Skip to content
verifikasi identitas

Feb 10, 2022

Ini Dia Perbedaan Verifikasi Wajah dan Pengenalan Wajah

Verifikasi wajah memungkinkan Anda membuktikan secara online bahwa Anda adalah pemilik asli dokumen identitas digital Anda.

Verifikasi wajah memungkinkan Anda membuktikan secara online bahwa Anda adalah pemilik asli dokumen identitas digital Anda.

Metode pengenalan wajah dan verifikasi wajah di zaman digital ini sudah banyak digunakan dan dapat diterapkan dalam bidang keamanan seperti ijin akses masuk ruangan, melindungi identitas digital, sistem presensi kehadiran karyawan, dan verifikasi identitas saat beraktivitas atau bertransaksi online. Seringkali keduanya dianggap hal yang sama padahal kedua teknologi tersebut dan tujuan penggunaannya sama sekali berbeda.

 

Pengenalan Wajah

Merupakan teknologi pengambilan gambar wajah manusia untuk mengumpulkan informasi yang akan digunakan pada saat pengenalan identitas seseorang.

 

Gambar yang dikumpulkan secara otomatis diproses menjadi sebuah data. Data ini kemudian dipecah lagi oleh sistem pada teknologi pengenalan wajah menjadi lebih detil sehingga menghasilkan informasi yang dapat membedakan individu satu dengan yang lainnya.

 

Verifikasi Wajah

Verifikasi wajah adalah metode atau proses pengenalan yang menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk mengidentifikasi identitas dan memvalidasi pemilik identitas.

 

Perbedaan Verifikasi Wajah dan Pengenalan Wajah

Dulu, verifikasi identitas dilakukan dengan cara datang ke tempat atau lembaga yang bersangkutan, menyerahkan dokumen ke petugas, lalu petugas akan mengecek kecocokan foto pada dokumen dengan wajah kita. Di zaman serba digital ini, prosedur tersebut dapat dilakukan tanpa datang langsung menggunakan teknologi pengenalan wajah dan verifikasi wajah.

 

Biasanya, teknologi pengenalan wajah tidak memberikan dampak langsung kepada Anda. Sebagai contoh, teknologi pengenalan wajah dapat digunakan pada CCTV. Jika Anda memasuki gedung tempat CCTV tersebut, CCTV akan melakukan pemindaian wajah dan menyimpannya dalam database. Anda tidak akan tahu kapan dan bagaimana wajah Anda dipindai dan kapan data wajah Anda akan digunakan.

 

Verifikasi wajah dapat berdampak langsung pada Anda, misalnya saat Anda membuka akun di bank digital, Anda akan diminta mengunggah tanda pengenal dan foto wajah. Verifikasi wajah akan memberikan konfirmasi bahwa wajah Anda cocok atau tidak dengan dokumen yang diunggah.

 

Pentingnya Penggunaan Verifikasi Wajah

Berikut ini beberapa alasan mengapa verifikasi wajah sangat penting dilakukan:

 
  1. Password atau kata sandi berpotensi untuk diretas dan sulit diingat jika Anda membuat password yang berbeda di setiap akun

  2. Token atau aplikasi keamanan pada gawai berpotensi untuk hilang atau dicuri

  3. Hanya verifikasi wajah yang memungkinkan Anda membuktikan secara online bahwa Anda adalah pemilik asli dokumen dari identitas digital Anda.

Verifikasi Identitas Berbasis Biometrik

Verifikasi identitas merupakan proses yang tidak terpisahkan dari banyak aplikasi terutama yang berhubungan dengan bisnis, layanan keuangan, dan perbankan. Dengan kemajuan teknologi, kini verifikasi identitas menggunakan sistem yang lebih aman bukan hanya kode dan kata kunci tapi juga verifikasi identitas berbasis biometrik.

 

Verifikasi identitas berbasis biometrik merupakan sistem verifikasi identitas yang menggunakan identitas biologis, karakteristik fisik, atau perilaku seseorang. Tujuan dari sistem ini adalah agar verifikasi identitas lebih akurat, mampu membuktikan identitas diri seseorang dengan tepat sehingga meminimalisir potensi terjadinya pemalsuan atau pencurian identitas.

 

Alasan Menggunakan Verifikasi Identitas Bagi Pemilik Bisnis

Pemilik bisnis yang memiliki layanan atau transaksi online, perlu memprioritaskan keamanan identitas digital pengguna atau pelanggan atau penggunanya karena di era digital ini sangat rentan akan risiko kejahatan siber seperti kebocoran data pengguna atau pelanggan, yang berakibat pada penipuan atau pemalsuan identitas.

 

Kemampuan teknologi verifikasi dengan biometrik seperti ini membuat identitas seseorang sulit dicuri, dipalsukan, maupun disalahgunakan. Dengan begini, risiko kejahatan siber seperti akses ilegal ataupun otorisasi transaksi maupun tanda tangan palsu bisa dicegah.

 
Dengan keamanan identitas dan transaksi yang terjamin, perusahaan akan memiliki reputasi yang baik. Reputasi yang baik menandakan bahwa perusahaan Anda dipercaya oleh para pengguna atau pelanggan sehingga lebih unggul dibanding pesaing. Dengan begitu, bisnis Anda akan semakin mudah berkembang.
 

Tingkatkan Keamanan Identitas dengan VIDA Verify

VIDA memiliki fitur VIDA Verify yaitu solusi dari VIDA untuk melakukan verifikasi identitas digital untuk membantu penyedia layanan memverifikasi pelanggannya dengan tingkat keamanan yang tinggi dan meningkatkan kenyamanan pengguna.

 

VIDA diimplementasikan dan disertifikasi oleh regulator lokal seperti Kementerian Komunikasi dan Telekomunikasi, Bank Indonesia, dan OJK sebagai penyedia layanan verifikasi identitas. Selain disertifikasi secara lokal, VIDA juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk manajemen keamanan data dan merupakan satu-satunya PSrE di Indonesia yang disertifikasi oleh Webtrust sebagai jaminan standar keamanan internet yang diakui secara global.

 

Salah satu fitur andalan VIDA Verify adalah VIDA Verify Facial Biometrics. Vida Verify Facial Biometrics dengan teknologi kelas dunia verifikasi biometrik yang menggunakan verifikasi wajah. Solusi verifikasi wajah ini merupakan kombinasi perangkat lunak atribusi wajah dan deteksi keaktifan untuk menentukan dengan akurasi lebih dari 99,5%, yaitu:

 

1. Silent Liveness Detection

 

Memastikan integritas biometrik wajah pengguna untuk mencegah penipuan identitas

 

2. Teknologi Anti-Spoofing

 

Menggunakan teknologi AI deep learning yang kuat untuk mencegah scammers menggunakan gambar, video, dan topeng untuk memalsukan identitas

 

VIDA Verify mudah diintegrasikan untuk sebagian besar platform dan modul perangkat keras, fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, jangan ragu untuk mendiskusikan kebutuhan keamanan bisnis Anda dengan kami atau simak terlebih dulu informasi lebih lengkap tentang VIDA Verify di sini.

 

Face verification allows you to prove online that you are the original owner of your digital identity document.
 

 

Baca: Peran Verifikasi Identitas Biometrik untuk Pendaftaran Rekening Online

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024