Skip to content
tanda tangan digital

Jan 16, 2022

4 Sektor Bisnis Ini Membutuhkan Tanda Tangan Digital Tersertifikasi

tanda tangan digital yang sah menggunakan mekanisme pengamanan kriptografi dan diterbitkan oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE)

tanda tangan digital yang sah menggunakan mekanisme pengamanan kriptografi dan diterbitkan oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE)

Tanda Tangan Digital Tersertifikasi di Indonesia

Pada dasarnya, tanda tangan digital bukanlah tanda tangan di atas kertas lalu dipindai menjadi dokumen digital. Tanda tangan digital dapat diartikan sebagai tanda tangan yang berisi informasi elektronik terenkripsi berupa sertifikat elektronik sebagai alat verifikasi dan otentikasi.

 

Di Indonesia maupun seluruh dunia, tanda tangan digital yang sah menggunakan mekanisme pengamanan kriptografi dan diterbitkan oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). PSrE sendiri merupakan badan yang terdaftar dan tersertifikasi untuk menerbitkan Sertifikat Elektronik sehingga tanda tangan  dapat diakui legalitasnya dan mengikat secara hukum di Indonesia.

 

PSrE harus memiliki tingkat perlindungan sistem teknologi informasi yang tinggi dan melengkapi beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh suatu institusi atau lembaga. Tanda tangan  yang diterbitkan PSrE hanya dapat dimiliki dan digunakan oleh pengguna yang identitasnya telah diverifikasi oleh PSrE serta tidak dapat dialihkan atau digunakan oleh orang lain.

 

Perkembangan Tanda Tangan Digital

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, banyak sektor bisnis beradaptasi dan menjalankan bisnisnya secara digital. Perubahan ini semakin terasa pada saat pandemi, untuk meminimalisir penyebaran dan penularan virus Covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan wilayah yang mengharuskan perusahaan melakukan Work From Home (WFH) sehingga sebagian besar kegiatan bisnis dan transaksi keuangan dilakukan secara online.

 

Salah satu infrastruktur penting dalam perubahan operasional dari konvensional ke digital ini adalah tanda tangan  yang digunakan untuk otentikasi dan verifikasi dokumen penting. Menurut, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 11 tanda tangan  memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah selama memenuhi persyaratan.

 

Keuntungan Bagi Bisnis

Berikut ini adalah keuntungan tanda tangan  untuk berbagai sektor bisnis.

 

1. Meningkatkan efisiensi

 

Beralih ke tanda tangan  dan dokumen digital dapat meningkatkan efisiensi operasional Anda. Dengan mengurangi penggunaan dokumen kertas yang justru memperlambat pekerjaan atau berpotensi mengakibatkan kesalahan, proses kerja akan lebih cepat.

 

2. Ramah lingkungan

 

Menghilangkan kertas dan daya yang digunakan oleh printer dan scanner, akan membantu mengurangi jejak karbon sehingga bisnis Anda lebih ramah lingkungan.

 

3. Penghematan biaya

 

Kertas, printer, dan tinta printer mungkin tampak seperti biaya kecil untuk bisnis Anda, tapi semakin besar skala bisnis Anda tentu akan menambah biaya yang dibutuhkan untuk mencetak dokumen-dokumen penting. Dengan tanda tangan  dapat membantu mengurangi biaya tersebut dan dananya dapat dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

 

4. Kepuasan pelanggan dan mitra

 

Proses validasi dokumen yang lebih sederhana dan cepat dengan tanda tangan  dapat meningkatkan kepuasan dari pelanggan dan mitra Anda.

 

5. Kelangsungan bisnis

 

Mencetak dokumen penting dengan kertas adalah cara konvensional. Menggunakan tanda tangan  adalah salah satu cara yang dilakukan agar bisnis Anda bisa tetap kompetitif di era digital.

 

6. Kerapian dokumentasi

 

Dokumen digital juga lebih mudah disimpan karena tidak memerlukan ruang fisik, dan dapat dengan mudah diambil kapan saja dengan fitur pencarian. Untuk mencegah kehilangan dan kerusakan dokumen, dokumen akan disimpan dalam bentuk digital pada Cloud.

 

7. Keamanan dokumen

 

Tanda tangan  tidak dapat diwakilkan dan hanya bisa digunakan oleh Anda. Hal ini mencegah adanya pemalsuan tanda tangan dan identitas pada dokumen.

 

Jenis-jenis Sektor Bisnis

Bisnis dari berbagai industri membutuhkan tanda tangan  tersertifikasi, berikut ini beberapa di antaranya:

 

1. Sektor bisnis finansial

 

Layanan finansial dan transaksi keuangan tidak lepas dari dokumen-dokumen penting dan rahasia yang harus ditandatangani seperti form pengambilan dana, form penyetoran dana, form pengajuan KPR, form pinjaman, laporan laba rugi, laporan pertanggungan biaya, dan lain-lainnya. Penggunaan tanda tangan  tersertifikasi membuat proses validasi lebih efektif dan memiliki rekaman dokumen yang tersusun rapi secara digital sangat bermanfaat pada saat audit.

 

2. Sektor bisnis legal

 

Semua dokumen legal membutuhkan tanda tangan sebagai tanda persetujuan atau kesepakatan seseorang terhadap isi dokumen, tanda tangan ini sifatnya mengikat secara hukum. Tanda tangan  dalam penerapannya memang memiliki kekuatan hukum yang tetap. Di berbagai negara, terdapat aturan tersendiri yang mengatur tata cara penggunaan tanda tangan . Termasuk penyelesaiannya di mata hukum dan di pengadilan sebagai sebuah bukti otentik.

 

3. Sektor bisnis properti

 

Agen properti memerlukan banyak kontrak untuk ditandatangani mitranya seperti Sertifikat Hak Milik, Izin Mendirikan Bangunan, Hak Guna Bangunan, dan dokumen lainnya. Dengan tanda tangan basah, agen harus mengunjungi mitra atau sebaliknya. Dalam proses tersebut tentu kedua belah pihak harus menyesuaikan jadwal terlebih dahulu, belum lagi mengatasi kemacetan di perjalanan yang membuat waktu terbuang lebih lama hanya untuk sebuah tanda tangan. Agar lebih efisien dalam segi waktu dan tenaga, bisnis properti sebaiknya menggunakan tanda tangan  tersertifikasi.

 

4. Sektor bisnis asuransi

 

Anda yang bekerja di sektor bisnis asuransi pasti tahu jika dokumen seperti polis asuransi atau pencairan klaim yang diproses setiap hari itu jumlahnya sangat banyak. Dengan tanda tangan , pengelolaan dan proses validasi dokumen menjadi jauh lebih mudah baik dari segi agen maupun dari segi pemegang polis.

 

Pilih Tanda Tangan Digital Tersertifikasi yang Tepat

Perhatikan legalitas, fitur, biaya, dan layanan dari penyedia layanan saat memilih tanda tangan  tersertifikasi. VIDA merupakan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) Berinduk yang telah terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang memiliki fitur tanda tangan  bernama VIDA Sign. Kenali lebih lanjut tentang VIDA Sign dengan menghubungi kami.

 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital
deepfake

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital

Teknologi deepfake seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, deepfake menawarkan potensi besar dalam industri kreatif. Namun, di sisi lain,...

April 19, 2024

Melawan Deepfake dengan Teknologi dan Regulasi
deepfake

Melawan Deepfake dengan Teknologi dan Regulasi

Sudah ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi konten deepfake, dari teknologi hingga regulasi. Apa saja?

April 18, 2024

Dari Rekening Sampai Dating Bisa Rugi Gara-Gara Deepfake
deepfake

Dari Rekening Sampai Dating Bisa Rugi Gara-Gara Deepfake

Gara-gara konten deepfake sangat mirip dengan aslinya, deepfake pun menjadi ancaman dalam kehidupan sehari-hari kita, mulai dari rekening s...

April 17, 2024