Skip to content
membuat tanda tangan digital

Des 08, 2023

Rahasia Sukses UMKM! 7 Tips Digitalisasi Hemat Biaya yang Harus Anda Ketahui

Tanda tangan digital menjadi kunci untuk mengoptimalkan proses bisnis, meningkatkan produktivitas, dan menyediakan solusi hemat biaya.

Bisnis kecil dan menengah atau UMKM terkadang menghadapi tantangan besar dalam menghadapi era digital. Saat kemajuan teknologi membuka peluang baru, UMKM yang belum terdigitalisasi bisa terkendala dalam berbagai aspek. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi problematika yang mungkin dihadapi UMKM tanpa digitalisasi, memberikan 7 tips hemat biaya untuk transformasi digital, dan mengintegrasikan solusi inovatif seperti VIDA Sign untuk membantu UMKM memasuki dunia digital.

 

Namun, sebelum kita membahas tips digitalisasi bisnis kecil dan menengah yang hemat biaya, mari kita bahas dulu beberapa problem atau kekurangan yang mungkin dihadapi oleh UMKM yang belum melakukan digitalisasi.

 

1. Kurangnya Akses ke Informasi

Bisnis kecil dan menengah yang belum digitalisasi seringkali kesulitan dalam mengakses informasi yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis mereka. Hal ini dapat membatasi potensi pertumbuhan bisnis dan kesempatan pasar baru.

2. Proses Bisnis yang Lambat

Tanpa digitalisasi, proses bisnis seringkali memakan waktu lebih lama. Misalnya, dalam hal pengelolaan dokumen dan pengiriman surat-menyurat, UMKM yang belum digitalisasi harus menghabiskan waktu yang lebih banyak daripada bisnis yang sudah digital.

3. Rendahnya Efisiensi Operasional 

Tanpa adanya digitalisasi, UMKM cenderung menghadapi tantangan dalam meningkatkan efisiensi operasional mereka. Proses manual yang memakan waktu dan rentan terhadap kesalahan dapat menghambat pertumbuhan bisnis.

 

Dengan mengidentifikasi dan memahami tantangan ini, UMKM dapat mengambil langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka melalui digitalisasi, terutama dalam segi menghemat biaya. Berikut adalah 7 tips hemat biaya untuk membantu UMKM mengatasi kendala tersebut:

 

1. Menggunakan Platform Kolaborasi Online

Implementasikan platform kolaborasi online untuk memfasilitasi komunikasi tim secara efisien. Dengan membuat tanda tangan digital, dokumen dapat disetujui dengan cepat tanpa perlu bertemu secara fisik.

2. Adopsi Tanda Tangan Digital

Membuat tanda tangan digital akan mempercepat proses persetujuan dan pengesahan dokumen, menghemat waktu serta biaya pengiriman dan penyimpanan fisik.

3. Sistem Manajemen Dokumen

Investasikan dalam sistem manajemen dokumen yang memungkinkan penyimpanan dan akses dokumen secara digital. Membuat tanda tangan digital akan memudahkan proses persetujuan dokumen dan mengurangi penggunaan kertas.

4. Edukasi Karyawan

Berikan pelatihan kepada karyawan mengenai proses kerja yang bisa dilakukan secara digital, termasuk manfaat membuat tanda tangan digital dan cara menggunakannya. Pemahaman ini akan membuat karyawan semakin teredukasi tentang teknologi. 

5. Penggunaan Aplikasi Keuangan Online

Pilih aplikasi keuangan online yang dapat diintegrasikan dengan mudah ke dalam sistem bisnis Anda. Dengan tanda tangan digital, proses persetujuan anggaran dan transaksi keuangan dapat dilakukan secara efisien.

6. Pemanfaatan Cloud Computing

Simpan data bisnis di cloud untuk meningkatkan aksesibilitas dan fleksibilitas. Membuat tanda tangan digital untuk mengamankan dokumen penting yang disimpan di cloud juga merupakan tips penting dalam keamanan dokumen.

7. Penerapan E-commerce dan Pembayaran Digital

Memperkenalkan sistem pembayaran digital dan platform e-commerce akan mengurangi ketergantungan pada transaksi tunai. Pergunakan tanda tangan digital untuk mengesahkan transaksi dan kontrak bisnis secara elektronik.

Dengan mengadopsi tips-tips di atas, bisnis kecil dan menengah dapat memasuki era digital dengan efisien dan hemat biaya. Membuat tanda tangan digital menjadi kunci untuk mengoptimalkan proses bisnis, meningkatkan produktivitas, dan menyediakan solusi hemat biaya yang dapat meningkatkan daya saing.

Kesimpulannya, UMKM memerlukan solusi yang efisien, hemat biaya, dan mudah diimplementasikan. Artikel ini mengidentifikasi kendala-kendala yang mungkin dihadapi UMKM tanpa digitalisasi dan memberikan 7 tips hemat biaya untuk transformasi digital. Dengan membuat tanda tangan digital yang berfokus pada kecepatan, efisiensi, dan keamanan, VIDA Sign muncul sebagai solusi inovatif untuk mempermudah UMKM memasuki dunia digital. Dengan fitur tanda tangan digital yang canggih, VIDA Sign tidak hanya mengatasi masalah, tetapi juga memberikan solusi yang dapat memacu pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis UMKM.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024