Skip to content
online onboarding

Mar 24, 2022

Penerapan Digital Onboarding dalam Industri Jasa Pengiriman Barang

Teknologi verifikasi biometrik wajah mempermudah transaksi dan operasional para kurir dan pemilik UMKM saat melakukan digital onboarding.

Teknologi verifikasi biometrik wajah mempermudah transaksi dan operasional para kurir dan pemilik UMKM saat melakukan digital onboarding.

Di era pandemi seperti saat ini, bisnis logistik dan jasa kurir semakin berkembang pesat karena pengiriman barang tanpa tatap muka secara langsung menjadi opsi paling aman dan nyaman bagi masyarakat.

 

Untuk mempermudah transaksi dan operasional para kurir dan pemilik UMKM saat melakukan digital onboarding, teknologi verifikasi biometrik wajah menjadi hal yang penting untuk diterapkan. Itulah alasan beberapa perusahaan logistik sudah mulai menerapan digital onboarding yang mudah, aman, dan cepat.

 

Simak ulasan mengenai penerapan digital onboarding dalam industri jasa pengiriman barang berikut ini.

 

Mengenal Digital Onboarding pada Jasa Pengiriman Barang

Untuk meminimalisir kontak fisik dan tatap muka yang menjadi potensi penyebaran virus Covid-19, perusahaan juga harus mampu untuk memberikan pengalaman digital onboarding yang lebih mudah dan nyaman.

 

Pengalaman digital onboarding sangat penting karena calon pelanggan telah menyerahkan kepercayaan berupa identitas digitalnya kepada perusahaan dan hal ini bukanlah keputusan yang mudah.

 

Dilansir dari medcom.id, jasa logistik dapat menjadi pedal dalam upaya digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi. Pasalnya, kebangkitan UMKM saat ini diarahkan ke pasar e-commerce sehingga dibutuhkan kelancaran arus logistik yang stabil demi menunjang aktivitas belanja terhadap produk-produk lokal. Dengan adanya digital onboarding, pemilik UMKM dapat dengan mudah melakukan pendaftaran jasa pengiriman barang.

 

Selain bermanfaat bagi pemilik UMKM, adanya digital onboarding juga dapat bermanfaat bagi kurir yang bekerja di jasa pengiriman barang. Tanpa mengantri dan datang ke lokasi, calon kurir dapat melakukan pendaftaran di mana pun dan kapan pun.

 

Apa Itu Verifikasi Biometrik Wajah

Dengan kemajuan teknologi, kini verifikasi identitas menggunakan sistem yang lebih aman bukan hanya kode dan kata kunci tapi juga verifikasi identitas berbasis biometrik.

 

Secara harfiah, biometrik adalah karakteristik fisik atau perilaku manusia yang benar-benar unik bagi seorang individu. Ciri-ciri ini termasuk bentuk wajah yang merupakan dasar dari teknologi pengenalan wajah yang semakin banyak diadopsi oleh banyak perusahaan.

 

Verifikasi biometrik wajah merupakan metode atau proses pengenalan yang menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk mengidentifikasi identitas dan memvalidasi pemilik identitas. Umumnya, teknologi biometrik memiliki kemampuan liveness detection.

 

Teknologi Liveness Detection pada Verifikasi Biometrik

Liveness detection (deteksi kehidupan) adalah sistem teknologi biometrik untuk mendeteksi keaslian biometrik dari seseorang. Teknologi deteksi kehidupan dari biometrik akan menilai proses verifikasi sebagai asli apabila hasil analisis menunjukkan kesamaan antara data biometrik yang tersimpan dengan data biometrik yang ditunjukkan secara live.

 

Dengan kemampuan tersebut, teknologi liveness detection menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses autentikasi dan onboarding di perusahaan dan mulai banyak digunakan karena dinilai memiliki aspek keamanan yang lebih baik dibandingkan protokol keamanan lainnya.

 

Manfaat Verifikasi Biometrik untuk Jasa Pengiriman Barang

1. Prosesnya singkat

Bila proses onboarding konvensional kerap membutuhkan waktu berhari-hari, dengan menggunakan digital onboarding dan verifikasi biometrik prosesnya menjadi lebih singkat

 

2. Keamanan terjamin

Jika sistem biometrik dilengkapi teknologi Liveness Detection, upaya akses dengan memalsukan identitas dapat ditolak sehingga keamanan identitas pelanggan dan kurir terjamin

 

3. Praktis

Verifikasi biometrik sangat praktis, cukup dengan memindai wajah tanpa membawa peralatan lainnya atau memasukkan kata sandi

 

4. Hemat biaya

Dengan proses yang lebih singkat dan tidak melibatkan banyak pihak, verifikasi biometrik dapat menghemat biaya operasional yang ditimbulkan akibat onboarding konvensional

 

5. Tidak dapat diakses orang lain

Proses biometrik hanya dapat dilakukan oleh individu dengan profil yang sama sehingga kemungkinan terjadinya intervensi akses oleh pihak lain dapat diminimalisir.

 

6. Mudah diintegrasikan

Verifikasi biometrik mudah diintegrasikan dengan berbagai perangkat sesuai kebutuhan Anda

 

7. Akurat

Meskipun praktis, verifikasi biometrik dapat melakukan verifikasi identitas dengan akurat

 

VIDA Verify, Solusi Bisnis Logistik dan Jasa Pengiriman

VIDA Verify melindungi akun identitas pengguna dengan teknologi paling aman, cepat, dan praktis digunakan. Dengan membandingkan data biometrik dan demografi dengan database nasional, verifikasi identitas VIDA memberikan jaminan hukum atas identitas pengguna dan tingkat jaminan yang tinggi.

 

Selain disertifikasi secara lokal, VIDA juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk manajemen keamanan data dan merupakan satu-satunya PSrE di Indonesia yang disertifikasi oleh Webtrust sebagai jaminan standar keamanan internet yang diakui secara global. Teknologi yang digunakan VIDA telah terstandar NIST yang memiliki akurasi lebih dari 99,5% sehingga aman dan terpercaya.

 

Percayakan digital onboarding Anda dengan teknologi kelas dunia VIDA. Hal ini karena kami menjunjung tinggi prinsip-prinsip perlindungan konsumen seperti data privacy dan data security yang harus terjaga dalam proses verifikasi identitas.

 

Kombinasi antara sistem digital onboarding yang nyaman, verifikasi biometrik, dan penyedia layanan yang tepat akan mampu memberikan pengalaman digital onboarding pada calon nasabah dengan optimal.

 

Facial biometric verification technology is an important way of simplifying transactions and operations for couriers and MSME during digital onboarding.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024