Skip to content
verifikasi identitas

Sep 26, 2022

Mengapa Anda Harus Melakukan Verifikasi Identitas Saat Transaksi Online?

Selain untuk menghindari pemalsuan dan pencurian data, verifikasi identitas digital juga berperan penting untuk mempercepat proses transaksi online Anda.

Selain untuk menghindari pemalsuan dan pencurian data, verifikasi identitas digital juga berperan penting untuk mempercepat proses transaksi online Anda.

Belanja dan melakukan segala transaksi online memang menyenangkan karena mudah dan praktis, tetapi terdapat risiko seperti Pencurian pemalsuan data pribadi yang mengakibatkan peretasan akun dan penyalahgunaan  identitas digital. Menjaga data tetap aman menjadi tantangan besar saat ini, sehingga kehadiran teknologi verifikasi identitas sangat dibutuhkan. 

Selain untuk menghindari pemalsuan dan pencurian data, verifikasi identitas digital juga berperan penting untuk mempercepat proses transaksi online Anda. Simak selengkapnya pada artikel ini.

Pengertian Identitas Digital

Identitas adalah atribut yang melekat pada diri sebagai ciri khas dari masing-masing individu. Dalam hal ini, identitas merupakan kredensial yang digunakan untuk mengidentifikasi diri sendiri dan kepercayaan yang wajib dimiliki sebelum memulai transaksi. Jadi, setiap orang pasti memiliki identitas.

Baca Juga: Apa itu Verifikasi, Fungsi, dan Cara Melakukannya

Identitas fisik didefinisikan sebagai kumpulan data dasar yang melekat pada seseorang dan terdaftar secara wajib seperti nama, tanggal lahir, jenis kelamin, tempat lahir, dan nama keluarga. 

Dengan transformasi digital yang masif seperti sekarang ini, identitas tidak hanya mencakup identitas secara fisik, tapi juga digital. Identitas digital adalah informasi diri dan informasi lainnya yang dibutuhkan tergantung dengan jenis layanan yang akan digunakan. Informasi ini terdapat di jejaring sosial dan layanan internet lainnya.

Verifikasi Identitas Saat Transaksi Online

Penerapan teknologi verifikasi identitas yang baik adalah saat konsumen melakukan otentikasi dan otorisasi transaksi online. Teknologi verifikasi identitas dengan standar tertinggi saat ini telah memanfaatkan artificial intelligence (AI) dengan akurasi 99.9% dalam melakukan verifikasi identitas secara online. 

Baca Juga: Contoh Verifikasi yang Aman dari Serangan Deepfake

Teknologi Verifikasi Identitas

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, perusahaan dapat melakukan verifikasi identitas konsumen secara aman agar terhindar dari risiko kejahatan dan pencurian identitas. Salah satu sistem teknologi verifikasi identitas yang bisa diandalkan adalah teknologi verifikasi berbasis biometrik yang tidak hanya praktis tetapi juga akurat dan aman.

Verifikasi biometrik merupakan proses verifikasi identitas menggunakan identitas biologis, karakteristik fisik, atau perilaku seseorang seperti pemindaian wajah, gerakan, atau hal yang dimiliki pengguna untuk keamanan digital. Pada saat verifikasi biometrik terjadi proses verifikasi, otentikasi, dan otorisasi sehingga kecil kemungkinan identitas pengguna dapat dipalsukan.

  • Saat proses verifikasi, sistem akan membandingkan data  karakteristik fisik berupa biometrik data pengguna terhadap hasil pindaian yang telah disimpan dengan data kependudukan resmi yang dimiliki oleh pemerintah.
  • Karakteristik fisik yang dipindai akan dipetakan ke username/ID pengguna yang akan digunakan untuk membuat keputusan setelah pengguna di-otentikasi. Otentikasi merupakan proses pembuktian atau validasi identitas pengguna
  • Setelah otentikasi berhasil dilakukan, proses akhir adalah otorisasi yaitu proses pemberian kuasa kepada user yang telah tervalidasi dengan tepat untuk menjalankan transaksi dari sebuah layanan.

Pentingnya Verifikasi Identitas Saat Transaksi Online

Digital trust memiliki peran penting bagi pertumbuhan industri digital. Teknologi digital juga sangat bergantung pada kepercayaan masyarakat dan konsumen dari sisi keamanan. Verifikasi Identitas secara online yang aman dan mudah digunakan menjadi kunci dalam memberikan digital trust pada pelanggan.

  • Proses verifikasi identitas digital membuat akuisisi pelanggan secara online seperti aplikasi ataupun web menjadi lebih mudah. Layanan bisnis yang tidak terbatas pada jam kerja dan lokasi geografis
  • Potensi ekspansi bisnis menjadi lebih besar, dari yang semula konvensional dapat mengembangkan layanan secara online. 
  • Salah satu faktor keberhasilan digitalisasi bisnis adalah proses verifikasi identitas saat transaksi online sudah berjalan secara efektif dan konsisten dengan reabilitas yang dapat diandalkan.
  • Verifikasi identitas diperlukan saat melakukan transaksi sensitif dan rahasia, misalnya saat membuka rekening bank. 

Memastikan proses verifikasi identitas berjalan lancar dan relatif cepat dari sudut pandang pelanggan. Proses verifikasi yang intuitif, mudah digunakan dan cepat menjadi kunci dalam proses akuisisi pelanggan. Jika proses verifikasi identitas saat transaksi online terlalu lama dan mengajukan terlalu banyak pertanyaan, pelanggan beralih ke pesaing.

Baik pelanggan maupun pemilik usaha perlu merasa aman. Bagaimana kepercayaan antara kedua pihak dapat tercapai? Kehadiran pihak ketiga yang terpercaya, di luar kedua belah pihak, sangat dibutuhkan. Pihak ketiga ini adalah penyedia layanan verifikasi identitas yang aman dan dapat memverifikasi identitas dari mana saja di seluruh dunia.

VIDA, Penyedia Layanan Verifikasi Identitas yang Praktis dan Aman

Didirikan pada tahun 2018, VIDA merupakan penyedia layanan identitas digital yang memanfaatkan sertifikat elektronik untuk memberikan layanan verifikasi identitas terpercaya yang dapat digunakan juga sebagai otentikasi multi-faktor, tanda tangan elektronik. VIDA menerapkan standar keamanan data kelas dunia, termasuk Public Key Infrastructure, pengenalan wajah (biometrik), dan keamanan jaringan sebagai solusi keamanan data yang komprehensif.

VIDA tersertifikasi ISO 27001 untuk manajemen keamanan data dan menjadi satu-satunya penyedia sertifikat elektronik (PSrE) di Indonesia dengan sertifikasi WebTrust sebagai jaminan standar keamanan internet yang diakui secara global.

VIDA memiliki layanan VIDA Verify yang mampu memberikan layanan verifikasi identitas online secara cepat dan mudah dengan membandingkan data biometrik dan demografis pelanggan dengan basis data kependudukan nasional. Teknologi yang digunakan VIDA memiliki akurasi hingga 99,2% sehingga aman dan terpercaya untuk transaksi online.

VIDA Verify menggunakan teknologi Silent Liveness Detection untuk memastikan integritas biometrik wajah pengguna untuk mencegah penipuan identitas dan Teknologi Anti-Spoofing yaitu teknologi AI deep learning yang kuat untuk mencegah scammers menggunakan gambar, video, dan topeng untuk memalsukan identitas.

sales, VIDA, biometric verification

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya
cybersecurity

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya

Fraud triangle adalah konsep untuk memahami bagaimana fraud bisa terjadi. Memahami fraud triangle memudahkan bisnis untuk mengantisipasi ce...

Juli 06, 2024

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan
cybersecurity

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan

Fraud adalah tindakan penipuan yang merugikan individu maupun perusahaan. Fraud banyak jenisnya dan bisa terjadi di mana saja. Berikut penj...

Juli 05, 2024

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital
cybersecurity

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital

Security awareness penting untuk dimiliki individu dan perusahaan. Upaya security awareness dapat dimulai dengan tanda tangan digital. Beri...

Juli 04, 2024