Kegiatan bisnis dan administratif memerlukan meterai untuk legalisasi dokumen. Meterai menjadi barang penting yang tidak semua orang atau perusahaan memiliki stok memadai untuk setiap kebutuhan. Muncullah meterai elektronik atau e-meterai sebagai solusi. E-Meterai yang sah bukan berbentuk meterai yang di-print bersama dokumen. E-Meterai yang bisa dibeli dan digunakan secara digital telah diterbitkan secara resmi sejak tahun 2021. Mengapa urgensi penggunaan e-meterai semakin mendesak? Yuk, kita bahas!
- Pengarsipan Dokumen Secara Digital
Membuat dokumen saja sudah secara digital, kenapa harus repot-repot di-print hanya untuk menempelkan meterai? Beralih ke penggunaan e-meterai artinya konsisten dengan digitalisasi seluruh proses dokumen. Setelah dokumen memiliki e-Meterai dan tanda tangan digital, dokumen pun tinggal disimpan di penyimpanan digital seperti Google Drive atau Cloud lainnya. Sehingga pengarsipan pencarian dokumen lebih mudah dan mengurangi ruang penyimpanan fisik.
- Kemudahan Akses dan Distribusi
Berbeda dengan meterai fisik yang stoknya bisa habis, e-Meterai dapat diakses dan digunakan dari mana saja kapan saja, selama ada akses internet. Bagi pengguna dengan mobilitas tinggi atau berada di lokasi yang jauh dari lokasi membeli meterai fisik, e-Meterai sangat membantu dari segi kemudahan dan kecepatan. Pemrosesan dokumen pun dapat dilakukan tanpa usaha yang melelahkan. Produktivitas tercapai tanpa beban mental yang berlebihan.
- Kemudahan Pemantauan dan Audit
E-Meterai yang bisa diakses bersamaan dengan tanda tangan digital dilengkapi dengan fitur keamanan untuk mencegah pemalsuan dokumen. Pada VIDA App, pembubuhan e-Meterai dan tanda tangan digital dapat dilacak historisnya pada fitur Log Audit. Aspek yang dilacak yakni identitas penandatanganan dan waktu penandatangan. Hal ini sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memerlukan pencatatan audit untuk dokumen penting.
- Penyederhanaan Proses Administrasi
Seringkali dalam proses administrasi, follow up adalah hal yang paling melelahkan. Ketika waktu dan tenaga bisa dipakai untuk pekerjaan lain, kita malah tersita dengan follow up dokumen hanya karena pihak lain belum menandatanganinya akibat ketiadaan meterai. E-Meterai sudah terbukti telah menyederhanakan proses administrasi. Ini sangat berguna bagi pihak-pihak yang terlibat sehingga tak ada pergesekan emosi hanya karena terlambatnya proses administrasi.
- Persiapan Masa Depan Digital
Ketika keadaan global sudah beradaptasi dengan digital, jangan sampai perusahaan kita masih terjebak dalam cara-cara kerja manual. Perusahaan beradaptasi dengan teknologi bukan untuk gaya-gayaan, melainkan untuk berkompetisi dari segi produktivitas, profitabilitas, pengalaman konsumen, dan kepuasan karyawan. Sudah banyak kasus perusahaan yang berguguran karena tidak maksimal mengadopsi teknologi. Mulai dari yang paling sederhana yakni digitalisasi administrasi dengan e-Meterai, perusahaan akan memiliki titik start yang baik menuju masa depan digital.
Cara Membeli E-Meterai di VIDA App
VIDA menyediakan e-Meterai yang bisa diakses melalui aplikasi maupun website. Berikut cara membeli dan menggunakan e-Meterai di aplikasi VIDA
Cara membeli:
- Pastikan kamu sudah mengunduh dan mendaftar VIDA App
- Buka side menu, masuk ke “Pengaturan” dan pilih “Manajemen Tagihan”
- Anda akan menemukan menu “Saldo e-Meterai” dan tombol “+ isi ulang”
- Pilih “+isi ulang” untuk membeli e-Meterai. Anda akan diarahkan ke laman pembayaran.
Cara menggunakan:
- Setelah mengunggah dokumen baik melalui fitur dokumen scan maupun unggah dokumen, buka dokumen tersebut
- Pilih ikon “+” untuk menambahkan e-Meterai lalu atur posisi e-Meterai pada dokumen
Mudah, kan? Download VIDA App sekarang dan dapatkan gratis e-Meterai untuk pengguna baru.