Skip to content
cara membuat tanda tangan digital

Jan 30, 2024

Manfaat Tanda Tangan Digital untuk Keamanan Data Konsumen

Dalam era digital, keamanan data konsumen menjadi prioritas utama bagi perusahaan. Salah satu solusi yang semakin populer dan efektif adalah penggunaan tanda tangan digital. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat tanda tangan digital dalam meningkatkan keamanan data konsumen, sekaligus memberikan wawasan tentang cara membuat tanda tangan digital.

Manfaat Tanda Tangan Digital untuk Keamanan Data Konsumen

Dalam era digital, keamanan data konsumen menjadi prioritas utama bagi perusahaan. Salah satu solusi yang semakin populer dan efektif adalah penggunaan tanda tangan digital. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat tanda tangan digital dalam meningkatkan keamanan data konsumen, sekaligus memberikan wawasan tentang cara membuat tanda tangan digital.

A. Keabsahan Transaksi dan Dokumen

Tanda tangan digital memberikan tingkat keabsahan yang tinggi pada transaksi dan dokumen. Sama seperti tanda tangan basah, keabsahan ini memastikan bahwa setiap tindakan atau pernyataan yang diotorisasi oleh konsumen atau pihak yang terlibat dalam transaksi benar-benar sah dan dapat dipercaya.

B. Perlindungan Terhadap Pencurian Identitas

Dengan tanda tangan digital, risiko pencurian identitas dapat dikurangi secara signifikan. Tanda tangan digital menggunakan verifikasi identitas yang terintegrasi dengan data pada KTP dan metode enkripsi yang canggih sehingga sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk memanipulasi atau mengakses informasi identitas konsumen.

C. Penghematan Waktu dan Biaya

Tanda tangan digital tidak hanya efisien dalam hal waktu tetapi juga dapat menghemat biaya. Proses pengumpulan dan verifikasi tanda tangan secara fisik membutuhkan waktu dan sumber daya yang lebih besar dibandingkan dengan tanda tangan digital yang dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Ada banyak cara membuat tanda tangan digital yang baik untuk dipelajari agar bisa menikmati efektivitas hasilnya.

D. Kecepatan dalam Proses Bisnis

Tanda tangan digital mempercepat proses pendaftaran konsumen dengan menghilangkan langkah mengirimkan dokumen fisik atau menunggu tanda tangan manual. Konsumen dapat dengan cepat menandatangani dokumen dari mana saja, sehingga proses pendaftaran lebih cepat dan mengurangi risiko kesalahan. 

E. Integrasi dengan Keamanan Multi-Faktor

Sistem tanda tangan digital dapat diintegrasikan dengan metode keamanan multi-faktor, seperti otentikasi dua faktor. Cara ini menambahkan lapisan keamanan tambahan, memastikan bahwa hanya pihak yang berwenang yang dapat mengakses dan menggunakan tanda tangan digital.

F. Adanya Rekam Jejak Elektronik

Setiap tindakan yang melibatkan tanda tangan digital terekam dalam sistem platform tanda tangan digital tersebut. VIDA Sign, misalnya, memiliki fitur Log Audit yang memuat keterangan kapan dan siapa dokumen tersebut ditandatangani. Rekam jejak ini dapat dijadikan alat untuk mencegah pemalsuan dokumen. 

G. Peningkatan Citra dan Kepercayaan Konsumen

Penggunaan tanda tangan digital menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keamanan dan privasi data konsumen. Hal ini dapat meningkatkan citra perusahaan di mata konsumen, memberikan rasa keamanan dan kepercayaan dalam menjalani transaksi bisnis.

Setelah mengetahui manfaat tanda tangan digital untuk keamanan data konsumen, selanjutnya pengguna dapat memilih platform tanda tangan digital yang terpercaya dan dapat diandalkan. VIDA memberikan pengguna keamanan terbaik untuk tanda tangan digital, karena VIDA adalah Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) di Indonesia yang diakui secara global sebagai Penyedia Layanan Terpercaya untuk para pemimpin industri tanda tangan digital.

Dengan membaca penjelasan diatas tentang manfaat tanda tangan digital untuk keamanan data konsumen, pengguna telah yakin untuk menggunakan tanda tangan digital dan berikut ini adalah cara membuat tanda tangan digital di VIDA:

  1. Buka Aplikasi VIDA Sign

Mulai dengan membuka aplikasi VIDA Sign di perangkat pengguna dan masuk ke akun atau buat akun baru.

  1. Pilih Dokumen yang Perlu Tanda Tangan

Pilih dokumen yang membutuhkan tanda tangan digital Anda.

  1. Buat Tanda Tangan Digital

VIDA Sign memiliki 2 jenis tanda tangan yakni Digital Sign dan e-Sign. Digital Sign adalah Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi yang memerlukan Sertifikat Digital, sementara e-Sign tidak perlu. Pilih tanda tangan sesuai kebutuhan dan kustomisasi tanda tangan tersebut pada bagian Profil. 

  1. Atur Ukuran dan Posisi

Sesuaikan ukuran dan posisi tanda tangan sesuai keinginan. 

  1. Terapkan Tanda Tangan pada Dokumen 

Terapkan tanda tangan ke dokumen. Untuk tanda tangan e-Sign, pengguna bisa langsung menerapkan tanda tangan dan mengirimkannya ke penerima. Tetapi untuk Digital Sign, pengguna harus terlebih dahulu melakukan verifikasi identitas. 

  1. Kirim Dokumen

Dokumen yang sudah ditandatangani siap dikirim ke penerima. Jangan lupa untuk menambahkan penerima dokumen terlebih dahulu. Pengguna juga bisa mengatur pengingat untuk penerima dokumen agar menandatangani dokumen tepat waktu.  

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, pengguna dapat membuat tanda tangan digital dengan mudah di VIDA.

Kesimpulan

Tanda tangan digital membawa manfaat signifikan untuk keamanan data konsumen. Dengan mengetahui cara membuat tanda tangan digital yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan perlindungan informasi konsumen, membangun kepercayaan, dan merampingkan proses bisnis secara efisien di era digital ini. Dengan menggabungkan keamanan teknologi tanda tangan digital dengan langkah-langkah pencegahan lainnya, VIDA memberikan lingkungan yang aman dan andal bagi konsumen untuk berinteraksi dan melakukan transaksi secara digital.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024