Skip to content
verifikasi identitas

Feb 21, 2024

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado

Selama 16 tahun, usaha Bu Lilis bernama Rumah Kado berjalan di tempat tanpa membawa perubahan yang diharapkan. Namun dengan teknologi digital, usaha itu kian berkembang.

Siapa sangka, di balik kesederhanaannya sebagai ibu rumah tangga, Bu Lilis menyimpan kekuatan luar biasa untuk mengangkat ekonomi keluarganya. Rumah Kado, sebuah toko serba ada yang menjual barang-barang untuk kado, adalah perwujudan usaha untuk memperbaiki hidupnya. 

Bu Lilis memulai usahanya yaitu membuka toko mainan pada tahun 2005. Tak langsung mulus, toko ini kerap berganti-ganti jenis barang dagangan sampai akhirnya diputuskan menjadi toko yang menjual barang-barang untuk kado. 

Selama 16 tahun, Rumah Kado berjalan di tempat. Tak ada perubahan berarti pada toko kecil tersebut. Bu Lilis memerlukan tambahan modal untuk mengembangkan toko. Kesadaran tentang potensi teknologi digital dalam pengembangan usaha muncul saat ia berdialog dengan pengusaha lain. Bu Lilis sadar bahwa teknologi digital dapat membantunya mengembangkan Rumah Kado. Solusi permodalan, kemudahan pembukuan, dan layanan administratif lainnya tersedia melalui teknologi digital yang diperkuat dengan verifikasi identitas yang jelas. 

Bu Lilis kemudian menemukan BukuWarung, sebuah aplikasi yang membantu digitalisasi UMKM. BukuWarung menerapkan verifikasi digital dari VIDA untuk mempercepat proses pendaftaran pada aplikasinya. Ketika hendak mengakses permodalan dari BukuWarung, hambatan yang seringkali ditemui adalah proses verifikasi yang lama dan berbelit. Namun berkat verifikasi dari VIDA yang tersemat dalam sistem BukuWarung, proses tersebut bisa lebih cepat. Oleh karena itu, verifikasi yang cepat dan tanpa hambatan adalah kunci kelancaran digitalisasi bisnis Rumah Kado. 

“Saya tidak perlu repot-repot membuat janji bertemu dengan orang untuk tanda tangan dokumen,” ujar Bu Lilis. 

Identitas digital yang terverifikasi menjamin keamanan dan kenyamanan dalam transaksi. Bu Lilis pun merasa tenang menggunakan BukuWarung dan verifikasi identitas dari VIDA untuk usahanya. 

Dengan pemanfaatan teknologi ini, Rumah Kado mengalami lonjakan pertumbuhan. Kisah inspiratif Bu Lilis menunjukkan bagaimana akses permodalan yang dipermudah dengan cepatnya verifikasi identitas pelaku usaha dapat membawa perubahan positif. 

Berikut kisah inspirasi Bu Lilis: 

 

Belajar dari Bu Lilis dan Rumah Kado, berikut sejumlah tips transformasi bisnis digital yang bisa diterapkan:

  • Adopsi Digital Identity: Manfaatkan sistem identitas digital untuk mempermudah verifikasi dan keamanan data. Dengan identitas digital yang terverifikasi, proses bisnis dapat menjadi lebih efisien dan terjamin keamanannya.
  • Gunakan Tanda Tangan Digital: Tanda tangan digital tidak hanya mempercepat proses transaksi, tetapi juga meningkatkan keamanan, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi usaha. 
  • Pemanfaatan Digital Marketing: Manfaatkan platform dan pemasaran digital untuk memperluas jangkauan pasar seperti SEO, media sosial, dan content marketing untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial.
  • Pelajari dan Terapkan Transformasi Digital: Edukasi diri sendiri dan karyawan tentang berbagai teknologi terbaru dalam bisnis. 

Rumah Kado adalah bukti betapa mudahnya verifikasi identitas untuk akses permodalan dan administratif digital lainnya. Kolaborasi antara VIDA dan BukuWarung melalui penerapan verifikasi secara digital merupakan inovasi yang signifikan. Verifikasi identitas tidak hanya meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memudahkan akses ke layanan keuangan, tetapi juga meningkatkan efisiensi operasional UMKM. 

Informasi lebih lanjut seputar verifikasi VIDA, silakan kunjungi halaman ini.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024