Skip to content
verifikasi biometrik

Mar 21, 2022

Peran Teknologi Biometrik Wajah untuk Cegah Penyebaran COVID-19

VIDA Verify memberikan jaminan hukum atas identitas pengguna dan tingkat jaminan yang tinggi.

VIDA Verify memberikan jaminan hukum atas identitas pengguna dan tingkat jaminan yang tinggi.

Kasus Covid-19 kembali meningkat sehingga sebagian besar urusan pekerjaan dan bisnis dilakukan secara digital. Teknologi berperan penting menjaga kegiatan masyarakat tetap berjalan dan masyarakat tetap produktif walaupun dalam masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

 

Salah satu teknologi yang mengalami peningkatan penggunaan adalah teknologi biometrik. Segala aktivitas online seperti transaksi keuangan, pembukaan akun, dan pendaftaran layanan membutuhkan identitas digital yang harus diverifikasi menggunakan teknologi biometrik. Apa itu identitas digital dan teknologi biometrik? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Mengenal Identitas Digital

Identitas digital adalah kredensial yang digunakan orang untuk mengidentifikasi diri sendiri. Identitas digital terdiri dari kumpulan fitur dan karakteristik unik milik individu yang disimpan dan digunakan sebagai identifikasi dan otentikasi dalam layanan atau transaksi online.

 

Identitas digital dapat berupa individu, organisasi, komunitas, atau perangkat elektronik di dunia maya? Pemilik identitas digital dapat memproyeksikan lebih dari satu persona digital. Untuk menjaga keamanan data pribadi dan privasi dalam mengelola identitas digital, diperlukan teknologi verifikasi yang aman, cepat, dan praktis seperti teknologi biometrik wajah.

 

Apa Itu Verifikasi Identitas Biometrik?

Verifikasi biometrik merupakan proses validasi identitas menggunakan identitas biologis, karakteristik fisik, atau perilaku seseorang seperti pemindaian wajah, gerakan, atau hal yang dimiliki pengguna untuk keamanan digital.

 

Sistem verifikasi identitas dengan menggunakan biometrik merupakan teknologi verifikasi yang menggunakan identitas biologis dari seseorang. Tujuan dari sistem ini adalah agar terjadi verifikasi identitas yang akurat yang mampu membuktikan siapa diri seseorang dengan tepat.

 

Cara kerja sistem verifikasi identitas dengan biometrik sangat rumit, tapi teknologi terkini mampu melakukan proses verifikasi secara digital dan otomatis sehingga proses verifikasi menjadi sangat singkat dan semakin cerdas.

 

Langkah otentikasi dan otorisasi pada verifikasi biometrik dilakukan dengan cara mengidentifikasi identitas dari si penggunanya. Identitas pengguna diverifikasi dengan cara dibandingkan dengan catatan atau informasi yang telah tersimpan sebelumnya. Verifikasi biometrik dipercaya menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena tidak dapat dipalsukan dan dipindahtangankan.

 

VIDA Verify identity verification provides legal assurance of user identity and a high level of assurance.
Peran Teknologi Biometrik Wajah Pada Saat Pandemi

Dalam beradaptasi dengan pandemi, layanan berbasis digital semakin diminati dan dipilih masyarakat. Terkait dengan kebutuhan untuk menjaga keamanan identitas pada layanan berbasis digital, diperlukan teknologi verifikasi biometrik wajah.

 

Berikut ini peran teknologi biometrik wajah pada saat pandemi:

 

1. Mengurangi terjadinya kerumunan karena antrian yang panjang

  • Teknologi verifikasi identitas biometrik modern dapat digunakan untuk verifikasi identitas skala masif dengan waktu singkat

  • Proses otorisasi dan otentikasi biometrik wajah yang cepat

  • Sistem verifikasi identitas biometrik tidak lagi membutuhkan proses yang panjang dan melibatkan banyak pihak

2. Meminimalisir kontak fisik

  • Implementasi dan pengelolaan yang tepat dari teknologi verifikasi biometrik tidak hanya membantu menjaga keamanan identitas, tapi juga membatasi kontak fisik

  • Kemudahan akses karena tidak perlu menyentuh alat verifikasi seperti kartu, ataupun perangkat lainnya yang memungkinkan adanya kontak fisik dengan fasilitas umum yang digunakan banyak orang

3. Menjadi alat verifikasi penerima vaksin

Sistem verifikasi biometrik adalah sistem ini hanya dapat diakses satu orang saja dan bersifat unik sehingga dapat dijadikan verifikasi untuk penerima vaksin.

 

VIDA Verify, Solusi Biometrik Wajah

Dengan membandingkan data biometrik dan demografi dengan database nasional, verifikasi identitas VIDA Verify memberikan jaminan hukum atas identitas pengguna dan tingkat jaminan yang tinggi.

 

Berikut ini keunggulan lainnya menggunakan layanan VIDA Verify:

 
  • Mencegah penipuan hingga 90%

  • Verifikasi identitas berdasarkan referensi resmi dan sumber hukum database identitas, secara real-time

  • Integrasi VIDA Verify mudah cocok untuk sebagian besar platform dan modul perangkat keras

  • Menggunakan teknologi Anti Spoofing (AI deep learning) yang kuat untuk mencegah scammers menggunakan gambar, video, dan topeng untuk memalsukan identitas

Layanan dari VIDA Verify

Terdapat dua layanan dari VIDA Verify yang perlu Anda ketahui, yaitu:

 

1. Identity Verification

VIDA Verify Identity adalah solusi verifikasi identitas yang menghapus kemungkinan pendaftaran palsu, penipuan aplikasi, dan penipuan identitas. Integrasi solusi mudah dan fleksibel untuk diintegrasikan dengan sistem yang ada saat ini menggunakan SDK, API, dan platform iFrame.

 

2. Facial Biometrics

VIDA Verify Facial Biometrics adalah solusi verifikasi wajah yang menggunakan kombinasi perangkat lunak atribusi wajah dan deteksi keaktifan untuk menentukan dengan akurasi lebih dari 99,5%.

 

VIDA menggunakan beberapa teknologi dan AI untuk melakukan verifikasi identitas, yang utama menggunakan Verifikasi Biometrik dan Liveness Detection. Verifikasi VIDA dapat diterapkan dalam berbagai kasus penggunaan dan skenario yang diperlukan oleh penyedia layanan.

 

VIDA diimplementasikan dan disertifikasi oleh regulator lokal seperti Kementerian Komunikasi dan Telekomunikasi, Bank Indonesia, dan OJK sebagai penyedia layanan verifikasi identitas.

 

Selain disertifikasi secara lokal, VIDA juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk manajemen keamanan data dan merupakan satu-satunya PSrE di Indonesia yang disertifikasi oleh Webtrust sebagai jaminan standar keamanan internet yang diakui secara global.

 

Silakan menghubungi kami untuk mendapatkan solusi seputar layanan dan produk VIDA Verify. Tim kami akan segera membantu Anda.

 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital
deepfake

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital

Teknologi deepfake seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, deepfake menawarkan potensi besar dalam industri kreatif. Namun, di sisi lain,...

April 19, 2024

Melawan Deepfake dengan Teknologi dan Regulasi
deepfake

Melawan Deepfake dengan Teknologi dan Regulasi

Sudah ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi konten deepfake, dari teknologi hingga regulasi. Apa saja?

April 18, 2024

Dari Rekening Sampai Dating Bisa Rugi Gara-Gara Deepfake
deepfake

Dari Rekening Sampai Dating Bisa Rugi Gara-Gara Deepfake

Gara-gara konten deepfake sangat mirip dengan aslinya, deepfake pun menjadi ancaman dalam kehidupan sehari-hari kita, mulai dari rekening s...

April 17, 2024