Skip to content
identitas digital

Mei 23, 2023

Bagaimana Verifikasi Biometrik Wajah Menjaga Keamanan Identitas Anda?

VIDA Verify menggunakan kombinasi perangkat lunak atribusi wajah dan deteksi keaktifan untuk menentukan dengan akurasi lebih dari 99,5%.

VIDA Verify menggunakan kombinasi perangkat lunak atribusi wajah dan deteksi keaktifan untuk menentukan dengan akurasi lebih dari 99,5%.

Di masa pandemi ini, teknologi berperan penting menjaga kegiatan masyarakat agar tetap berjalan dan membuat masyarakat tetap produktif. Di tengah tantangan  yang terjadi di era transformasi digital seperti penyalahgunaan data pribadi untuk pemalsuan data dan kebocoran data, dibutuhkan teknologi untuk perlindungan keamanan data pribadi

 

Teknologi biometrik wajah punya berbagai cara dan keunggulan untuk melindungi identitas digital Anda.  Temukkan jawabannya dalam artikel ini!

 

Peran Teknologi Biometrik Wajah untuk Keamanan Identitas

 

Verifikasi biometrik merupakan proses verifikasi identitas menggunakan identitas biologis, karakteristik fisik, atau perilaku seseorang seperti pemindaian wajah, gerakan, atau hal yang dimiliki pengguna untuk keamanan digital. Sistem verifikasi identitas digital menggunakan biometrik ini bertujuan untuk verifikasi identitas yang akurat dan mampu membuktikan diri seseorang dengan tepat. 

 

Setiap data verifikasi sifatnya pribadi dan tidak bisa dipalsukan oleh orang lain. Tidak seperti password, biometrik tidak dapat dilupakan, hilang, dan mudah disalin. Setelah data biometrik Anda disimpan, cukup dilakukan pemindaian tanpa kata sandi. Sistem akan membandingkan dan menganalisis apakah biometrik pengguna cocok dengan data yang disimpan. Setelah berhasil dicocokkan, sistem akan memberi kuasa pada pengguna untuk melakukan akses.

 

Teknologi verifikasi biometrik terkini mampu melakukan proses verifikasi secara digital dan otomatis sehingga prosesnya menjadi sangat singkat dan semakin cerdas. Teknik enkripsi dalam biometrik mempersulit pihak luar dalam mereplikasi data biometrik sehingga mencegah terjadinya pemalsuan data atau pencurian data. 

 

Berbagai manfaat dan keunggulan dari sistem verifikasi identitas biometrik membuat sistem ini bisa digunakan untuk bermacam keperluan yang sifatnya membutuhkan jaminan keamanan seperti transaksi online.

 

Keunggulan Sistem Verifikasi Identitas Biometrik

  • Implementasi dan pengelolaan yang tepat dari sistem verifikasi biometrik sangat membantu menjaga keamanan identitas
  • Sistem verifikasi identitas biometrik modern dapat digunakan untuk verifikasi identitas skala masif dengan waktu singkat, sangat cocok digunakan oleh lembaga pemerintahan, perbankan, institusi finansial, maupun aktivitas yang membutuhkan keamanan tingkat tinggi.
  • Sistem verifikasi identitas biometrik tidak lagi membutuhkan proses yang panjang dan melibatkan banyak pihak sehingga akan sangat efisien dari sisi biaya
  • Sistem verifikasi biometrik hanya dapat diakses satu orang saja dan bersifat unik. Dengan demikian, data verifikasi yang bersifat sangat pribadi dan tidak bisa dipalsukan oleh orang lain
  • Sistem verifikasi identitas biometrik juga dapat mengenali seseorang dengan tepat, akurat dan konsisten. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan dalam mengenali seseorang hanya karena memiliki kemiripan ataupun pemalsuan
  • Sistem verifikasi biometrik memiliki kemudahan akses karena tidak perlu menyentuh alat verifikasi seperti kartu, ataupun perangkat lainnya. Cukup dengan menunjukkan data biometrik yang melekat pada tubuh, maka verifikasi identitas dapat dilakukan.
  • Teknologi verifikasi identitas biometrik dapat mencatat segala aktivitas dengan lebih tepat karena dilakukan oleh sistem komputer. Sehingga setiap akses masuk maupun keluar bisa dengan mudah diketahui. Hal ini dapat meningkatkan akuntabilitas sistem keamanan

VIDA Verify

 

Untuk verifikasi identitas menggunakan biometrik wajah, Anda membutuhkan teknologi yang dapat dipercaya dan akurat. Gunakan VIDA Verify yang menggunakan kombinasi perangkat lunak atribusi wajah dan deteksi keaktifan untuk menentukan dengan akurasi lebih dari 99,5%.

 

Terdapat dua layanan dari VIDA Verify yang perlu Anda ketahui, yaitu:

 

Identity Verification

VIDA Verify Identity adalah solusi verifikasi identitas yang menghapus kemungkinan pendaftaran palsu, penipuan aplikasi, dan penipuan identitas. Integrasi solusi mudah dan fleksibel untuk diintegrasikan dengan sistem yang ada saat ini menggunakan SDK, API, dan platform iFrame.

 

 


Facial Biometrics

VIDA Verify Facial Biometrics adalah solusi verifikasi wajah yang menggunakan kombinasi perangkat lunak atribusi wajah dan deteksi keaktifan untuk menentukan dengan akurasi lebih dari 99,5%.

 

VIDA menggunakan beberapa teknologi dan AI untuk melakukan verifikasi identitas, yang utama menggunakan Verifikasi Biometrik dan Liveness Detection. Verifikasi VIDA dapat diterapkan dalam berbagai kasus penggunaan dan skenario yang diperlukan oleh penyedia layanan.

 

Keunggulan VIDA Verify

 

Berikut ini adalah keunggulan yang Anda dapatkan jika menggunakan VIDA Verify.

  • VIDA Verify memberikan jaminan hukum atas identitas pengguna dan tingkat jaminan yang tinggi dengan membandingkan data biometrik dan demografi dengan database nasional
  • Mencegah penipuan hingga 99,2%
  • Verifikasi identitas berdasarkan referensi resmi dan sumber hukum database identitas, secara real-time
  • Integrasi VIDA Verify mudah cocok untuk sebagian besar platform dan modul perangkat keras
  • Menggunakan teknologi Anti Spoofing (AI deep learning) yang kuat untuk mencegah scammers menggunakan gambar, video, dan topeng untuk memalsukan identitas

VIDA akan menyimpan data biometrik pelanggan dengan izin dan persetujuan pelanggan yang akan digunakan hanya untuk kebutuhan verifikasi yang diperlukan oleh pelanggan dan penyedia layanan. Hubungi team kami untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan VIDA Verify.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital
deepfake

Deepfake: Pedang Bermata Dua bagi Konsumen dan Bisnis Digital

Teknologi deepfake seperti pedang bermata dua. Di satu sisi, deepfake menawarkan potensi besar dalam industri kreatif. Namun, di sisi lain,...

April 20, 2024

Melawan Deepfake dengan Teknologi dan Regulasi
deepfake

Melawan Deepfake dengan Teknologi dan Regulasi

Sudah ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi konten deepfake, dari teknologi hingga regulasi. Apa saja?

April 18, 2024

Dari Rekening Sampai Dating Bisa Rugi Gara-Gara Deepfake
deepfake

Dari Rekening Sampai Dating Bisa Rugi Gara-Gara Deepfake

Gara-gara konten deepfake sangat mirip dengan aslinya, deepfake pun menjadi ancaman dalam kehidupan sehari-hari kita, mulai dari rekening s...

April 17, 2024