Skip to content
tanda tangan elektronik

Feb 13, 2024

10 Tips Jitu Kerja Cepat dan Produktif untuk Freelancer Industri Kreatif

Kerja sebagai freelancer industri kreatif minim waktu istirahat? Kata siapa? Pekerja lepas bisa punya waktu kerja yang terorganisir seperti pekerja kantoran, asal tahu caranya.

Kerja sebagai freelancer industri kreatif minim waktu istirahat? Kata siapa? Pekerja lepas bisa punya waktu kerja yang terorganisir seperti pekerja kantoran, asal tahu caranya. Berikut 10 tips jitu kerja cepat dan produktif untuk freelancer.  

  1. Punya To-Do List 

Mulailah dengan membuat daftar hal-hal yang harus dikerjakan. Kategorikan to-do list berdasarkan deadline dan jenis pekerjaan (administratif atau kreatif). Alokasikan jam-jam awal bekerja untuk fokus pada pekerjaan kreatif karena otak masih segar. Sementara di sisa hari, baru kerjakan hal lainnya, termasuk menghubungi klien. 

  1. Atur Ruang Kerja yang Nyaman

Freelancer juga butuh ruang kerja supaya lebi produktif. Atur ruang kerja yang nyaman dan bebas distraksi seolah-olah sedang bekerja di kantor. Pastikan juga meja kerja rapi dan semua peralatan kerja mudah dijangkau.  

  1. Buat Templat Dokumen 

Distraksi terbesar dalam bekerja kreatif adalah direpotkan dengan urusan administratif seperti mengurus invoice dan berita acara. Persiapkan dokumen tersebut dalam bentuk templat sehingga bisa dipakai kapanpun tanpa membuat dari awal. 

  1. Gunakan Alat Manajemen Kerja 

Jangan paksa otak untuk mengingat semua tugas. Alihkan semuanya pada alat manajemen kerja untuk memonitor pekerjaan dan meninjau hasilnya. Kini, sudah tersedia banyak aplikasi manajemen pekerjaan gratis yang bisa membantu melacak tugas-tugas yang sedang berjalan. 

  1. Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah teknik di mana seseorang bekerja fokus selama 25 menit dan istirahat 5 menit. Teknik ini terbukti dapat meningkatkan produktivitas dengan cara membantu menjaga konsentrasi dan mengurangi kelelahan. 

  1. Buat Tanda Tangan Online

Saat ini, pengiriman dokumen seperti kontrak atau invoice bisa dilakukan secara online. Hal ini membuat proses tanda tangan cukup memakan waktu. Buat tanda tangan online resmi di platform VIDA Sign sekaligus tempelkan e-meterai dan kirim dokumen dengan lebih aman. 

  1. Jangan Takut Mengatakan Tidak 

Umumnya, tugas-tugas yang diberikan klien pada freelancer sudah tercantum dalam kontrak. Sehingga, jangan terima banyak pekerjaan di luar yang sudah ditugaskan. Menolak pekerjaa tambahan terkadang perlu untuk menjaga kualitas pekerjaan. 

  1. Bangun Rutinitas 

Walaupun bisa bekerja kapan saja, di mana saja, freelancer juga butuh rutinitas layaknya pekerja kantoran agar pekerjaan tidak ditunda-tunda. Misalnya, berkomitmen untuk mengerjakan tugas dari jam 9 pagi sampai 12 siang, lalu beristirahat. Lanjutkan lagi di sore hari sampai maksimal jam 5 sore. 

  1. Networking 

Bergabung dengan komunitas freelancer atau grup industri kreatif online. Komunitas ini bisa menjadi sumber inspirasi, informasi, dan bahkan membuka peluang kerja baru. Jangan lupa buat tanda tangan online untuk jaga-jaga jika dibutuhkan. 

  1. Evaluasi Cara Bekerja 

Secara berkala, luangkan waktu untuk mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan. Identifikasi cara bekerja seperti apa yang membuahkan hasil dan hambatan yang biasanya memperlambat pekerjaan. 

Dengan menerapkan tips jitu di atas, freelancer tidak hanya meningkatkan produktivitas kerja tetapi juga kualitas hasil kerja. Terlebih, industri kreatif sangat mengedepankan keseimbangan kerja kreatif dan kerja cerdas. 

Buat tanda tangan online dengan mudah di VIDA Sign.

Banyak yang mengira buat tanda tangan online itu semudah membuatnya di aplikasi edit foto lalu menempelnya di dalam dokumen. Untuk beberapa urusan pekerjaan, mungkin cara itu diperbolehkan. Namun, tanda tangan online yang sah secara hukum adalah tanda tangan yang dibuat oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). 

PSrE adalah institusi yang berwenang mengeluarkan Sertifikat Elektronik berisi identitas pribadi. Hanya institusi PSrE saja yang memiliki kewenangan sebagai platform penyedia tanda tangan digital. 

VIDA Sign merupakan salah satu PSrE yang tidak hanya menyediakan platform tanda tangan digital, tetapi juga menyediakan e-meterai dan templat dokumen resmi. Jangan pusing di mana harus buat tanda tangan online, sebab VIDA Sign menyediakan ragam jenis tanda tangan, yakni: 

  • Sample Signatures 

Pilihan pertama adalah menggunakan tanda tangan dengan jenis huruf yang sudah disediakan. Cara buat tanda tangan online ini biasanya paling nyaman digunakan untuk pengguna tanpa harus membuatnya secara manual. 

  • Draw 

Jika pengguna lebih suka membuat tanda tangan online yang sesuai seperti tanda tangan basah mereka, maka pilih "Draw" untuk membuat tanda tangan secara manual. Dengan pilihan ini, pengguna dapat dengan mudah membuat tanda tangan mereka sendiri. 

  • Upload 

Bagi yang sudah memiliki tanda tangan dalam format digital, opsi "Upload" memungkinkan pengguna mengunggah tanda tangan mereka yang sudah dibuat sebelumnya. Cara buat tanda tangan online ini biasanya digunakan bagi pengguna yang tidak ingin mengubah dari tanda tangan basah mereka. 

Itu dia tips jitu kerja cepat dan produktif untuk freelancer. Alangkah baiknya freelancer untuk dapat fokus di kerja-kerja kreatif ketimbang administratif. Buat tanda tangan online juga sangat memudahkan proses administratif. Pakai VIDA Sign untuk mengoptimalkan kerja freelance Anda! 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024