Skip to content
tanda tangan digital

Feb 16, 2021

Era Baru Melakukan Tanda Tangan: Pakai Tanda Tangan Digital

Tanda tangan digital selain tidak menyulitkan, juga sangat praktis dan efisien.

Tanda tangan digital selain tidak menyulitkan, juga sangat praktis dan efisien.

Masyarakat yang hidup dengan teknologi digital terus menerus mendapatkan peningkatan kualitas hidup. Berbagai inovasi dan teknologi bermunculan untuk menciptakan hidup yang lebih praktis, instan dan aman. Seperti jika dahulu Anda hanya mengenal tanda tangan basah dalam bentuk kursif sekarang, tren baru muncul yakni melakukan tanda tangan dengan menggunakan tanda tangan digital.

 

Tren kemunculan tanda tangan digital sebenarnya telah dikenal di dunia sejak tahun 2000an namun teknologi terus mengembangkan metode ini sehingga semakin siap untuk digunakan. Di Indonesia sendiri tanda tangan digital semakin populer akibat terjadi pandemi virus corona yang mengakibatkan masyarakat tidak bisa melakukan kontak fisik dan tatap muka ketika membuat persetujuan. Akibatnya, tanda tangan digital dipilih sebagai solusi.

 

Tanda tangan digital merupakan sebuah tren gaya baru yang diprediksi akan semakin jamak digunakan di masa depan. Tanda tangan digital selain tidak menyulitkan, metode ini sangat praktis dan efisien. Selain itu meski praktis dan efisien, aspek keamanan tetap menjadi prioritas utama. Sehingga tanda tangan digital bisa disebut sebagai metode tanda tangan baru yang lebih aman dibandingkan cara konvensional yakni dengan tanda tangan basah kursif.

 

Tanda tangan basah menyulitkan

Coba bayangkan bagaimana Anda harus mempersiapkan sebuah dokumen persetujuan jika dengan metode konvensional.

 

Anda perlu membuat dokumennya, lalu Anda perlu untuk mencetaknya, selanjutnya Anda perlu untuk melakukan tanda tangan. Setelah itu Anda perlu untuk pergi dan bertemu dengan partner bisnis, klien, pihak berwenang, atau siapapun yang berkepentingan untuk menandatangani dokumen. Hitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan itu semua. Apalagi, sebelum melakukan pertemuan dengan penandatangan Anda harus mengatur waktu perjanjian kapan pertemuan bisa dilakukan.

 

Untuk menyelesaikan kesepakatan dengan cara konvesional, Anda harus banyak memikirkan cara untuk mengamankan dokumen dari kerusakan. Risiko hilang ataupun tidak terawat dengan baik juga menjadi masalah yang mungkin bisa terjadi dikemudian hari. Apalagi, Anda juga perlu untuk memikirkan sebuah ruang khusus untuk menyimpan begitu banyak dokumen kesepakatan lainnya.

 

Lihat bagaimana tanda tangan basah memiliki banyak konsekuensi yang akan membuat Anda merasa kewalahan dan menghabiskan banyak energi.

 

Tanda tangan digital yang begitu mudah digunakan

Lalu sekarang, bandingkan jika Anda menggunakan tanda tangan digital pada dokumen digital. Anda perlu untuk menyiapkan dokumen dalam bentuk PDF. Dokumen PDF ini umumnya dapat dibuka menggunakan Adobe Acrobat Reader yang memungkinkan Anda untuk melakukan tanda tangan digital tersertifikasi.

 

Dari Adobe Acrobat Reader, Anda kemudian bisa menggunakan aplikasi tanda tangan digital seperti VIDA Sign. Anda hanya perlu membuka dokumen melalui ponsel lalu menempatkan tanda tangan digital sesuai dengan tempat yang ada. Tanda tangan digital ini akan mencatat berbagai data yang akan menjamin bahwa tanda tangan dilakukan oleh orang yang berwenang.

 

Usai tanda tangan digital digunakan, dokumen hanya perlu dikirimkan melalui internet. Bisa menggunakan email dan media sosial. Perhatikan berapa banyak langkah yang harus diselesaikan oleh tanda tangan digital, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan cara konvensional. Selain itu, proses penandatanganan dokumen bisa dilakukan secara instant dan praktis.

 

Tanda tangan bisa dilakukan di kendaraan, di perjalanan hanya dengan bermodal ponsel Android, iOS atau Windows dan Mac. Dengan cara ini tanda tangan digital begitu memudahkan penandatangan. Selain itu untuk melakukan tanda tangan lebih dari satu orang juga bisa dilakukan secara mudah. Karena tidak memerlukan pertemuan yang rumit dan melelahkan.

 

Fitur-fitur yang dimiliki tanda tangan digital, dan manfaat yang bisa dirasakan untuk berbagai keperluan mungkin akan membuat Anda mulai memandang tanda tangan basah adalah masa lalu dan melihat masa depan dengan tanda tangan digital. Karena tanda tangan digital bisa menjadi sebuah gaya baru dalam melakukan tanda tangan digital.

 

Cara-cara mudah yang ditawarkan oleh tanda tangan digital akan menjadi sebuah cara yang umum dilakukan saat ini. Oleh karena itu, VIDA mengucapkan, selamat datang di era yang baru: era tanda tangan digital yang mudah, praktis dan aman. Era baru tanda tangan yang akan membuat bisnis Anda semakin dipercaya dan memiliki performa yang optimal.

 
 

Baca juga: Membandingkan Keunggulan Tanda Tangan Digital Dengan Tanda Tangan Basah

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Uploading Selfies is the First Step to Becoming a Deepfake Victim
deepfake

Uploading Selfies is the First Step to Becoming a Deepfake Victim

Do you enjoy uploading selfies to the internet? Be cautious, as that's the first step in creating a deepfake.

April 16, 2024

Behind the Scenes of Deepfake: How Advanced AI Fools the World
deepfake

Behind the Scenes of Deepfake: How Advanced AI Fools the World

With advancements in artificial intelligence (AI), creating hyper-realistic videos and audios that can fool the human eye and ear is now po...

April 16, 2024

Deepfake Technology: From Changing Movie Characters to Destroying Companies
deepfake

Deepfake Technology: From Changing Movie Characters to Destroying Companies

What are the challenges and limitations of deepfake? Does it violate ethics? Here are some points to consider.

April 16, 2024