Skip to content
tanda tangan elektronik

Feb 06, 2024

Mau Melamar Kerja? Simak 10 Contoh Surat Lamaran Kerja Berbagai Posisi

Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen penting yang mencerminkan kualifikasi, motivasi, dan profesionalitas seorang kandidat. Yuk, simak contoh surat surat resmi melamar kerja untuk berbagai posisi.

Mungkin dulu kita hanya mengetahui cara melamar kerja dengan cara mengirimkan CV dan surat lamaran yang digunakan berkali-kali untuk perusahaan berbeda. Namun, seiring dengan ketatnya kompetisi dan makin beragamnya kualifikasi, diperlukan contoh surat resmi untuk melamar kerja yang berbeda-beda. 

Surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen penting yang mencerminkan kualifikasi, motivasi, dan profesionalitas seorang kandidat. Bergantung pada posisi yang dilamar, struktur dan isi surat lamaran bisa berbeda, menyesuaikan dengan kebutuhan dan ekspektasi perekrut.

Yuk, simak contoh surat surat resmi melamar kerja untuk berbagai posisi. Siapa tahu ada yang cocok untukmu!

1. Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Surat lamaran kerja fresh graduate bertujuan untuk menonjolkan potensi, semangat, dan kualifikasi pendidikan kandidat. Mengingat minimnya pengalaman profesional, contoh surat resmi ini fokusnya adalah pada pencapaian akademik, keterampilan yang relevan, serta kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung.

2. Surat Lamaran Kerja Senior Level

Pada level senior, surat lamaran harus menunjukkan pengalaman luas, pencapaian profesional, dan kemampuan leadership. Contoh surat resmi ini fokus pada kontribusi kandidat pada perusahaan, baik itu pada level individual maupun kerja tim. 

3. Surat Lamaran Kerja Posisi Manajerial 

Contoh surat resmi ini sebenarnya sama dengan posisi senior level. Bedanya adalah surat ini juga menjelaskan tentang posisi manajerial yang telah diemban, bukan hanya pencapaian individu. Surat ini bisa memuat pengalaman memimpin sebuah tim dan apa prestasi dari tim tersebut. Dalam surat ini juga bisa tercantum 

4. Surat Lamaran Kerja Posisi Pemasaran

Jenis surat ini menggambarkan pemahaman pasar, kemampuan analitis, hingga menggambarkan kreativitas kandidat dalam merancang dan melaksanakan strategi pemasaran.

5. Surat Lamaran Kerja Bidang Kreatif 

Contoh surat resmi ini harus menunjukkan keunikan, pemikiran inovatif, dan portfolio kreatif kandidat. Biasanya, surat lamaran ini juga disertai portfolio hasil pekerjaan kreatif yang telah dibuat. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian perekrut dengna cara yang menonjolkan bakat dan visi kreatif kandidat. 

6. Surat Lamaran Kerja Bidang Pendidikan 

Surat lamaran ini ditujukan untuk pekerjaan bidang pendidikan yang tidak hanya guru, tetapi juga tutor bimbingan belajar, tenaga pendidik yayasan, maupun tutor belajar online. Maka, contoh surat resmi ini biasanya memuat motivasi dan filosofi yang dianut oleh pelamar dalam bidang pendidikan. Jika ada hasil mengajar yang bisa ditunjukkan, maka diperbolehkan untuk melampirkannya.

7. Surat Lamaran Kerja Bidang Keuangan 

Pada contoh surat resmi untuk melamar bidang keuangan penting untuk mencantumkan pemahaman regulasi keuangan, analisis keuangan, kemampuan memahami persoalan keuangan yang kompleks, dan kemampuan menggunakan software keuangan. 

8. Surat Lamaran Kerja Bidang Pelayanan 

Surat lamaran ini berfokus pada posisi layanan pelanggan, menekankan pada keterampilan interpersonal dan pengalaman dalam melayani jenis-jenis pelanggan. Dalam surat ini, bisa dicantumkan motivasi, keterampilan, dan kemampuan memecahkan masalah ketika melayani pelanggan. 

9. Surat Lamaran Kerja Bidang Hubungan Masyarakat 

Surat ini dibuat untuk melamar pekerjaan yang berhubungan dengan public relations atau hubungan masyarakat. Artinya, surat ini harus memuat pengalaman dalam mengelola hubungan baik dengan pihak-pihak eksternal. Hal-hal yang dapat dimasukkan adalah contoh-contoh pihak atau klien, studi kasus, dan hasilnya terhadap perusahaan. 

10. Surat Lamaran kerja Bidang Teknis 

Contoh surat resmi ini sangat bervariasi tergantung posisi teknis yang dilamar. Isi surat ini bisa sangat teknis menyesuaikan industri, skala, dan keadaan perusahaan yang dilamar. Surat ini menekankan pada keterampilan teknis dan kemampuan memecahkan masalah teknis. Namun, bisa juga dimasukkan tentang keterampilan emosional untuk melengkapi konteks pekerjaan teknis. 

Siap memulai pekerjaan baru? Nah, VIDA Sign bisa menyediakan contoh surat resmi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Caranya: 

  • Pada aplikasi atau website VIDA Sign, pilih “Templat” 
  • Pilih kategori templat 
  • Pilih templat yang dibutuhkan

VIDA Sign adalah platform penyedia tanda tangan digital yang telah tersertifikasi oleh Kominfo sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). Jadi, kalau kamu melamar pekerjaan menggunakan templat surat dan tanda tangan digital dari VIDA Sign, surat lamaranmu terjamin resmi. Yuk, coba VIDA Sign sekarang! 

 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024