Skip to content
business

Mar 02, 2021

Manfaat Tanda Tangan Digital untuk Perusahaan Asuransi

Tanda tangan digital bagi perusahaan asuransi akan memberikan pengaruh pada produktivitas karyawan.

Tanda tangan elektronik bagi perusahaan asuransi akan memberikan pengaruh pada produktivitas karyawan.

Perusahaan asuransi adalah salah satu jenis perusahaan yang cukup banyak berurusan dengan pengurusan dokumen. Oleh karena itu, kebijakan yang dibuat perusahaan pun haruslah mencakup semua kebutuhan nasabah maupun calon nasabah berkaitan dengan verifikasi dokumen.

 

Dalam hal ini perusahaan perlu memiliki inovasi dalam penanganan dokumen yang lebih baik. Salah satunya pada proses penandatanganan berkas dokumen penting dengan menggunakan tanda tangan digital. Apa itu tanda tangan digital dan apa saja manfaat tanda tangan digital bagi perusahaan asuransi? Berikut yang perlu Anda ketahui.

 

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Tanda tangan digital merupakan teknologi tanda tangan yang dapat digunakan pada dokumen digital. Tanda tangan digital menjamin bahwa persetujuan dilakukan secara valid oleh pihak yang bersangkutan.

 

Tanda tangan digital bagi perusahaan asuransi akan memberikan pengaruh pada produktivitas karyawan. Terutama saat karyawan harus meneliti dokumen nasabah. Pada fase ini karyawan perusahaan asuransi dapat menghabiskan waktunya hingga 60% hanya untuk memeriksa berkas dan dokumen sebab, karyawan dituntut untuk jeli mengenal nasabah.

 

Terkait dengan tanda tangan nasabah, karyawan juga perlu mengecek keabsahannya untuk menghindari penyalahgunaan dokumen seperti pada saat proses klaim. Menggunakan cara konvensional yakni dengan tanda tangan basah membuat karyawan harus ekstra jeli untuk memeriksa validitasnya. Namun cara ini melelahkan dan memiliki tingkat eror yang tinggi.

 

Dari masalah ini, keberadaan tanda tangan digital menjadi penting karena pemeriksaan dokumen dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Karyawan hanya perlu mencocokkan kode enkripsi tanda tangan digital yang dimiliki seorang nasabah pada dokumen digital apakah valid atau tidak. Sehingga, kerja karyawan pun menjadi lebih akurat dan performanya meningkat dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para nasabah.

 

Mempercepat Penandatanganan Dokumen

Keunggulan tanda tangan digital berikutnya pada perusahaan asuransi adalah mempercepat proses penandatanganan dokumen. Selama ini, beberapa perusahaan asuransi harus mengalokasikan sebagian besar waktunya untuk pengurusan berkas.

 

Tidak hanya itu, nasabah juga tetap harus mendatangi kantor perusahaan terlebih dahulu untuk melakukan tanda tangan. Padahal jika Anda sebagai nasabah menggunakan tanda tangan digital, Anda dapat melakukan penandatanganan dokumen di mana saja dan kapan saja bahkan hanya dalam hitungan menit.

 

Proses tanda tangan yang cepat akan memudahkan baik perusahaan maupun nasabah. Misalnya ketika terdapat perubahan kebijakan, pengajuan klaim dan lain sebagainya pihak perusahaan dan nasabah tidak perlu menunggu proses cetak, pertemuan dan melakukan kesepakatan. Dengan tanda tangan digital prosesnya menjadi lebih singkat dan instan.

 

Menciptakan Pengalaman Nasabah yang Lebih Baik

Salah satu kunci dari kepuasan nasabah adalah bagaimana mereka mendapatkan pelayanan terbaik dari perusahaan asuransi seperti pada saat penandatanganan dokumen klaim yang cepat. Hal ini akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi nasabah dan memandang perusahaan sebagai pihak yang profesional.

 

Tanda tangan digital yang mampu mempercepat proses layanan akan membuat nasabah mendapatkan pengalaman lebih baik jika dibanding dengan perusahaan asuransi lain. Bukan tidak mustahil jika nasabah merasa puas, nasabah akan menyampaikan testimoni terbaiknya kepada orang lain. Secara tidak langsung ketika citra perusahan meningkat, akan membuat calon nasabah lainnya tidak akan ragu memilih perusahaan asuransi Anda.

 

Tanda Tangan Digital Meminimalisir Kesalahan

Kesalahan verifikasi tanda tangan dan identitas dalam pelayanan perusahaan asuransi akan merusak kredibilitas. Dampaknya adalah perusahaan bisa mengalami kerugian secara finansial sekaligus mengurangi tingkat kepercayaan nasabah.

 

Proses perbaikan atau perubahan data yang lama bisa menciptakan pengalaman buruk bagi nasabah. Sebab nasabah harus mengubah datanya di kantor cabang dan hal itu akan menghabiskan waktu dan menambah biaya. Hadirnya tanda tangan digital dapat menjadi solusi untuk meminimalisir kesalahan dengan cepat karena telah terintegrasi dengan sistem verifikasi informasi digital milik perusahaan.

 

Tanda Tangan Digital Memangkas Biaya

Manfaat tanda tangan digital yang terakhir bagi perusahaan asuransi adalah tanda tangan digital dapat memangkas biaya pelayanan dengan baik. Berdasarkan survey setidaknya, biaya untuk satu dokumen dan berbagai perlengkapannya membutuhkan biaya sekitar US$20. Kemudian, hasil survey dari American Century juga menyebutkan bahwa perusahaan dapat menghemat biaya pengeluaran hingga 90% ketika menerapkan pemberkasan dokumen secara online.

 

Efisiensi biaya juga bisa didapat dari penandatanganan berkas dokumen. Perusahaan asuransi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk kertas, tinta, ataupun mesin cetak karena seluruh dokumen diproses secara digital.

 

Dari ulasan di atas dapat Anda bisa ketahui bahwa tanda tangan digital dapat memberikan berbagai manfaat pada perusahaan asuransi. Bila Anda berencana mulai menggunakan tanda tangan digital, Anda bisa memilih layanan penyedia tanda tangan digital yang telah tersertifikasi oleh lembaga resmi pemerintah untuk kenyamanan dan keamanan nasabah dan reputasi perusahaan asuransi.

 
 

Baca juga: Era Baru Melakukan Tanda Tangan: Pakai Tanda Tangan Digital

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

From Bank Accounts to Dating, You Can Suffer Losses Because of Deepfake
deepfake

From Bank Accounts to Dating, You Can Suffer Losses Because of Deepfake

Because deepfake content closely resembles the original, it becomes a threat in our daily lives, ranging from bank account to online dating...

April 17, 2024

Uploading Selfies is the First Step to Becoming a Deepfake Victim
deepfake

Uploading Selfies is the First Step to Becoming a Deepfake Victim

Do you enjoy uploading selfies to the internet? Be cautious, as that's the first step in creating a deepfake.

April 16, 2024

Behind the Scenes of Deepfake: How Advanced AI Fools the World
deepfake

Behind the Scenes of Deepfake: How Advanced AI Fools the World

With advancements in artificial intelligence (AI), creating hyper-realistic videos and audios that can fool the human eye and ear is now po...

April 16, 2024