Skip to content
covid

Okt 03, 2021

Langkah Mengatur Kerja dari Rumah Menjadi Efektif dengan Tanda Tangan Digital

Bekerja dari rumah juga akan lebih efektif jika Anda menggunakan tanda tangan digital untuk berbagai keperluan.

Bekerja dari rumah juga akan lebih efektif jika Anda menggunakan tanda tangan digital untuk berbagai keperluan.

Kerja dari rumah kini menjadi sebuah tren baru dalam dunia kerja. Hal ini dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 sejak akhir 2019 lalu. Berdasarkan survei dari OWL Labs, menyebutkan jika sekitar 77% responden menilai bekerja dari rumah adalah opsi yang dapat dipilih hingga pandemi selesai di kemudian hari.

 

Di sisi lain, ada pula yang beranggapan jika bekerja dari rumah begitu banyak distraksi. Hasil riset yang dilakukan oleh Slack, ada sekitar 50% responden yang mengungkapkan bahwa bekerja dari rumah menciptakan suasana kerja yang tidak efektif. Lalu, bagaimana langkah melakukan kerja dari rumah yang efektif? Dan bagaimana peran tanda tangan digital untuk turut meningkatkan kualitas kerja dari rumah? Berikut ulasannya.

 

Susun Rencana dan Tujuan yang Objektif

Bagi Anda yang mulai kerja dari rumah, pada mulanya Anda akan merasa tidak nyaman. Sebab, kondisi di rumah sangatlah berbeda dengan di kantor atau tempat kerja. Maka dari itu, Anda perlu beradaptasi agar tetap bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Salah satunya adalah dengan membuat batasan antara urusan rumah tangga dengan pekerjaan.

 

Supaya Anda bisa lebih efektif saat bekerja dari rumah, Anda perlu membuat rencana dan tujuan yang objektif. Seperti membuat perencanaan kapan Anda harus menyelesaikan pekerjaan, kapan Anda harus beristirahat, dan kapan untuk menyelesaikan urusan rumah. Buatlah list mengenai apa yang harus Anda kerjakan di hari itu.

 

Jika Anda adalah seorang manajer tim, buatlah rancangan yang jelas terkait alur kerja tim dan juga membuat panduan untuk tim agar dapat meningkatkan kinerja supaya target tercapai. Tentukan agenda tim Anda dengan bijak, seperti kapan untuk menjalankan meeting online. Atau perusahaan menyediakan teknologi yang memungkinkan karyawan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan secara bersamaan tanpa harus mengorbankan pekerjaan lainnya. Sebagai contoh, menggunakan tanda tangan  untuk urusan administrasi dan persetujuan kepada klien.

 

Perhatikan Komunikasi dengan Warga Rumah

Saat bekerja di kantor, komunikasi terkait pekerjaan akan mudah dilakukan karena kita akan bertemu langsung dengan rekan kerja. Namun tidak jika Anda belum terbiasa bekerja dari rumah. Sekali lagi, Anda dan tim harus beradaptasi dengan situasi ini.

 

Untuk komunikasi tim dan sesama karyawan dari rumah penggunaan video konferensi menjadi lebih sering dari biasanya. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun komunikasi yang meski harus tanpa tatap muka secara langsung di antaranya adalah:

 

  • Gunakan metode komunikasi yang jelas dan mudah dimengerti oleh rekan kerja maupun tim agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam menyelesaikan tugas Anda.

  • Jangan bebani tim Anda dengan informasi-informasi yang tidak mendukung tercapainya target pekerjaan. Hal ini akan menghambat kinerja individu dalam tim dan akhirnya berdampak pada kinerja tim.

  • Tawarkan bantuan apabila terdapat kendala dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda dengan tim. Dengan memberikan bantuan, transparansi kinerja dan komunikasi pada tim bisa menjadi lebih baik selain juga akan membangun kerjasama yang solid.

Gunakan Aplikasi dan Teknologi Pendukung yang Tepat

Kerja dari rumah membutuhkan aplikasi dan teknologi pendukung yang baik untuk menunjang kinerja dan produktivitas. Selain koneksi internet yang stabil, Anda perlu memaksimalkan aplikasi dan teknologi tersebut saat bekerja.

 

Penentuan aplikasi dan teknologi bisa Anda diskusikan dengan seluruh karyawan dan tim. Mulai dari masalah spesifikasi, fitur, dan kapabilitas teknologi sehingga dapat diandalkan sesuai kebutuhan perusahaan.

 

Contohnya adalah dalam memilih aplikasi untuk menentukan penanggung jawab pekerjaan, kemudian aplikasi untuk menandatangani perjanjian atau kontrak dengan menggunakan tanda tangan . Teknologi akses juga dapat Anda gunakan seperti sistem verifikasi identitas berbasis biometrik yang dapat melakukan pindai wajah dengan akurat..

 

Gunakan Tanda Tangan  untuk Dokumen Penting 

Kerja dari rumah juga akan menjadi lebih efektif jika Anda menggunakan tanda tangan  untuk berbagai keperluan. Di masa pandemi seperti sekarang, membuat sebagian besar pertemuan tatap muka dialihkan melalui platform daring. Termasuk dalam hal penandatanganan surat-surat penting. Misalnya saja surat perjanjian bisnis, kontrak kerjasama, transaksi jual-beli dan lain sebagainya.

 

Penggunaan tanda tangan  seolah menjadi solusi yang efektif ketika Anda bekerja dari rumah. Sebab, Anda tak perlu lagi harus mencetak dokumen. Cukup tanda tangan dokumen elektronik dengan menggunakan tanda tangan . Selain cepat, penggunaan tanda tangan  juga menjamin validitas dokumen.

 

Di sini, untuk menggunakan tanda tangan  yang aman, sebaiknya Anda pilih yang sudah terdaftar dan memiliki sertifikasi dari lembaga atau institusi terkait. Tujuannya adalah agar keabsahan tanda tangan lebih terjamin baik untuk penggunaan dokumen di dalam maupun di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan tanda tangan , Anda dapat menghubungi kami.

 

Penjelasan di atas adalah beberapa cara agar Anda dapat bekerja lebih efektif dari rumah. Dengan strategi, teknik dan teknologi yang tepat Anda akan tetap bisa bekerja dengan baik meski berada di rumah. Selamat mencoba.

 
 

Baca: Tanda Tangan  Berpotensi Membuka Peluang Ekonomi Digital

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Baru Pakai Tanda Tangan Digital? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui
tanda tangan elektronik

Baru Pakai Tanda Tangan Digital? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Tanda Tangan Elektronik yang sah dan tersertifikasi hanya dikeluarkan oleh aplikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). Yuk, simak ...

Februari 28, 2024

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado
verifikasi identitas

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado

Selama 16 tahun, usaha Bu Lilis bernama Rumah Kado berjalan di tempat tanpa membawa perubahan yang diharapkan. Namun dengan teknologi digit...

Februari 21, 2024

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital
digital identity

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital

Verifikasi merupakan proses konfirmasi identitas yang umumnya melalui metode otentikasi. Proses ini melibatkan penggunaan kata sandi, kode ...

Januari 16, 2024