Skip to content
otentikasi

Jul 28, 2023

Era Baru Autentikasi: Solusi Masa Depan Pengganti SMS OTP

VIDA Auth adalah sistem autentikasi mutakhir yang menggunakan biometrik wajah untuk memverifikasi pengguna, sehingga lebih sulit bagi penjahat untuk meretas akun Anda.

Di era digital saat ini, penggunaan teknologi dan koneksi internet untuk bertransaksi tentu meningkat drastis, begitu pula dengan ancaman keamanan siber. Metode autentikasi tradisional seperti SMS OTP (kata sandi sekali pakai) memang populer, namun cara ini ternyata masih memiliki berbagai keterbatasan. 

Kata sandi sekali pakai yang dikirim melalui pesan teks tersebut ternyata masih rentan terhadap upaya peretasan, sehingga membahayakan akun pengguna dan informasi sensitif. Selain itu, proses autentikasi dapat memakan waktu lama, yang menyebabkan frustrasi pengguna dan penurunan produktivitas. Selain itu, biaya SMS OTP juga makin meningkat dengan signifikan untuk bisnis dengan volume transaksi yang tinggi.

Memperkenalkan VIDA Auth

VIDA Auth adalah sistem autentikasi mutakhir yang menggunakan biometrik wajah untuk memverifikasi pengguna, sehingga lebih sulit bagi pelaku kejahatan siber untuk meretas akun Anda. VIDA Auth juga menyediakan solusi autentikasi yang lebih cepat dan lebih andal, memastikan autentikasi yang aman dan cepat dengan anti ribet.

Keamanan Lebih Terjamin

VIDA Auth menggunakan teknologi mutakhir seperti autentikasi biometrik dan FIDO2/Webauthn untuk memastikan autentikasi yang aman dan cepat. Hal ini membuat para penjahat lebih sulit untuk meretas akun.

Autentikasi Lebih Cepat

Metode unik VIDA Auth untuk autentikasi memangkas waktu login secara signifikan. Di mana solusi SMS OTP standar dapat memakan waktu antara 15 dan 30 detik, VIDA Auth mendapatkan hasil yang sama dalam waktu kurang dari 3 detik. Hal ini memastikan bahwa pengalaman pengguna menjadi lancar dan mudah.

Hemat Biaya

Beralih dari SMS OTP biasa ke Penggantian SMS OTP VIDA Auth dapat menghemat banyak uang bagi bisnis. Layanan VIDA Auth menghemat bisnis $ 3.000 per juta OTP dibandingkan dengan SMS.

Contoh Penggunaan

VIDA Auth dapat digunakan di berbagai industri, termasuk perbankan, fintech, dan e-commerce. Layanan ini dapat digunakan untuk mengamankan transaksi bernilai tinggi, autentikasi tanpa kata sandi, autentikasi berbasis kode QR, dan pencegahan pengambilalihan akun.

VIDA Auth adalah solusi autentikasi revolusioner yang dapat menggantikan SMS OTP tradisional, memberikan alternatif yang lebih aman, efisien, dan hemat biaya. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk bisnis yang ingin meningkatkan postur keamanan siber mereka dan mengurangi risiko serangan siber.

Kesimpulan

Ketika ancaman keamanan siber yang terus berkembang, VIDA Auth muncul sebagai harapan untuk membangun kembali autentikasi berbasis biometrik wajah dengan dibekali sistem keamanan tingkat tinggi. Di saat dunia digital menjadi semakin rentan dengan kejahatan siber, individu dan bisnis perlu merangkul solusi inovatif seperti VIDA Auth untuk melindungi identitas dan transaksi online mereka.

Dengan menyediakan alternatif yang aman, efisien, dan hemat biaya untuk OTP SMS tradisional, VIDA Auth membuka jalan untuk pengalaman pengguna yang lebih mudah digunakan dan andal. Saatnya beralih ke VIDA Auth agar bisnis Anda semakin dibekali dengan keamanan siber yang lebih tinggi. 

Tentang VIDA

VIDA beroperasi sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE), berlisensi, bersertifikat, dan berakar di Indonesia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menerbitkan Digital Identity dan tanda tangan digital yang mengikat secara hukum kepada individu dan institusi. VIDA memverifikasi dan mengautentikasi jutaan identitas setiap hari dalam transaksi web dan seluler secara real-time untuk membantu ekosistem bisnis memastikan kepatuhan terhadap peraturan Know Your Customer (KYC) dan Anti Pencucian Uang (AML).

Produk kami telah digunakan oleh jutaan pengguna di Indonesia, termasuk perusahaan teknologi digital native dari berbagai industri seperti layanan keuangan, e-commerce, transportasi, telekomunikasi, dan kesehatan. Kami memanfaatkan keahlian kami dalam keamanan informasi untuk membantu perusahaan-perusahaan ini mengurangi penipuan, meningkatkan kepercayaan dalam transaksi online, dan pada akhirnya, menyediakan lingkungan digital yang aman dan terjamin untuk menjalankan bisnis. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Mengenal Serangan Deepfake pada Proses Verifikasi Identitas
deepfake

Mengenal Serangan Deepfake pada Proses Verifikasi Identitas

Sebelum menjadi celah kejahatan, deepfake beredar di media sosial sebagai hiburan. Namun, deepfake berkembang menjadi kejahatan ketika tekn...

Mei 02, 2024

90% Profesional Bisnis Tidak Tahu Cara Melindungi Perusahaan dari Deepfake
deepfake

90% Profesional Bisnis Tidak Tahu Cara Melindungi Perusahaan dari Deepfake

Dalam survei yang dilakukan VIDA di kalangan para profesional bisnis di Indonesia, kesadaran tentang AI masih rendah, terlebih tentang deep...

Mei 02, 2024

Ketika Telah Menjadi Ancaman, Apakah Deepfake Tetap Menjadi Hiburan?
deepfake

Ketika Telah Menjadi Ancaman, Apakah Deepfake Tetap Menjadi Hiburan?

Ketika inovasi deepfake memberikan manfaat, penting juga untuk memberikan batasan agar deepfake tidak menjadi sumber kejahatan.

April 23, 2024