Skip to content
HR

Jan 24, 2025

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Beserta Struktur Lengkapnya

Tahun baru identik dengan pekerjaan baru. Yuk, simak contoh surat lamaran kerja yang sesuai dengan beragam pekerjaan beserta dokumen yang dibutuhkan.

Contoh surat lamaran kerja

Adakah di antara kalian yang mengincar pekerjaan baru di tahun ini? Jika iya, mungkin kalian butuh tips untuk mendapatkan pekerjaan yang kalian idam-idamkan.

Salah satu hal penting yang harus kalian perhatikan dalam mencari pekerjaan adalah membuat surat lamaran kerja yang menarik perhatian HR perusahaan. Surat lamaran beserta CV yang berkualitas akan menjadi pertimbangan HR melirik kalian. Sayangnya, kebanyakan pelamar berpikir bahwa surat lamaran tidak perlu dibuat terlalu bagus, karena HR lebih mementingkan CV. Padahal, surat lamaran yang baik akan memberikan kesan yang baik pula tentang pelamar.

Artikel ini akan membantumu mengetahui cara membuat surat lamaran kerja, contoh surat lamaran kerja yang baik, dan tips mencari pekerjaan lainnya. Yuk, simak!

Pengertian dan Struktur Surat Lamaran Kerja

Apa, sih, sebenarnya surat lamaran kerja itu? Mengapa dokumen ini penting dilampirkan ketika melamar pekerjaan? Apa bedanya dengan surat kontrak kerja? Nah, surat lamaran ini penting karena merupakan surat pengantar yang memberikan gambaran singkat tentang dirimu. Gambaran yang dimaksud adalah minat, keterampilan, kualifikasi, dan motivasi melamar ke perusahaan tersebut.

Berikut struktur umum contoh surat lamaran kerja:

1. Kepala Surat

Nama perusahaan yang dituju. Bisa lebih baik jika melampirkan nama HR atau atasan yang bersangkutan.

2. Pembuka

Bagian ini memuat identitas pelamar kerja seperti nama pelamar, tempat tanggal lahir, nomor telepon dan email, serta pendidikan terakhir.

3. Isi Surat

Pada bagian ini, kamu harus merangkum isi CV kamu menjadi satu sampai dua paragraf saja. Jelaskan tentang pengalaman, minat, dan kualifikasi dalam narasi yang menarik. Semakin relevan isi bagian ini, semakin besar kemungkinan HR melirik CV-mu.

4. Lampiran

Bagian ini memuat dokumen pendukung yang dilampirkan seperti CV, lisensi atau sertifikat, portfolio, dan lainnya.

5. Paragraf Penutup

Tutup surat lamaran kerja dengan harapan untuk bisa ke tahap seleksi berikutnya. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas kesediaannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut contoh surat lamaran kerja sesuai posisi spesifik yang diinginkan:

  1. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

 

2. Surat Lamaran Kerja Senior Level
Screen Shot 2025-01-20 at 10.18.11

3.  Surat Lamaran Kerja Posisi Kreatif

Screen Shot 2025-01-20 at 10.19.47

 

4. Surat Lamaran Kerja Posisi Pemasaran

Screen Shot 2025-01-20 at 10.21.07

 

5. Surat Lamaran Kerja Posisi Keuangan

Screen Shot 2025-01-20 at 10.22.14

 

6. Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Sains dan Teknologi

Screen Shot 2025-01-20 at 10.23.52

 

7. Surat Lamaran untuk Posisi Kesehatan

Screen Shot 2025-01-20 at 10.25.07

 

Mau mendapatkan contoh surat lebih banyak lagi? Temukan di galeri template surat VIDA Sign!

Tips Surat Lamaran Kerja yang Lolos Seleksi

Penting untuk memastikan bahwa surat lamaranmu tidak hanya menarik tetapi juga memenuhi standar profesionalisme. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu surat lamaran kerja lolos seleksi:

1. Gunakan Bahasa yang Formal dan Profesional

Pastikan menggunakan bahasa yang formal, sopan, dan sesuai dengan ejaan. Sebab, bahasa dalam surat lamaran kerja mencerminkan kepribadian dan tingkat profesionalisme.

2. Sesuaikan Isi Surat dengan Posisi yang Dilamar

Hindari membuat contoh surat lamaran kerja yang terlalu umum dan tidak relevan dengan posisi yang dilamar. Sesuaikan isi surat dengan kebutuhan perusahaan dan posisi yang dilamar. Semakin relevan, semakin mudah HR system menemukan kecocokan dengan kebutuhan perusahaannya.

3. Buat Surat Lamaran Singkat dan Padat

Buat contoh surat lamaranmu dengan singkat dan efektif. Selain kepala surat dan pembuka, surat lamaran idealnya terdiri dari 3-4 paragraf dengan isi yang langsung pada intinya.

4. Lampirkan Dokumen Pendukung yang Lengkap

Pastikan semua dokumen pendukung yang diminta oleh perusahaan telah dilampirkan. Dokumen ini biasanya meliputi: Curriculum Vitae (CV). fotokopi ijazah dan transkrip nilai. sertifikat pendukung (misalnya pelatihan, seminar, atau keahlian khusus).

5. Berikan Informasi Kontak yang Jelas

Pada bagian pembuka yang memuat identitas pelamar, berikan informasi yang jelas dan bisa dihubungi, seperti nomor handphone dan email.

Dokumen Penting untuk Melamar Kerja

Selain contoh surat lamaran kerja, ada beberapa dokumen pendukung yang wajib disiapkan untuk melengkapi proses lamaran kerja. Berikut adalah daftar dokumen penting yang harus disiapkan:

1. Curriculum Vitae (CV)

CV (Curriculum Vitae) atau resume adalah dokumen penting yang merangkum informasi pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlianmu. CV menjadi referensi utama bagi perekrut untuk mengetahui dan menilai kualifikasimu. Sehingga, pastikan CV-mu memuat informasi terkini dan relevan, disusun rapi, dan dilengkapi kontak yang dapat dihubungi.

2. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai

Tidak semua perusahaan membutuhkan ijazah dan transkrip nilai. Namun, kamu tetap harus mempersiapkan dokumen ini untuk membuktikan latar belakang pendidikanmu. Pastikan foto ijazah dan transkrip nilai ini sudah dilegalisir.

3. Portofolio

Ada beberapa posisi pekerjaan yang membutuhkan portfolio seperti desainer grafis, fotografer, social media specialist, content writer, dan digital marketing. Portfolio berfungsi sebagai bukti kemampuanmu menghasilkan karya. Semakin relevan portfoliomu dengan kualifikasi yang dibutuhkan, semakin besar peluangmu untuk mendapat pekerjaan tersebut.

4. Sertifikat Pendukung

Jika kamu memiliki sertifikat pelatihan, seminar, atau keahlian tertentu (seperti kemampuan bahasa asing atau keahlian teknis), sertakan dalam lamaran kerjamu agar menjadi nilai tambah.

5. Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi dari atasan atau kolega sebelumnya dapat memperkuat kredibilitasmu. Minta dokumen ini pada HR perusahaanmu sebelumnya untuk kemudian diproses kepada atasanmu.

Simpan dokumen-dokumen di atas dalam format PDF agar bisa digunakan sewaktu-waktu. Supaya lebih aman dari pemalsuan, kamu bisa memberi tanda tangan digital pada dokumen tersebut.

Tanda tangan digital yang bisa melindungi dokumen bukan tanda tangan biasa. Tanda tangan ini memuat Sertifikat Elektronik yang terkonfigurasi dengan identitasmu. Jika ada seseorang yang mengubah isi dokumen, perubahan tersebut dapat diketahui.

Gunakan VIDA Sign sebagai platform tanda tangan digital terpercaya. VIDA Sign tersedia dalam versi desktop dan mobile untuk memudahkanmu menandatangani dokumen kapan saja, di mana saja.

Yuk, pakai VIDA Sign sekarang!

Latest Articles

Apa Itu Autentikasi dan Fungsinya Cegah Account Takeover
Authentication

Apa Itu Autentikasi dan Fungsinya Cegah Account Takeover

Autentikasi adalah proses yang krusial dalam mengamankan akun digital. Autentikasi juga penting dalam pencegahan account takeover. Berikut ...

Januari 26, 2025

Apa Itu OTP, Perbedaan dengan PIN, dan Modus Penipuannya
Authentication

Apa Itu OTP, Perbedaan dengan PIN, dan Modus Penipuannya

Jika kamu bertransaksi digital, kamu pasti tak asing dengan kode OTP melalui SMS dan WhatsApp. Sebenarnya apa definisi OTP dan samakah deng...

Januari 25, 2025

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Beserta Struktur Lengkapnya
HR

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru Beserta Struktur Lengkapnya

Tahun baru identik dengan pekerjaan baru. Yuk, simak contoh surat lamaran kerja yang sesuai dengan beragam pekerjaan beserta dokumen yang d...

Januari 24, 2025