepfake Isn't Just Fun Face Swap Games

Deepfake, due to their striking similarity to reality, are increasingly being exploited for fraudulent purposes, from deceiving on social m...

April 22, 2024

Deepfake: A Double-Edged Sword for Digital Consumers and Businesses
deepfake

Deepfake: A Double-Edged Sword for Digital Consumers and Businesses

Deepfake technology is like a double-edged sword. On one hand, deepfake offers great potential in the creative industry. On the other hand,...

April 20, 2024