PERSYARATAN PENGGUNAAN AKUN ATAU LAYANAN VIDA
Berlaku mulai 30 April 2021

Selamat datang di Akun atau Layanan VIDA (Verified Identity for All)! Terima kasih karena telah memilih menggunakan VIDA. VIDA dioperasikan oleh PT Indonesia Digital Identity, perseroan terbatas yang didirikan secara sah berdasarkan hukum Republik Indonesia dan berkedudukan di DKI Jakarta, Indonesia.

MOHON BACA SYARAT PENGGUNAAN INI SECARA SAKSAMA. DENGAN MENGAKSES ATAU MENGGUNAKAN BAIK AKUN ATAU LAYANAN VIDA, ANDA MENYETUJUI UNTUK TERIKAT DENGAN SELURUH SYARAT YANG DICAKUP MELALUI PENYEBUTAN. APABILA ANDA TIDAK MENYETUJUI SYARAT TERSEBUT, ANDA HARUS BERHENTI MENGGUNAKAN LAYANAN INI SEGERA.

A. Umum:

1. Syarat Penggunaan ini (“Syarat”) berlaku bagi akses dan penggunaan pengguna (“Pengguna” atau “Anda”) atas akun yang berisi data pribadi Pengguna untuk mengakses layanan VIDA melalui situs web, aplikasi, Software Development Kit (SDK), alamat IP lain yang ditentukan atau produk atau jasa lain yang berhubungan dengan Syarat ini (secara bersama-sama, disebut sebagai “Akun atau Layanan”) yang disediakan oleh PT Indonesia Digital Identity (“VIDA”, “kami” atau “milik kami”). Berhubung kami menyediakan pelbagai produk dan jasa, maka syarat dan ketentuan tambahan akan diberlakukan untuk jenis Layanan tertentu. Apabila Anda menggunakan atau sedang menggunakan Akun atau Layanan atas nama suatu entitas, Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda menerima Syarat ini atas nama entitas tersebut dan entitas terkait menyetujui untuk bertanggung jawab kepada kami apabila Anda melanggar Syarat ini.

2. VIDA berhak mengubah atau menyunting Syarat ini kapan saja dan atas kebijaksanaan mutlaknya. Syarat yang telah direvisi berlaku pada saat syarat tersebut diunggah ke situs VIDA (www.vida.id). Kami menganjurkan Anda untuk memeriksa situs tersebut untuk setiap perubahan Syarat dari waktu ke waktu. Dengan tetap mengakses Akun atau Layanan kami, Anda dianggap telah menyetujui Syarat yang telah direvisi tersebut.

B. Penggunaan Akun atau Layanan VIDA:

3. Kecuali diizinkan dan disetujui lain oleh VIDA, kami memberikan Anda hak terbatas, dapat dicabut dan tidak dapat dialihkan untuk menggunakan Akun atau Layanan VIDA.

4. Untuk menggunakan Layanan VIDA, Anda wajib sudah berada pada umur yang secara hukum diakui untuk dapat bertindak untuk dan atas nama diri sendiri yaitu 21 tahun. Anda juga tidak pernah dimasukan dalam daftar hitam oleh VIDA atau akun Anda dinonaktifkan karena melanggar hukum atau melanggar Syarat atau kebijakan kami.

5. Untuk menggunakan baik Akun atau Layanan VIDA, Anda diminta untuk menyediakan data identitas diri Anda, termasuk namun tidak terbatas pada nama, nomor telepon, alamat email, tempat dan tanggal lahir, geolokasi, informasi tentang Kartu Tanda Penduduk atau kartu identitas lainnya, paspor, foto, dan data biometrik. Anda menyetujui untuk menyediakan kami dengan data yang benar, akurat, terbaru dan lengkap sepanjang waktu.

6. Anda dapat memilih untuk menggunakan Akun atau Layanan VIDA secara tidak langsung untuk mengakses atau menggunakan layanan yang disediakan oleh pihak ketiga. Dengan mengakses atau menggunakan layanan pihak ketiga tersebut, Anda menyetujui bahwa pihak ketiga tersebut dapat menerima dan menggunakan data pribadi Anda. VIDA akan membagikan data pribadi Anda kepada pihak ketiga dengan persetujuan Anda atas Syarat ini. Namun, penggunaan data pribadi oleh pihak ketiga terikat dengan Syarat Penggunaan atau Kebijakan Privasi masing-masing pihak ketiga dan tidak diatur berdasarkan Syarat Penggunaan VIDA. VIDA tidak bertanggung jawab atas setiap kehilangan atau kerugian atau akibat yang timbul sehubungan dengan penggunaan data pribadi Anda yang telah diterima oleh pihak ketiga dengan persetujuan Anda. VIDA juga tidak bertanggung jawab atas layanan yang disediakan oleh pihak ketiga tersebut kepada Anda.

7. Setelah terdaftar sebagai Pengguna VIDA, Anda berhak mengakses profil Anda kapan saja untuk menambahkan, menghapus, mengubah atau memperbarui setiap informasi yang telah disediakan oleh Anda. Apabila terdapat permohonan bantuan tambahan yang tidak dapat diakses melalui profil Anda, Anda dapat mengirimkan email ke support@vida.id. Akun Anda akan terus dapat diakses untuk jangka waktu yang tidak ditentukan kecuali Anda meminta kepada VIDA untuk melakukan penghapusan akun.

8. Dengan menggunakan Akun atau Layanan VIDA, Anda menyetujui bahwa Anda tidak akan baik secara langsung maupun tidak langsung:

a. mengadopsi, mempublikasikan, mengubah, melakukan rekayasa balik, mendistribusikan kembali, menghalangi atau mengganggu bagian dari Akun atau Layanan VIDA;

b. memotong, menghapus, merusak, melakukan bypass, menonaktifkan atau mengganggu setiap fitur Akun atau Layanan VIDA;

c. mengakses, menggunakan atau mengirimkan, setiap data yang bukan hak Anda, atau Anda tidak diizinkan secara sah untuk mengakses, menggunakan atau mengirimkan;

d. menggunakan setiap perangkat, software, exploits atau routine, termasuk setiap virus, trojan horse, time bomb, robot, spider, data-mining, data scraping tool, dan cancel bot, dengan maksud untuk merusak, menghalangi atau mengganggu kelancaran pengoperasian atau fungsi Akun atau Layanan VIDA atau mencuri atau mengambil setiap data dari Akun atau Layanan VIDA;

e. menggunakan Akun atau Layanan VIDA untuk setiap kegiatan yang melawan hukum, tujuan yang melanggar hukum atau tujuan yang dilarang oleh atau melanggar Syarat ini;

f. membuat pernyataan tidak benar atau membuat klaim palsu atau menyesatkan mengenai VIDA, atau Akun atau Layanan VIDA;

g. menggunakan VIDA untuk tujuan komersial apapun atau untuk kepentingan pihak ketiga manapun (yang tidak diizinkan oleh VIDA), termasuk menjual, menyewakan, melakukan sewa-beli, atau mengenakan biaya baik secara langsung maupun tidak langsung atas penggunaan Akun atau Layanan VIDA;

h. pada saat menggunakan Akun atau Layanan VIDA, mengunggah, memposting atau mengirimkan, setiap material atau jenis yang:

i. tidak diminta atau diperlukan oleh Akun atau Layanan VIDA;

ii. bertentangan dengan norma dan peraturan perundangundangan;

iii. palsu, tidak akurat atau menyesatkan;

iv. memfitnah atau menipu; dan

v. menyalahi atau melanggar hak orang manapun.

C. Ketentuan Berlangganan Layanan VIDA:

9. VIDA memberikan Anda masa untuk mencoba Layanan secara gratis (free trial) untuk jangka waktu tertentu.

10. Setelah jangka waktu free trial berakhir, Anda akan dikenakan biaya berlangganan secara otomatis melalui metode pembayaran yang Anda pilih. Biaya berlangganan tidak akan dikenakan apabila Anda membatalkan Layanan sebelum jangka waktu free trial berakhir.

11. VIDA hanya memberlakukan jangka waktu berlangganan Layanan dengan skema tahunan, namun pembayaran biaya berlangganan yang akan diberlakukan terhadap Anda sesuai dengan rencana pembayaran rutin yang Anda pilih yaitu bulanan atau tahunan. Rencana pembayaran rutin hanya dapat diubah dengan menyetujui rencana pembayaran rutin baru. Dengan menyetujui rencana pembayaran rutin yang baru, Anda menyetujui bahwa pembayaran yang telah Anda lakukan sebelumnya tidak dapat dikembalikan.

12. Saat persetujuan untuk berlangganan Layanan dan metode pembayaran rutin telah dipilih, Anda tidak dapat menghentikan penggunaan Layanan secara sementara dan meminta pengembalian biaya berlangganan Layanan.

13. Anda dapat membatalkan langganan Layanan VIDA sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan Anda. Saat Anda membatalkan langganan Anda, akses Anda terhadap Layanan VIDA akan dibatalkan juga.

14. Akses Anda terhadap Layanan VIDA juga akan dicabut apabila pada saat pengenaan biaya berlangganan di periode berlangganan yang baru tidak dapat dilakukan oleh VIDA yang terjadi karena tidak adanya cukup dana dalam rekening yang Anda otorisasi atau tidak sahnya/berlakunya metode pembayaran kartu yang Anda otorisasi.

15. VIDA dapat mengubah program berlangganan sewaktu-waktu yang rinciannya akan disediakan dalam situs VIDA, namun pembayaran yang telah Anda lakukan untuk jangka waktu berlangganan yang sedang berlaku tidak akan terdampak dan berubah dengan adanya perubahan tersebut. Program berlangganan akan berdampak untuk periode jangka waktu langganan yang akan diperbarui.

D. Kebijakan Privasi:

16. Mohon lihat Kebijakan Privasi tentang cara VIDA mengumpulkan, menggunakan dan mengungkapkan informasi terkait dengan Akun atau Layanan VIDA.

E. Kekayaan Intelektual:

17. Kecuali dinyatakan lain dalam Layanan atau lainnya, VIDA memiliki hak, hak milik atau kepentingan dalam seluruh teknologi dan data yang berkaitan dengan software dan Layanan, desain, format dan pemrosesan Layanan, database, program, protokol, tampilan, dan manual sehubungan dengan Layanan dan jaringan (termasuk setiap perubahan, penambahan atau peningkatannya). Nama dan logo VIDA dimiliki oleh VIDA dan dilindungi sebagai kekayaan intelektual VIDA.

18. Anda mengakui bahwa VIDA memiliki seluruh hak milik, hak dan kepentingan, termasuk hak kekayaan intelektual sebagaimana disebutkan di atas. Anda dilarang melakukan tindakan apapun baik secara langsung maupun tidak langsung akan membatasi hak milik, hak atau kepentingan kami.

19. Dengan menggunakan Akun atau Layanan VIDA, VIDA tidak menyatakan atau menjamin kepada Anda atas pelanggaran atau penyalahgunaan atas hak pihak ketiga, termasuk hak kekayaan intelektual.

20. Setiap bagian Akun atau Layanan VIDA tidak dapat diperbanyak atau digunakan tanpa izin tertulis sebelumnya dari VIDA. Anda mengakui bahwa setiap pelanggaran atau upaya untuk melanggar ketentuan sehubungan dengan hak kekayaan intelektual akan menyebabkan pengakhiran atas seluruh hak Pengguna yang berkaitan dengan Akun atau Layanan VIDA.

F. Pemasaran, Iklan dan Promosi oleh Pihak Ketiga:

21. VIDA memberikan Anda dengan pilihan, ketika Anda mengakses Layanan VIDA, untuk menonaktifkan atau mendapat pemberitahuan untuk tujuan pemasaran, termasuk iklan dan promosi oleh pihak ketiga. Apabila Anda memilih untuk menerima pemberitahuan oleh pihak ketiga, Anda akan mulai menerima informasi tersebut yang berkaitan dengan hal tersebut, atau partisipasi dalam promosi pihak ketiga tersebut dan setiap syarat, ketentuan atau jaminan, hanya antara Anda dan pihak ketiga tersebut. VIDA tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau ganti rugi atau akibat apapun yang timbul dari transaksi, iklan atau promosi tersebut atau disebabkan oleh informasi pihak ketiga tersebut mengenai Layanan VIDA.

G. Batasan Tanggung Jawab:

22. VIDA menyediakan layanan “sebagaimana adanya” dan tidak memberikan baik jaminan atau pernyataan bahwa penggunaan Akun atau Layanan VIDA akan senantiasa bekerja secara tepat waktu, tanpa gangguan, bebas dari perubahan, transmisi, kerusakan, kehilangan, penghapusan atau penyembunyian yang disebabkan oleh tindakan pihak manapun baik secara sengaja atau tanpa hak atau bertentangan dengan hukum. Gangguan atau keterlambatan dapat terjadi karena ketidaktersediaan atau gangguan layanan pihak ketiga yang dapat digunakan oleh Anda.

23. Dalam hal apapun, VIDA tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan langsung, khusus, tidak langsung, atau konsekuensial, atau kerusakan lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada (i) kehilangan data; (ii) hilangnya pendapatan, keuntungan atau pendapatan lain; dan/atau (iii) kerugian, kerusakan, atau cedera yang timbul dari atau dengan cara apapun terkait dengan penggunaan Anda termasuk namun tidak terbatas pada:

a. Ketidakmampuan Anda dalam menggunakan serta menjaga Akun atau Layanan VIDA, termasuk kegagalan dalam melakukan langkah perlindungan atas Kunci Privat Anda;

b. Kegagalan dalam memenuhi ketentuan dalam Perjanjian Kepemilikan atau CP/CPS;

c. Kegagalan yang disebabkan oleh penyalahgunaan atau penggunaan layanan VIDA secara ilegal oleh Anda;

d. Kegagalan yang disebabkan oleh pihak lain yang berada di luar kontrol VIDA;

e. Segala hal yang yang disebabkan oleh hal-hal yang berada diluar kendali yang wajar (keadaan kahar), termasuk tapi tidak terbatas pada tindakan otoritas sipil atau militer, bencana alam, kebakaran, epidemi, banjir, gempa bumi, kerusuhan, perang, kegagalan peralatan, pemadaman listrik dan kegagalan jalur telekomunikasi, kurangnya akses Internet, sabotase, terorisme, dan tindakan pemerintah atau setiap kejadian atau situasi yang tidak terduga;

f. Hal lain yang diatur dalam Kebijakan Jaminan VIDA.

H. Ganti Rugi:

24. Anda menyetujui untuk melindungi, mengganti rugi dan membebaskan VIDA dari dan terhadap setiap dan seluruh klaim dan kerugian, tanggung jawab, biaya dan pengeluaran (termasuk namun tidak terbatas pada biaya jasa penasihat hukum), sepanjang diajukan terhadap atau diderita atau ditanggung oleh VIDA yang timbul bagaimanapun juga baik secara langsung maupun tidak langsung dari pengaksesan atau penggunaan Anda atas Akun atau Layanan VIDA, atau pelanggaran Anda atas setiap Syarat ini.

25. VIDA hanya akan memberikan ganti rugi kepada Anda untuk hal-hal yang tercakup pada Kebijakan Jaminan VIDA dan Pengembalian Dana.

I. Perubahan Layanan:

26. VIDA berhak untuk mengubah atau menghentikan baik secara sementara maupun secara permanen setiap Layanan, fitur atau bagian lainnya tanpa pemberitahuan sebelumnya, Anda menyetujui bahwa VIDA tidak bertanggung jawab atas setiap perubahan, penghentian sementara, atau penghentian atas setiap Layanan, fitur atau bagian lainnya tersebut.

J. Pengakhiran Layanan:

27. Dalam hal terjadi pelanggaran atas Syarat ini atau syarat dan ketentuan khusus lain dari layanan VIDA yang Anda gunakan, VIDA berhak mengakhiri hak Anda untuk menggunakan Akun atau Layanan VIDA, atau sebagian hal tersebut, termasuk pemblokiran atau pencegahan akses dan penggunaan Anda di kemudian hari atas Akun atau Layanan VIDA, atau sebagian hal tersebut.

K. Bahasa:

28. Syarat ini dibuat dan disepakati dalam 2 (dua) bahasa. Dalam hal terdapat pertentangan antara bahasa yang satu dan bahasa lainnya, maka versi bahasa Indonesia yang akan diberlakukan.

L. Keterpisahan:

29. Apabila sebagian ketentuan Syarat ini dianggap tidak sah, berlaku atau tidak dapat dilaksanakan dengan alasan apapun, maka ketentuan tersebut akan dianggap terpisah dari Syarat ini. Sedangkan ketentuan lainnya akan tetap berlaku dan dapat dilaksanakan. VIDA berhak mengganti dan/atau mengubah ketentuan yang tidak dapat dilaksanakan diizinkan dan berlaku berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

M. Hukum Yang Mengatur:

30. Syarat ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia.

N. Rincian & Informasi Dukungan Pelanggan:

31. Dalam hal dukungan diperlukan atau Anda ingin menambahkan, mengubah, atau menghapus informasi Anda, merujuk kepada syarat dan ketentuan khusus dari layanan VIDA yang Anda gunakan, atau ingin melaporkan masalah kepada kami, Anda dapat menghubungi kami di support@vida.id.

32. Setiap pemberitahuan dari kami akan ditujukan kepada Anda melalui situs kami atau dikirim kepada Anda melalui email atau nomor yang telah diberikan oleh Anda kepada Kami.