Skip to content
microsoft

Mar 18, 2022

Integrasi Sertifikat Elektronik VIDA dalam Adobe Sign & Microsoft Teams

VIDA bersama Adobe Sign menghadirkan Tanda Tangan Elektronik berstandar global yang dilengkapi dengan Sertifikat Elektronik dari VIDA.

VIDA bersama Adobe Sign menghadirkan Tanda Tangan Elektronik berstandar global yang dilengkapi dengan Sertifikat Elektronik dari VIDA.

Pandemi telah mengubah budaya kerja kita, termasuk cara kita menangani dan mengesahkan dokumen. Penggunaan tanda tangan elektronik pun meningkat walau interaksi tatap mulai kembali. Tanda tangan elektronik dianggap lebih aman, praktis, hemat dan legal sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja.

 

Bagaimana VIDA menyiapkan hal ini untuk mendukung transisi publik menuju budaya kerja masa depan?

 

Apa Itu Tanda Tangan Elektronik Berbasis Cloud?

Tanda tangan elektronik berbasis cloud adalah tanda tangan elektronik yang dibubuhkan, dikelola, dan disimpan melalui perangkat yang terhubung dengan layanan cloud. Cloud adalah sebuah unit penyimpanan digital yang dapat diakses kapanpun dan di manapun selama tersedia jaringan internet.

 

Tanda tangan elektronik berbasis cloud dapat digunakan untuk validasi dokumen dan menjadi penanda bahwa dokumen yang telah ditandangani telah sah dan legal karena memiliki sertifikat elektronik.

 

Tanda Tangan Elektronik tersertifikasi yang menggunakan Sertifikat Elektronik memberikan jaminan kepercayaan bagi pemilik yakni berupa keaslian data. Dengan menunjukkan identitas pemilik sertifikat dalam dokumen elektronik, keutuhan data agar aktivitas dalam dokumen elektronik yang telah ditandatangani dapat dipantau, serta menjamin keaslian dan integritas sebuah dokumen.

 

Solusi Kerja Remote dari VIDA, Adobe Sign, dan Microsoft Teams

Pada masa pandemi, kebijakan bekerja dari rumah telah mendorong perubahan budaya kerja memasuki era kerja hybrid. Digitalisasi dalam berbagai proses bisnis perlu diterapkan untuk hasil kerja yang lebih efektif dan efisien, termasuk proses penandatanganan dokumen.

 

Riset oleh Adobe menunjukan bahwa saat ini pekerja memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap teknologi dalam membantu untuk bekerja lebih efisien dan efektif. Riset tersebut menyorot bahwa sepertiga waktu kerja digunakan untuk melakukan pekerjaan yang repetitif seperti pengelolaan dokumen, formulir, kontrak, faktur, dan lain lain.

 

Selain itu, lebih dari 86% pekerja menyatakan bahwa pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang menghambat mereka untuk mengerjakan tugas utama mereka. Lebih lanjut, 91% dari responden menyatakan bahwa mereka tertarik menggunakan perangkat yang dapat membuat tugas atau proses kerja mereka menjadi lebih efisien, seperti tanda tangan elektronik. Hasil riset ini menunjukkan manfaat dan pentingnya penggunaan tanda tangan elektronik untuk tujuan profesional.

 

VIDA bersama Adobe Sign menghadirkan Tanda Tangan Elektronik berstandar global yang dilengkapi dengan Sertifikat Elektronik dari VIDA. VIDA menjadi perusahaan Certificate Authority (CA) pertama di Indonesia yang terdaftar dalam Adobe Approved Trust List (AATL). Tanda tangan digitalnya dapat dikenali di lebih dari 40 negara. “Dipilihnya VIDA sebagai PSrE pertama di Indonesia dalam Adobe Approved Trust List (AATL) menunjukan kemampuan VIDA untuk memenuhi standar keamanan dan teknis yang mapan, serta diterima secara luas di seluruh dunia. Dengan menyediakan layanan transaksi digital yang lebih aman dan diterima secara global, kami harap dapat memperkuat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap tanda tangan elektronik dan membuatnya lebih mudah untuk digunakan dan diakses, serta meningkatkan pengalaman menggunakan dokumen digital bagi semua orang,” kata Chandra Sinnathamby, Head of Adobe Document Cloud - Asia Pacific, Adobe.

 

Dengan menggunakan tanda tangan elektronik tersertifikasi dari VIDA, seseorang dapat menandatangani dokumen dengan aman dan tanpa hambatan di dalam perangkat lunak Adobe yang banyak digunakan oleh masyarakat. Misalnya, Adobe Acrobat, Acrobat Reader dan Adobe Sign. Proses ini pun kian dipersingkat dengan menggunakan produk kolaborasi berbasis cloud milik Microsoft seperti Microsoft Team.

4 Langkah Mudah Menggunakan Adobe Sign dengan Sertifikat Elektronik VIDA

VIDA bersama Adobe Sign menghadirkan Tanda Tangan Elektronik berstandar global yang dilengkapi dengan Sertifikat Elektronik dari VIDA yang bekerja di desktop, seluler, dan web, serta memenuhi tingkat kepatuhan dan jaminan tertinggi untuk otentikasi penanda tangan.

 

Berikut ini 4 langkah mudah menggunakan Adobe Sign dengan Sertifikat Elektronik VIDA.

  1. Pastikan Anda berlangganan paket Adobe Sign

  2. Jangan lupa berlangganan paket VIDA Cloud Digital Certificate

  3. Unduh Aplikasi VIDA untuk masuk dan verifikasi identitas Anda

  4. Siap menandatangani dokumen Anda dengan Adobe Sign menggunakan VIDA Digital Certificate

     

VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang berlisensi dan di bawah pengawasan Kominfo

VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang berlisensi dan di bawah pengawasan Kominfo, berfungsi sebagai penerbit sertifikat elektronik yang dapat digunakan dalam tanda tangan elektronik untuk memverifikasi dan mengautentikasikan identitas seseorang di dunia digital.

 

VIDA menerapkan standar perlindungan data kelas dunia, termasuk Public Key Infrastructure, pengenalan wajah, dan endpoint security guna menghadirkan solusi keamanan siber yang komprehensif.

 

VIDA juga menjadi PSrE pertama di Indonesia yang menerima akreditasi global WebTrust untuk implementasi standar keamanan internet dengan menerapkan biometrik wajah dalam melakukan verifikasi dan otentikasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.

 

Percayakan Verifikasi Identitas Digital Pada VIDA

Integrasi sertifikat elektronik pada VIDA Sign dapat mendorong percepatan transformasi digital untuk perkembangan bisnis karena identitas digital lebih aman dan sah secara hukum serta dapat digunakan untuk melakukan tanda tangan elektronik.

 

Dengan teknologi biometrik kelas dunia yang dilengkapi layanan verifikasi dan otentikasi identitas, manajemen akses, serta tanda tangan elektronik tersertifikasi, yang tentunya berguna untuk mendukung mitra bisnis mengembangkan bisnisnya secara cepat dan efisien

 

Pengalaman pengguna yang aman dan nyaman adalah prioritas utama kami. Jangan ragu untuk menggunakan solusi digital dari VIDA. Hubungi kami dengan cara kllik link di bawah ini untuk mendapatkan informasi seputar produk dan layanan dari VIDA.

 
VIDA together with Adobe Sign present a global standard digital signature accompanied by an Electronic Certificate from VIDA.

Baca: Proyeksi Pertumbuhan Tanda Tangan Elektronik Sampai Lima Tahun ke Depan

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Apakah Deepfake Selamanya Merugikan?
deepfake

Apakah Deepfake Selamanya Merugikan?

Bayangkan jika Anda bisa melakukan video call dengan Albert Einstein, Mahatma Gandhi, atau Soekarno di tahun 2024. Beberapa tahun lalu mema...

April 15, 2024

Teknologi Deepfake: Dari Mengganti Pemain Film Hingga Menghancurkan Perusahaan
deepfake

Teknologi Deepfake: Dari Mengganti Pemain Film Hingga Menghancurkan Perusahaan

Apa tantangan dan batasan deepfake? Apakah deepfake melanggar etika? Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

April 12, 2024

Di Balik Teknologi Deepfake: Bagaimana AI Canggih Menipu Dunia
deepfake

Di Balik Teknologi Deepfake: Bagaimana AI Canggih Menipu Dunia

Dengan kemajuan dalam kecerdasan buatan (AI), sekarang mungkin untuk membuat video dan audio hiper-realistis yang dapat menipu mata dan tel...

April 11, 2024