Skip to content

Perkuat Layanan Keuangan Digital MNC Group, Flash Mobile Gandeng VIDA

VIDA and Flash Mobile join hands to build an e-certificate-based digital identity system for a convenient and safe digital financial service

VIDA dan Flash Mobile bangun sistem identitas digital berbasis sertifikat elektronik dalam memberikan layanan keuangan digital yang mudah dan aman

Jakarta, 13 Februari, 2022 - PT Indonesia Digital Identity (VIDA), sebagai digital trust provider terdepan di Indonesia, mengumumkan kerja sama dengan PT FM Digital Solution sebagai payment gateway provider dan biller aggregator. Flash Mobile merupakan salah satu ekosistem digital yang digadang PT MNC Kapital Indonesia Tbk (IDX: BCAP). Melalui kerja sama ini, VIDA bersinergi dengan Flash Mobile dalam membangun sektor keuangan terpercaya dan mengedepankan digital trust pada berbagai layanan keuangan digital, khususnya yang berada di bawah naungan MNC Group. Kolaborasi ini lahir dari kesamaan misi kedua perusahaan, yakni membangun ekosistem layanan keuangan digital yang aman, nyaman serta inklusif di Indonesia.

Flash Mobile menawarkan akses eksekusi real-time terintegrasi ke berbagai metode pembayaran serta mengumpulkan pembayaran tagihan biller MNC Group dan 2.500 merchant lainya melalui integrasi single API. Dalam kerja sama ini, VIDA menghadirkan layanan VIDA Verify, yakni layanan verifikasi identitas online berdasarkan penerbitan sertifikat elektronik oleh VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) berinduk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kerja sama ini akan memberikan nilai tambah untuk mendukung proses bisnis fintech yang diproses oleh Flash Mobile, termasuk melakukan proses verifikasi identitas online, maupun layanan berbasis sertifikat elektronik lain ke depannya seperti tanda tangan digital, otentikasi multifaktor, dan lain sebagainya.

Jessica Tanoesoedibjo, Direktur PT FM Digital Solution mengungkapkan “Integrasi layanan identitas digital yang komprehensif melalui Flash Mobile di berbagai layanan keuangan MNC Group merupakan langkah bisnis yang vital bagi kami. Oleh karenanya, kami senang dapat berpartner dengan VIDA, yang bersama-sama Flash Mobile menghadirkan layanan identitas digital yang aman dan nyaman. Hal ini merupakan perwujudan komitmen kami dalam menerapkan sistem keamanan dan privasi kelas dunia kepada pengguna layanan kami di MNC Group yang sangat besar. Lewat kerja sama ini, kami berharap Flash Mobile dan MNC Group dapat terus berinovasi dalam mendorong ekosistem layanan keuangan digital yang inklusif maupun berkontribusi bagi perekonomian nasional.”

Kerja sama ini sejalan dengan peran Flash Mobile dalam menguatkan value MNC Group di era disrupsi digital, dengan menekankan keamanan sebagai aspek yang penting bagi layanan keuangan digital dalam skala yang besar. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, pembayaran non-tunai di Indonesia dalam nilai transaksi bruto (gross transaction value) diperkirakan terus tumbuh hingga dapat menyentuh angka USD 421 miliar pada 2025 dengan laju pertumbuhan tahun majemuk (Compound Annual Growth Rate) sebesar 17% dari 20221. Potensi yang sangat besar ini tentunya memerlukan digital trust agar pengguna semakin percaya untuk melakukan transaksi digital. 1 Google, Temasek, Bain & Company, e-Conomy SEA 2022 (2022)

Niki Luhur, Group CEO dan Co-Founder VIDA, mengatakan “Dengan tingginya tren ancaman kejahatan siber khususnya pada sektor keuangan saat ini, kepercayaan masyarakat terhadap keamanan digital (digital trust) menjadi salah satu kunci dalam mendorong tumbuhnya ekonomi digital. Sebagai digital trust provider, VIDA berkomitmen tidak hanya menyajikan teknologi identitas digital yang aman, namun juga sistem yang mudah diakses dan digunakan konsumen. Untuk itu kami merasa bangga dapat bekerja sama dengan MNC Group melalui Flash Mobile dalam bersama-sama menghadirkan teknologi identitas digital yang aman, nyaman, dan mudah diakses bagi pengguna. Kerja sama ini hadir dari kesamaan misi VIDA dengan Flash Mobile dalam menghadirkan pengalaman digital terintegrasi serta pertumbuhan berkelanjutan bagi para stakeholder.

Sebagai penyedia identitas digital terdepan, VIDA terus menjunjung tinggi tiga nilai penting yang dihadirkan melalui produk-produknya, yaitu Speed, Scale and Secure. Speed yakni kemampuan teknologi VIDA untuk memproses, memverifikasi dan melakukan otentikasi data pengguna dalam waktu singkat. Secure yakni memberikan jaminan lebih terhadap keamanan data dari pengguna dengan enkripsi end-to-end, dan telah dijamin oleh berbagai akreditasi kelas global seperti ISO 27001 dan WebTrust. Scale di mana dalam kerja sama ini teknologi VIDA mampu memproses data dalam skala besar.

“Teknologi kelas dunia VIDA tak hanya memudahkan layanan keuangan digital lebih aman dan legal, namun juga lebih nyaman digunakan pengguna serta membantu perusahaan untuk meningkatkan skala bisnis mereka dan mempercepat pertumbuhan. Dengan posisi strategis Flash Mobile di MNC Group yang memiliki cakupan layanan yang luas, kami optimis ke depannya kerja sama ini dapat berkontribusi lebih luas dalam agenda transformasi digital nasional di berbagai sektor. Harapannya, kerja sama VIDA dengan Flash Mobile dapat menjadi upaya bersama untuk membangun ekosistem layanan keuangan digital yang inklusif di Indonesia.” pungkas Niki.

***

Tentang PT FM Digital Solution

PT MNC Kapital Indonesia Tbk, salah satu group usaha dalam MNC Group membentuk PT FM Digital Solution sebagai perusahaan payment gateway dan biller aggregator untuk semua transaksi pembayaran dalam MNC Group. Pada Januari 2021, Flash Mobile telah memperoleh lisensi sebagai penyedia layanan payment gateway dari Bank Indonesia.

Flash Mobile mendukung bisnis dengan skala UMKM dan korporasi dengan menyediakan berbagai pilihan solusi pembayaran. Melalui transfer bank, kartu debit dan kredit, gerai ritel, paket cicilan dan e-wallet sebagai metode pembayaran. Dengan lisensi dari Bank Indonesia, Flash Mobile juga menyediakan Sistem Deteksi Penipuan dan Faktur sebagai Layanan Nilai Tambah.

Selain itu, Flash Mobile adalah biller aggregator eksklusif untuk seluruh pembayaran tagihan MNC Group, termasuk pembayaran berulang dan pembelian voucher produk yang ditawarkan oleh MNC Vision, MNC Play, MNC Finance, dan lainnya. Memiliki lebih dari 2.000 produk multibiller yang terintegrasi dengan berbagai jenis platform.

Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk tumbuh bersama mitranya dan berinovasi menciptakan ekosistem layanan keuangan digital dengan standar keamanan tertinggi. Flash Mobile menyediakan layanan tanda tangan elektronik, e-KYC, dan P2P lending yang patuh terhadap ketentuan Badan Pemeriksa Keuangan Indonesia. Layanan ini dilengkapi dengan ISO 27001 yang menjamin keamanan setiap transaksi.

 

Tentang PT Indonesia Digital Identity (VIDA)

PT Indonesia Digital Identity (VIDA) sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) atau Certification Authority (CA) yang terdaftar dan berinduk di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, adalah badan terpercaya yang memiliki kewenangan menerbitkan sertifikat elektronik untuk kebutuhan tanda tangan elektronik tersertifikasi. Didirikan pada tahun 2018, VIDA merupakan penyedia layanan identitas digital yang memanfaatkan sertifikat elektronik untuk memberikan layanan otentikasi multi-faktor, tanda tangan elektronik, dan identitas terverifikasi. VIDA menerapkan standar keamanan data kelas dunia, termasuk Public Key Infrastructure, pengenalan wajah (biometrik), dan keamanan jaringan sebagai solusi keamanan data yang komprehensif. Selain itu, VIDA juga terdaftar sebagai penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) - klaster eKYC maupun regulatory sandbox di OJK. Produk dan solusi yang ditawarkan oleh VIDA dapat diadopsi oleh berbagai sektor dan industri, termasuk industri jasa keuangan untuk dapat memverifikasi pelanggan tidak hanya dengan lebih aman karena berbasis sertifikat elektronik tetapi juga lebih cepat karena menggunakan verifikasi biometrik dengan basis data kependudukan sehingga verifikasi identitas dapat dilakukan secara cepat tetapi juga aman. VIDA juga menerapkan standar teknologi kelas dunia yang disertifikasi dan diakui secara internasional dengan melewati audit serta mendapatkan berbagai sertifikasi baik lokal ataupun sertifikasi global. Di Indonesia, perusahaan ini menjadi PSrE terakreditasi WebTrust pertama dan terdaftar sebagai penyedia layanan tanda tangan elektronik yang aman dan telah disetujui oleh Adobe (Adobe Trust Service Provider) dalam daftar Adobe Approved Trust List (AATL), dan juga bersertifikat ISO 27001 untuk penerapan standar keamanan manajemen informasi.

 

More Information

Marketing Communications

VIDA - PT Indonesia Digital Identity

pr@vida.id  | www.vida.id

 

 

Download PDF

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

VIDA Dukung Transformasi Digital Kesehatan dengan Tanda Tangan Digital

VIDA Dukung Transformasi Digital Kesehatan dengan Tanda Tangan Digital

VIDA umumkan kontribusi dalam inisiatif nasional untuk mengintegrasikan tanda tangan elektronik tersertifikasi dan Sertifikat elektronik di...

Mei 03, 2024

VIDA Perkenalkan Deepfake Shield, Lawan Ancaman Penipuan Deepfake yang Dihasilkan AI

VIDA Perkenalkan Deepfake Shield, Lawan Ancaman Penipuan Deepfake yang Dihasilkan AI

VIDA mengumumkan peluncuran whitepaper: “WHAT THE FAKE?: Siapkah Bisnis di Indonesia Melawan Penipuan Deepfake yang Dihasilkan AI?” yang me...

April 24, 2024

GOPAY Pinjam Solusi Pinjaman Tunai yang Mudah, Cepat, dan Aman dengan Dukungan Tanda Tangan Digital VIDA

GOPAY Pinjam Solusi Pinjaman Tunai yang Mudah, Cepat, dan Aman dengan Dukungan Tanda Tangan Digital VIDA

GOPAY Pinjam menyediakan akses pinjaman yang mudah tetapi tetap memprioritaskan keamanan dan privasi data dengan memanfaatkan Tanda Tangan ...

Maret 27, 2024