Skip to content
tanda tangan digital

Apr 17, 2023

Bagaimana Cara Kerja Tanda Tangan Digital?

Membahas secara rinci tentang cara kerja atau cara membuat tanda tangan digital Penyelenggara Sertifikasi Elektronik.

 

Tanda tangan digital merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk mengamankan dokumen elektronik di Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang cara kerja atau cara membuat tanda tangan digital dari Penyelenggara Sertifikasi Elektronik di Indonesia.

Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) adalah pihak yang bertanggung jawab atas penerbitan dan pengelolaan tanda tangan digital di Indonesia. PSrE berperan sebagai otoritas yang memberikan kepercayaan terhadap tanda tangan digital, sehingga dapat digunakan sebagai bukti otentik dalam transaksi elektronik.

Cara kerja atau cara membuat tanda tangan digital dimulai dengan proses registrasi oleh individu atau organisasi yang ingin menggunakan tanda tangan digital. Pada tahap ini, pengguna harus mengajukan permohonan ke PSrE untuk mendapatkan sertifikat tanda tangan digital. Permohonan ini harus dilengkapi dengan dokumen identitas yang sah, seperti KTP atau NPWP, serta dokumen lain yang diperlukan sesuai dengan kebijakan PSrE yang bersangkutan.

Setelah permohonan disetujui, PSrE akan menghasilkan sepasang kunci kriptografi, yaitu kunci privat dan kunci publik. Kunci privat hanya diketahui oleh pemilik tanda tangan digital dan harus dijaga dengan sangat baik, sementara kunci publik akan diberikan kepada pihak ketiga yang ingin memverifikasi tanda tangan digital.

Banyak orang yang ingin mengetahui cara kerja atau cara membuat tanda tangan digital. Proses penggunaan tanda tangan digital dimulai dengan pemilik tanda tangan digital yang ingin menandatangani dokumen elektronik. Pemilik tanda tangan digital akan menggunakan kunci privat untuk menghasilkan suatu kode kriptografi yang unik, yang merupakan representasi digital dari tanda tangan mereka. Kode kriptografi ini akan dimasukkan ke dalam dokumen elektronik yang akan ditandatangani, sehingga menjadi bagian integral dari dokumen tersebut.

Kemudian, dokumen yang telah ditandatangani digital akan disertai dengan sertifikat tanda tangan digital yang diterbitkan oleh PSrE. Sertifikat ini berisi informasi tentang identitas pemilik tanda tangan digital, kunci publik mereka, dan informasi lain yang relevan. Sertifikat ini juga ditandatangani digital oleh PSrE, sehingga dapat diverifikasi oleh pihak ketiga yang ingin memverifikasi tanda tangan digital.

Pihak ketiga yang ingin memverifikasi tanda tangan digital dapat melakukan proses verifikasi dengan menggunakan kunci publik yang terdapat dalam sertifikat tanda tangan digital. Proses ini akan memastikan bahwa tanda tangan digital benar-benar berasal dari pemilik yang sah, dan dokumen elektronik tersebut tidak mengalami perubahan sejak ditandatangani.

Memperkenalkan VIDA Sign

Tingkatkan pengalaman kerja jarak jauh Anda ke level berikutnya dengan tanda tangan digital yang memastikan kenyamanan dan keamanan penandatanganan dokumen di mana saja. VIDA Sign memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan dan mengelola alur kerja digital menggunakan kemampuan bisnis VIDA yang kuat sekaligus mematuhi kebijakan keamanan dan standar peraturan. Berikut ini adalah manfaat utama menggunakan VIDA Sign:

Aman Secara Regulasi
VIDA Sign memastikan perjanjian digital yang aman dan sesuai dengan ISO 27001 dan Sertifikasi Webtrust. VIDA Sign mengikat secara hukum dan diakui di lebih dari 40 negara.

Manajemen Alur Kerja Penandatanganan
Alur kerja penandatanganan yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan kontrol atas setiap langkah proses, termasuk alur penandatanganan serial dan paralel.

Tanda Tangan Digital yang Diakui Secara Global
Kelola tim dan administrator VIDA Sign Anda untuk mematuhi alur kerja dokumen perusahaan dan pembatasan akses penandatangan.

Kemampuan Membuat e-Materai
Proses e-meterai & tanda tangan digital yang berdampingan pada dokumen yang sama dan kemampuan stempel e-meterai massal.

VIDA Sebagai PSrE Tepercaya untuk Tanda Tangan Digital

Salah satu PSrE yang terpercaya di Indonesia adalah VIDA. VIDA merupakan PSrE resmi dan terdaftar di Kominfo. VIDA telah menjadi PSrE yang terdaftar di Kominfo sejak 2018, dan telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan dalam penerapan tanda tangan yang aman, mudah, dan tentunya tersertifikasi. Tanda tangan digital yang dibuat dengan VIDA Sign menggunakan verifikasi biometrik dari pengguna, sehingga meminimalisir penipuan dan melindungi identitas pengguna. Prosesnya yang mudah dan cepat membuat VIDA dapat menjadi pilihan untuk penandatanganan dokumen, salah satunya laporan pajak perusahaan.

VIDA juga menerapkan standar teknologi kelas dunia yang disertifikasi dan diakui secara internasional dengan melewati audit serta mendapatkan berbagai sertifikasi baik lokal ataupun sertifikasi global. Di Indonesia, perusahaan ini menjadi PSrE terakreditasi WebTrust pertama dan terdaftar sebagai penyedia layanan tanda tangan elektronik yang  aman dan telah disetujui oleh Adobe (Adobe Trust Service Provider) dalam daftar Adobe Approved Trust List (AATL), dan juga bersertifikat ISO 27001 untuk penerapan standar keamanan manajemen informasi. Untuk info cara membuat tanda tangan digital dengan VIDA Sign, mohon hubungi kami di sini

 

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Baru Pakai Tanda Tangan Digital? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui
tanda tangan elektronik

Baru Pakai Tanda Tangan Digital? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui

Tanda Tangan Elektronik yang sah dan tersertifikasi hanya dikeluarkan oleh aplikasi Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE). Yuk, simak ...

Februari 28, 2024

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado
verifikasi identitas

Teknologi Membawa Rezeki: Kisah Inspiratif Bu Lilis Membesarkan Rumah Kado

Selama 16 tahun, usaha Bu Lilis bernama Rumah Kado berjalan di tempat tanpa membawa perubahan yang diharapkan. Namun dengan teknologi digit...

Februari 21, 2024

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital
digital identity

Pentingnya Menjaga Keamanan Data Pribadi di Era Digital

Verifikasi merupakan proses konfirmasi identitas yang umumnya melalui metode otentikasi. Proses ini melibatkan penggunaan kata sandi, kode ...

Januari 16, 2024