Skip to content
legal

Nov 06, 2023

Pentingnya Memilih Tanda Tangan Digital yang Sah Secara Hukum

Cara membuat tanda tangan digital yang aman adalah dengan menggunakan platform yang telah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi, tanda tangan digital menjadi semakin penting dalam mendukung proses bisnis dan administrasi di Indonesia. Terlebih lagi, dengan adanya Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), tanda tangan digital memiliki landasan hukum yang kuat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pentingnya memilih tanda tangan digital yang sah secara hukum, regulasi yang mengaturnya di Indonesia, keunggulannya, dan solusi yang ditawarkan oleh VIDA Sign.

Di Indonesia, kerangka hukum untuk tanda tangan digital terutama diatur oleh UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan peraturan pelaksanaannya. UU ITE mengakui keabsahan dokumen dan tanda tangan elektronik secara hukum, termasuk tanda tangan digital, serta menetapkan persyaratan dan prosedur penggunaannya.

Pemakaian tanda tangan digital di Indonesia memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dapat diabaikan.

  • Pertama, tanda tangan digital mempercepat proses transaksi dan administrasi 

Hanya beberapa kali klik, dokumen dapat ditandatangani secara elektronik, menghemat waktu dan mengurangi biaya.

  • Kedua, tanda tangan digital meningkatkan keamanan

Teknologi enkripsi yang canggih membuat tanda tangan digital sulit untuk dipalsukan atau diakses oleh pihak yang tidak berwenang. Keamanan ini menjadi aspek krusial terutama dalam transaksi bisnis yang melibatkan informasi dan dokumen penting.

Cara membuat tanda tangan digital yang aman adalah dengan menggunakan platform yang telah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh otoritas yang berwenang. Pilihlah metode pembuatan tanda tangan digital yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Salah satu cara membuat tanda tangan digital yang aman adalah dengan mengikuti panduan yang disediakan oleh penyedia layanan tanda tangan digital.

Sebagai contoh, untuk membuat tanda tangan digital yang sah menurut UU ITE, pengguna dapat mengakses platform tanda tangan digital seperti VIDA Sign, mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang disediakan, dan kemudian mengunggah tanda tangan elektronik. Proses ini seringkali melibatkan verifikasi identitas pengguna untuk memastikan keamanan dan keabsahan tanda tangan digital.

Tidak hanya itu, cara membuat tanda tangan di VIDA Sign juga dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna. Langkah-langkah ini membuktikan bahwa proses pembuatan tanda tangan digital tidak hanya mudah tetapi juga dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing pengguna.

Solusi Inovatif dari VIDA Sign

Dalam memilih solusi tanda tangan digital, VIDA Sign hadir sebagai penyedia layanan yang dapat diandalkan. VIDA Sign menawarkan platform tanda tangan digital yang memenuhi standar keamanan dan regulasi yang berlaku di Indonesia. Dengan menggunakan teknologi enkripsi tingkat tinggi, VIDA Sign menjamin keabsahan dan keamanan tanda tangan digital pengguna.

Cara membuat tanda tangan digital dengan VIDA Sign sangatlah mudah. Pengguna dapat mendaftar secara online, mengunggah dokumen yang membutuhkan tanda tangan, dan menandatanganinya dengan mudah melalui antarmuka yang user-friendly. Dengan demikian, VIDA Sign tidak hanya memberikan solusi yang efisien, tetapi juga memudahkan pengguna dalam prosesnya.

Dalam memilih solusi tanda tangan digital, perusahaan dan individu perlu mempertimbangkan aspek keamanan, keabsahan hukum, dan kemudahan penggunaan. VIDA Sign hadir sebagai jawaban atas kebutuhan tersebut, menawarkan solusi inovatif yang mendukung perkembangan bisnis dan administrasi di era digital ini.

Pentingnya memilih tanda tangan digital yang sah secara hukum di Indonesia tidak hanya berkaitan dengan kenyamanan dan efisiensi, tetapi juga melibatkan keamanan dan keabsahan hukum. Dengan regulasi yang jelas seperti UU ITE dan solusi inovatif seperti yang ditawarkan oleh VIDA Sign, pengguna tanda tangan digital di Indonesia dapat memasuki masa depan yang lebih efisien dan aman. Oleh karena itu, cara membuat tanda tangan digital yang tepat dan sah menjadi langkah awal menuju transformasi digital yang sukses.

VIDA Sebagai PSrE

PT Indonesia Digital Identity (VIDA) sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) atau Certification Authority (CA) yang terdaftar dan berinduk di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, adalah badan terpercaya yang memiliki kewenangan menerbitkan sertifikat elektronik untuk kebutuhan tanda tangan digital tersertifikasi.

Didirikan pada tahun 2018, VIDA merupakan penyedia layanan identitas digital yang memanfaatkan sertifikat elektronik untuk memberikan layanan otentikasi multi-faktor, tanda tangan digital, dan identitas terverifikasi. VIDA menerapkan standar keamanan data kelas dunia, termasuk Public Key Infrastructure, pengenalan wajah (biometrik), dan keamanan jaringan sebagai solusi keamanan data yang komprehensif. Untuk pengalaman menggunakan tanda tangan digital yang cepat, mudah, dan aman, Anda bisa mencoba VIDA Sign, kapan dan di mana saja.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya
cybersecurity

Fraud Triangle: Definisi Serta Pencegahannya

Fraud triangle adalah konsep untuk memahami bagaimana fraud bisa terjadi. Memahami fraud triangle memudahkan bisnis untuk mengantisipasi ce...

Juli 06, 2024

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan
cybersecurity

Fraud di Era Digital: Arti, Jenis, Kerugian, dan Pencegahan

Fraud adalah tindakan penipuan yang merugikan individu maupun perusahaan. Fraud banyak jenisnya dan bisa terjadi di mana saja. Berikut penj...

Juli 05, 2024

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital
cybersecurity

Pentingnya Security Awareness Melalui Tanda Tangan Digital

Security awareness penting untuk dimiliki individu dan perusahaan. Upaya security awareness dapat dimulai dengan tanda tangan digital. Beri...

Juli 04, 2024