Skip to content
tanda tangan elektronik

Feb 05, 2024

5 Templat Surat yang Harus Dimiliki Freelancer Bidang Kreatif

Pekerja lepas atau freelancer di bidang kreatif seringkali harus mengelola dokumen dan komunikasi profesional sendiri. Yuk, simak 5 templat surat yang harus dimiliki freelancer bidang kreatif, lengkap dengan penjelasannya masing-masing.

Pekerja lepas atau freelancer di bidang kreatif seringkali harus mengelola dokumen dan komunikasi profesional sendiri, mulai dari negosiasi kontrak hingga pengiriman hasil kerja. Terkadang, proses ini menyita waktu kerja freelancer, apalagi dalam urusan tanda tangan dan pengiriman dokumen. 

Yuk, simak 5 templat surat yang harus dimiliki freelancer bidang kreatif, lengkap dengan penjelasannya masing-masing. 

  1. Templat Surat Perjanjian Kerjasama (Contract Agreement)

Setiap freelancer membutuhkan template surat perjanjian kerjasama yang jelas dan komprehensif. Isinya mencakup ruang lingkup pekerjaan, jadwal pembayaran, hak cipta, dan ketentuan lain yang penting. Tanda tangan di akhir dokumen ini mengikat kedua belah pihak secara hukum, sehingga keamanan dan kejelasan hubungan kerja terjamin. 

  1. Templat Invoice untuk Pembayaran

Freelancer sering menghadapi tantangan dalam mendapatkan pembayaran tepat waktu. Templat ini harus mencakup informasi seperti detail kontak freelancer dan klien, deskripsi layanan yang diberikan, biaya, tanggal jatuh tempo pembayaran, dan metode pembayaran. Template invoice yang profesional dilengkapi dengan tanda tangan digital atau fisik, menunjukkan keaslian dokumen dan membangun kredibilitas freelancer di hadapan klien. 

  1. Templat Penawaran Layanan (Service Proposal)

Ketika mengajukan penawaran layanan kepada klien potensial, freelancer perlu menyertakan detail layanan yang ditawarkan, biaya, dan estimasi waktu pengerjaan. Jangan lupa membubuhkan tanda tangan di proposal ini untuk menegaskan keseriusan freelancer dalam memberikan layanan tersebut. Proposal ini juga berfungsi sebagai komitmen awal sebelum proses negosiasi lebih lanjut.

  1. Template Non-Disclosure Agreement (NDA)

Dalam projek yang melibatkan informasi sensitif atau rahasia, NDA menjadi sangat penting. Tanda tangan pada NDA menunjukkan kesepakatan untuk menjaga kerahasiaan informasi, sehingga memperkuat kepercayaan antara freelancer dan klien serta melindungi hak-hak intelektual.

  1. Template Permintaan Perubahan Lingkup Pekerjaan (Change Order Request)

Proyek kreatif seringkali berkembang atau berubah selama proses pengerjaan. Templat permintaan perubahan lingkup pekerjaan yang sudah ditandatangani baik oleh freelancer maupun klien memastikan bahwa kedua belah pihak menyetujui perubahan kondisi, termasuk penyesuaian biaya dan jadwal.

Ganti Tanda Tangan Manual dengan Tanda Tangan Digital

Salah satu elemen penting dalam setiap dokumen yang mereka kirimkan adalah tanda tangan. Tanda tangan tidak hanya berfungsi sebagai simbol persetujuan dan komitmen atas informasi yang disajikan dalam dokumen tetapi juga menambah tingkat keamanan dan keaslian. 

Tanda tangan memberi validasi hukum dan pribadi terhadap dokumen. Tidak hanya tanda tangan fisik, tanda tangan digital pun memiliki kekuatan hukum yang sama. Saat ini, tanda tangan digital semakin umum digunakan karena membuat proses dokumen lebih cepat, mudah, dan rapi. 

Tanda tangan digital tidak bisa dibuat sembarangan. Agar sebuah dokumen memiliki kekuatan hukum, tanda tangan digital harus dibuat pada platform yang tersertifikasi, contohnya VIDA Sign. 

VIDA Sign adalah Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang berinduk di bawah Kominfo. VIDA Sign adalah salah satu dari beberapa PSrE yang berwenang menerbitkan Sertifikat Elektronik untuk kemudian digunakan dalam tanda tangan digital. Sertifikat ini memuat identitas pribadi yang diambil dari KTP saat pengguna mendaftar VIDA Sign. Artinya, seluruh dokumen yang dikirim menggunakan tanda tangan yang dibuat di VIDA Sign sudah pasti sah dan aman dari pemalsuan. 

Bagi freelancer bidang kreatif, memiliki templat surat yang sudah siap pakai dan memahami pentingnya tanda tangan dalam setiap dokumen adalah langkah penting untuk memastikan alur kerja yang lancar, profesional, dan terlindungi secara hukum. Dengan mempersiapkan templat dan menggunakan tanda tangan digital, freelancer siap lebih produktif dan menerima lebih banyak proyek kreatif. 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024