Skip to content
verifikasi

Jun 05, 2024

Tidak Menerima Kode Verifikasi WA? Hal Ini Penyebabnya!

Tidak jarang ketika kamu ingin meminta kode verifikasi WA namun tidak mendapatkannya. Berikut penyebab-penyebab paling sering kode tidak masuk ke HP kamu.

Tidak Menerima Kode Verifikasi WA? Hal Ini Penyebabnya!

Salah satu saluran komunikasi untuk menerima kode verifikasi atau kode OTP adalah WA. 

Namun, bagaimana jika kamu tidak menerima kode verifikasi di WA dari aplikasi yang baru kamu install dan daftar? Simak artikel ini untuk mengetahui penyebab dan 

Memahami Kode Verifikasi

Kode verifikasi adalah kode unik dengan waktu berlaku terbatas yang digunakan untuk meningkatkan keamanan data. Kode ini dikirimkan oleh aplikasi kepada pengguna selama proses login atau transaksi dan berfungsi sebagai autentikasi tambahan yang melengkapi kata sandi atau data biometrik. 

Jika kamu tidak menerima kode verifikasi di WA meskipun sudah mendaftarkan nomor, bisa jadi ada kesalahan sistem atau aplikasi palsu yang mencoba mengakses informasi pribadimu.

Baca juga: Memahami Proses Verifikasi, Otentikasi, dan Otorisasi

Penyebab Tidak Menerima Kode Verifikasi di WA

Tidak menerima kode verifikasi di WA artinya ada kesalahan pada beberapa faktor, seperti koneksi internet, perangkat, atau nomor handphone. Berikut beberapa penyebabnya: 

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Tidak menerima kode verifikasi WA bisa saja karena koneksi internet lemah atau tidak stabil. Koneksi yang terputus atau tidak stabil dapat menghalangi pengiriman kode verifikasi WA melalui SMS atau panggilan. 

2. Kesalahan dalam Memasukkan Nomor Telepon

Selain dari koneksi, penyebab pengguna tidak menerima kode verifikasi WA adalah salah memasukkan nomor handphone. Kesalahan ini biasa terjadi selama pendaftaran atau verifikasi. Kesalahan satu digit saja bisa membuat kamu tidak menerima kode verifikasi. 

3. Nomor Telepon Terblokir

Pada beberapa kasus, nomor handphone pengguna bisa diblokir oleh WhatsApp karena melanggar kebijakan penggunaan. Gara-gara hal ini, kode verifikasi tidak akan terkirim. Biasanya, nomor handphone terblokir jika terlihat dalam aktivitas yang melanggar ketentuan layanan.

4. Terlalu Banyak Permintaan Kode Verifikasi

Kamu juga bisa tidak menerima kode verifikasi WA jika banyak meminta kode verifikasi dalam waktu singkat. Biasanya, kode verifikasi datang dari aplikasi berbeda-beda. Sistem WhatsApp mungkin menganggapnya sebagai aktivitas mencurigakan dan menunda atau memblokir pengiriman kode untuk melindungi pengguna dari potensi serangan.

5. Mode Pesawat Aktif

Jika mode pesawat aktif, handphone akan mematikan sambungan jaringan seluler, sehingga kamu tidak akan bisa menerima SMS atau panggilan, termasuk kode verifikasi WhatsApp. Pastikan mode pesawat tidak aktif saat menunggu kode verifikasi.

6. Kartu SIM Rusak

Pengguna bisa saja tidak menerima kode verifikasi WA jika kartu SIM rusak. Kode verifikasi harus dikirim melalui SMS atau WA, sehingga nomor telepon harus aktif dan dapat menerima pesan untuk menerima kode verifikasi. Solusi untuk masalah ini adalah periksa kartu SIM pada menu Pengaturan di handphone

7. Aplikasi WhatsApp Belum Diperbarui

Versi aplikasi yang sudah usang bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk kesulitan menerima kode verifikasi. Pastikan aplikasi WhatsApp di handphone-mu sudah diperbarui ke versi terbaru.

8. Kode Verifikasi dari Aplikasi Palsu

Aplikasi palsu adalah aplikasi yang dirancang untuk meniru aplikasi asli dan sah dengan tujuan mengelabui pengguna agar mengunduhnya. Aplikasi ini sering kali menyerupai aplikasi resmi baik dari segi ikon, nama, maupun antarmuka pengguna, sehingga sulit dibedakan dari aslinya. Kode verifikasi dari aplikasi palsu seringkali tidak masuk ke WA namun langsung mengakses data pribadimu. 

Agar terhindar dari ancaman aplikasi palsu dan memastikan verifikasi yang aman, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu ambil:

  • Unduh Aplikasi dari Sumber Resmi

Terkadang pengguna ingin mengunduh aplikasi dari sumber lain karena bisa menggunakan fitur premium secara gratis. Namun, itu cara yang salah karena kamu menjadi rentan terhadap serangan siber. Jadi, pastikan kamu hanya mengunduh aplikasi dari toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. 

  • Periksa Ulasan dan Peringkat Aplikasi 

Sebelum mengunduh aplikasi, periksa ulasan dan peringkat dari pengguna lain. Aplikasi resmi biasanya memiliki ulasan positif dan peringkat tinggi. Jika setelah mendaftar aplikasi tersebut lalu kamu tidak menerima kode verifikasi di WA, hati-hati aplikasinya palsu. 

  • Gunakan Aplikasi Keamanan

Instal aplikasi keamanan yang dapat mendeteksi dan menghapus aplikasi palsu atau berbahaya dari perangkat kamu. Aplikasi keamanan juga dapat memberikan peringatan jika ada aktivitas mencurigakan.

Solusi Jika Tidak Menerima Kode Verifikasi WA 

1. Periksa Koneksi Internet

Pastikan koneksi internet stabil. Jika menggunakan Wi-Fi, coba ganti ke data seluler atau sebaliknya untuk memastikan koneksi yang lebih baik. Koneksi internet yang baik diperlukan untuk proses verifikasi.

2. Periksa Nomor Telepon

Pastikan kamu memasukkan nomor handphone dengan benar. Ingat, kesalahan nomor handphone menyebabkan kode verifikasi tidak diterima.

3. Batasi Permintaan Kode Verifikasi

Jika sudah meminta kode verifikasi beberapa kali, tunggu beberapa saat sebelum mencoba lagi. Jangan terlalu sering meminta kode dalam waktu singkat untuk menghindari dianggap sebagai aktivitas spam oleh sistem WhatsApp.

4. Matikan Mode Pesawat

Pastikan mode pesawat pada handphone-mu nonaktif. Mode pesawat mematikan semua jaringan seluler, ini yang menyebabkan kamu tidak menerima kode verifikasi WA. 

5. Hubungi Provider Layanan Seluler


Jika kamu menduga ada masalah dengan jaringan seluler, hubungi customer service provider untuk memastikan tidak ada gangguan jaringan atau masalah teknis yang menghalangi penerimaan SMS.

6. Perbarui Aplikasi WhatsApp


Pastikan aplikasi WhatsApp sudah diperbarui ke versi terbaru. Versi aplikasi yang usang bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk kesulitan menerima kode verifikasi

Pentingnya Verifikasi yang Aman

Ketika kamu tidak menerima kode verifikasi WA, sepatutnya kamu berhati-hati. Sebab, verifikasi yang aman memastikan beberapa hal di bawah ini: 

1. Hanya kamu yang dapat mengakses akun

Kode verifikasi bertindak sebagai penghalang antara akun kamu dan penipu (fraudster) atau penjahat siber. Sebagai pemilik akun, kamu berhak menerima kode verifikasi WA, SMS, maupun email sebagai bukti sah bahwa hanya kamu yang dapat mengakses akun. 

2. Mencegah Akses Tidak Sah

Tanpa kode verifikasi yang tepat, siapa pun yang mencoba mengakses akunmu akan ditolak. Sehingga, ketika kamu tidak menerima kode verifikasi di WA, kamu pun tidak bisa mengakses akun. Pastikan kamu mengecek kembali nomor WA atau nomor handphone untuk memastikan kode verifikasi terkirim.  

3. Mengurangi Risiko Pencurian Identitas

Verifikasi yang aman mengurangi peluang bagi penjahat untuk mencuri identitasmu dan menyalahgunakannya. Verifikasi adalah gerbang pertama untuk mendepak penjahat siber dari akses akunmu. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kecil kemungkinan kamu tidak menerima kode verifikasi WA. Namun, jika masalah berlanjut, coba untuk menghubungi dukungan WhatsApp untuk bantuan lebih lanjut.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Injection Attack: Metode, Cara Kerja, dan Dampaknya
cybersecurity

Injection Attack: Metode, Cara Kerja, dan Dampaknya

Injection attack terjadi ketika penyerang menyuntikkan kode atau perintah berbahaya ke dalam sistem. Berikut berbagai metode dalam injectio...

Juni 25, 2024

Perlindungan Data Pribadi: Pentingnya UU di Era Digital
cybersecurity

Perlindungan Data Pribadi: Pentingnya UU di Era Digital

Perlindungan data pribadi di Indonesia telah diatur dalam UU Perlindungan Data Pribadi. Bagaimana UU tersebut mengaturnya? Simak uraiannya ...

Juni 23, 2024

Data Pribadi: Definisi, Jenis, dan Cara Melindunginya
cybersecurity

Data Pribadi: Definisi, Jenis, dan Cara Melindunginya

Data pribadi adalah data yang mengidentifikasi individu dalam bentuk fisik atau digital. Baca penjelasan definisi, jenis, dan cara melindun...

Juni 22, 2024