Skip to content
tanda tangan

Des 20, 2024

Tanda Tangan Digital Gratis yang Mudah dan Aman

Kamu butuh tanda tangan elektronik secara cuma-cuma alias gratis yang mudah dan aman untuk melindungi dokumen dari pemalsuan? Cek platform resmi berikut ini!

Tanda Tangan Digital Gratis yang Mudah dan Aman

Memang ada tanda tangan digital gratis yang sama seperti tanda tangan basah? Ada, dong! Tanda tangan digital memungkinkan kamu menandatangani dokumen secara digital tanpa harus mencetak atau mengirimkannya secara fisik, dengan keabsahan yang sama seperti tanda tangan basah.

Artikel ini akan membahas cara tanda tangan digital gratis yang mudah dan aman, serta platform yang bisa kamu manfaatkan.

Apa Itu Tanda Tangan Digital?

Tanda tangan digital adalah tanda tangan elektronik yang menggunakan teknologi kriptografi untuk memastikan keaslian dan integritas dokumen. Berbeda dengan tanda tangan basah, tanda tangan digital gratis memberikan keamanan lebih karena setiap dokumen yang ditandatangani dilengkapi dengan sertifikat elektronik.

Sertifikat elektronik dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), salah satunya VIDA. Hanya PSrE yang bisa membuat tanda tangan digital yang aman dari pemalsuan.

Dokumen yang ditandatangani dengan tanda tangan digital PSrE otomatis memuat sertifikat elektronik. Inilah yang membuat tanda tangan digital gratis memiliki kekuatan hukum, tidak rawan dipalsukan, dan dapat dicek keaslian penandatangannya.

Penyedia Tanda Tangan Digital Gratis

Beberapa platform menyediakan tanda tangan digital gratis dan berbayar. Berikut beberapa platform yang menyediakan layanan tanda tangan digital gratis:

1. DocuSign

DocuSign adalah salah satu platform tanda tangan digital paling populer. Kamu dapat menandatangani dokumen hingga jumlah tertentu secara gratis setiap bulan. Platform ini cocok untuk individu maupun bisnis kecil.

2. Adobe Acrobat Sign

Adobe Acrobat Sign menawarkan fitur tanda tangan digital gratis untuk dokumen dalam jumlah terbatas. Adobe juga memungkinkan kamu untuk menambahkan tanda tangan digital langsung di dokumen PDF.

3. VIDA Sign

VIDA Sign adalah platform identitas digital yang menyediakan layanan tanda tangan digital gratis sesuai standar UU ITE. VIDA Sign memiliki 2 pilihan tanda tangan yaitu: e-Sign dan digital sign. e-Sign adalah tanda tangan digital gratis yang tidak memuat sertifikat elektronik dan biasanya digunakan untuk dokumen yang sifatnya tidak terlalu rahasia. Sementara digital sign memuat sertifikat elektronik dan digunakan untuk dokumen yang sangat penting.

Cara Tanda Tangan Digital Gratis dengan VIDA Sign

VIDA Sign adalah salah satu solusi tanda tangan digital gratis yang dapat diandalkan di Indonesia. Platform ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menandatangani dokumen elektronik tanpa biaya, sekaligus memastikan keamanan dokumen tetap terjaga.

Ada 2 jenis tanda tangan digital yang ditawarkan VIDA Sign, yakni e-Sign (tanda tangan digital gratis) dan digital sign (tanda tangan digital berbayar yang lebih aman). Penggunaannya tergantung pada kebutuhanmu.

Langkah-langkah membubuhkan e-Sign:

1. Registrasi Akun

Kunjungi https://sign.vida.id dan daftar akun baru menggunakan email.

2. Unggah Dokumen

Unggah dokumen yang ingin ditandatangani dengan cara pilih “Create Envelope”.

3. Pilih Tanda Tangan

Pilih jenis tanda tangan digital gratis yaitu e-Sign. Sedangkan digital sign adalah tanda tangan yang bisa kamu top-up seharga 30.000 per 10 digital sign. Lalu pilih kolom Signature dan tambahkan tanda tanganmu di posisi yang diinginkan.

4. Kirim Dokumen

Setelah dokumen ditandatangani oleh dirimu sendiri, masukkan alamat email untuk memilih penandatangan lain. Setelah itu klik “Kirim”.

Langkah-langkah membubuhkan digital sign:

1. Registrasi dan Verifikasi Identitas

Kunjungi https://sign.vida.id dan daftar akun baru menggunakan email. Lalu lanjutkan proses verifikasi identitas dengan mengunggah KTP dan melakukan verifikasi biometrik.

2. Penerbitan Sertifikat Elektronik

Setelah verifikasi berhasil, kamu akan menerima Sertifikat Elektronik yang digunakan untuk proses penandatanganan digital.

3. Unggah Dokumen

Unggah dokumen yang ingin ditandatangani dengan cara pilih “Create Envelope”.

4. Pilih Tanda Tangan dan Tanda Tangani Dokumen

Pilih digital sign untuk tanda tanganmu. Setelah membubuhkan tanda tangan, kamu harus melakukan proses otentikasi agar bisa mengirimkan dokumen tersebut.

5. Pengiriman Dokumen

Kirim dokumen yang telah ditandatangani kepada pihak terkait. Penerima dapat memverifikasi keaslian tanda tangan digital melalui website Kominfo.

VIDA Sign terdapat pada mobile dan desktop, sehingga penggunaannya sangat fleksibel baik melalui handphone maupun laptop. Karena dapat diakses dengan 2 cara, kamu tidak perlu khawatir soal kapan dan dimana bisa menandatangani dokumen.

Bagaimana VIDA Sign Melindungi Dokumen dari Pemalsuan

1. Tanda Tangan Digital Membutuhkan KTP untuk Verifikasi Identitas

Proses tanda tangan digital gratis dan aman dimulai dari pendaftaran pengguna di platform tanda tangan digital seperti VIDA Sign. Pengguna diwajibkan untuk mendaftarkan identitas diri dengan KTP dan melakukan verifikasi biometrik.

Verifikasi biometrik ini mencakup proses pengenalan wajah melalui teknologi liveness detection untuk memastikan bahwa identitas yang diberikan adalah benar milik pengguna yang sah. Data dari KTP dan biometrik kemudian diolah untuk menerbitkan Sertifikat Elektronik, yang menjadi identitas unik setiap pengguna dalam membubuhkan tanda tangan digital.

Sertifikat Elektronik ini tidak hanya berfungsi sebagai bukti otentikasi identitas, tetapi juga melekat pada tanda tangan digital. Dengan adanya Sertifikat Elektronik, hanya pihak yang telah diverifikasi yang dapat menandatangani dokumen digital, sehingga mengurangi risiko pemalsuan identitas.

2. Proses Tanda Tangan Digital Harus dengan Otentikasi

Salah satu elemen keamanan penting dari tanda tangan digital adalah proses otentikasi. Sebelum pengguna dapat membubuhkan tanda tangan pada dokumen digital, platform seperti VIDA Sign mewajibkan mereka untuk melalui proses otentikasi identitas.

Otentikasi ini dilakukan melalui metode biometrik, seperti mengambil selfie. Teknologi biometrik ini memastikan bahwa individu yang mencoba menandatangani dokumen adalah orang yang sama dengan identitas yang terdaftar. Dengan teknologi liveness detection, sistem dapat membedakan antara wajah asli dengan gambar atau video, sehingga mencegah upaya pemalsuan menggunakan deepfake atau alat manipulasi lainnya.

3. Tindakan pada Dokumen Bisa Dilacak dengan Audit Log

Tanda tangan digital menawarkan transparansi penuh melalui fitur audit log, yang mencatat setiap aktivitas yang terjadi pada dokumen. Fitur ini memberikan rincian penting seperti siapa yang menandatangani dokumen hingga lokasi penandatanganan.

Audit log ini berfungsi sebagai bukti dalam proses hukum atau perselisihan, karena mencatat setiap langkah dalam proses penandatanganan. Sebagai contoh, jika ada pihak yang mencoba mengklaim bahwa mereka tidak pernah menandatangani dokumen, audit log dapat membuktikan keabsahan proses tanda tangan tersebut.

Bagi kamu yang mencari solusi lokal dengan legalitas terjamin, VIDA Sign adalah pilihan terbaik. Dengan fitur gratis yang aman dan sesuai regulasi, VIDA Sign membantumu menjaga keamanan dokumen sekaligus menghemat waktu dan biaya.

Yuk, pakai VIDA Sign sekarang!

Latest Articles

Tanda Tangan Digital Gratis yang Mudah dan Aman
tanda tangan

Tanda Tangan Digital Gratis yang Mudah dan Aman

Kamu butuh tanda tangan elektronik secara cuma-cuma alias gratis yang mudah dan aman untuk melindungi dokumen dari pemalsuan? Cek platform ...

Desember 20, 2024

Cara Tanda Tangan Digital untuk Hindari Pemalsuan Dokumen
tanda tangan

Cara Tanda Tangan Digital untuk Hindari Pemalsuan Dokumen

Tanda tangan secara digital tidak hanya menawarkan kemudahan, tetapi juga keamanan dokumen dari pemalsuan. Bagaimana cara melakukannya seca...

Desember 19, 2024

10 Contoh Surat Resmi untuk Berbagai Keperluan Bisnis
surat

10 Contoh Surat Resmi untuk Berbagai Keperluan Bisnis

Surat resmi adalah dokumen yang berkaitan dengan pihak lain. Seperti apa contohnya dan bagaimana cara membuatnya secara tepat? Yuk, simak a...

Desember 18, 2024