Skip to content
business

Feb 18, 2021

Tiga Manfaat Menggunakan Tanda Tangan Digital untuk Bisnis

Tanda tangan digital merupakan jawaban atas masalah yang dihadapi oleh tanda tangan konvesional.

Tanda tangan digital merupakan jawaban atas masalah yang dihadapi oleh tanda tangan konvesional.
Inovasi merupakan tuntutan yang ingin terus dicapai oleh bisnis. Seringkali inovasi ini berkaitan dengan teknologi karena teknologi kerap berkembang begitu cepat dan memberikan banyak solusi baru. Salah satu inovasi tersebut adalah tanda tangan digital. Sebuah metode tanda tangan yang tidak lagi mengandalkan tanda tangan fisik melainkan dengan dokumen digital.
 
Tanda tangan  memang terbilang teknologi yang baru berkembang. Meski dokumen digital telah dikenal sejak akhir tahun 90an, penerapan tanda tangan  baru dimulai pada awal tahun 2000an. Hal ini membuat pengembangan tanda tangan  terbilang masih cukup belia.
 
Meski terbilang baru, tanda tangan  saat ini sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Penggunaan tanda tangan  tidak terbatas pada jenis industri, mulai dari bisnis perbankan, pemerintahan hingga bisnis kecil dan menengah.
 
Tidak ada satupun badan di era modern ini yang tidak membutuhkan tanda tangan . Hal ini membuat adopsi teknologi tanda tangan  berkembang pesat. Terutama di masa pandemi virus corona yang membuat banyak pekerjaan harus dikerjakan secara berjarak dari rumah.
 
Banyak pihak mulai menerima tanda tangan , tapi bukan berarti tanda tangan  tetap dipertanyakan manfaatnya. Apa keunggulannya bila dibandingkan dengan tanda tangan basah yang biasa digunakan?
 
Tanda tangan basah merupakan tanda tangan yang telah ada sejak berabad-abad lamanya. Metode ini dilakukan di banyak negara dengan tujuan yang kurang lebih sama: menyetujui sebuah kesepakatan. Tidak ada yang meragukan metode ini, sampai akhirnya teknologi digital dan internet lahir di akhir abad 20.
 
Akibat teknologi digital dan internet, gaya hidup berubah. Cara berbisnis juga berubah. Wajah peradaban berubah, membuat interaksi antar manusia bisa dilakukan secara virtual dan berjarak.
 
Tanda tangan basah kemudian mulai dianggap tidak efisien. Tidak memudahkan dan membutuhkan biaya lebih. Terbukti, survey yang dilakukan Forrester untuk Adobe mengungkap bahwa 98% perusahaan mengalami masalah saat menyiapkan, menandatangan dan juga mengatur arsip dokumen kesepakatan. Hal ini terjadi karena perusahaan-perusahaan tersebut masih mengandalkan dokumen fisik untuk membuat perjanjian.
 
Para inovator teknologi kemudian mengembangkan metode tanda tangan berbasis elektronik yang bisa memberi solusi pada masalah yang dihadapi tanda tangan konvensional. Tanda tangan  dinilai memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk bisnis tetapi juga untuk masyarakat secara umum.
 

Manfaat tanda tangan digital untuk bisnis

 Apa saja manfaat tanda tangan ? Berikut adalah manfaat dari penerapan tanda tangan  pada bisnis berdasarkan Studi The Total Economic Impact Of AdobeSign oleh Forrester di tahun 2019.
 
1. Tanda tangan digital memberi pengalaman konsumen yang lebih baik
 
Ketika perusahaan menggunakan metode tanda tangan yang lebih modern, perusahaan akan terlihat lebih profesional. Saat perusahaan juga tidak lagi menggunakan kertas dan tinta, reputasi perusahaan juga akan meningkat. Tidak hanya itu, tanda tangan digital memudahkan konsumen untuk mendapatkan layanan lebih cepat tanpa harus menunggu dokumen selesai diproses.
 
2. Tanda tangan digital mengurangi biaya
 
Kebutuhan untuk menyiapkan, mencetak, mengirimkan, memindai, dan melacak dokumen secara manual membutuhkan biaya yang tinggi. Selain itu dokumen kertas cenderung lebih mudah hilang, sehingga menghambat perusahaan untuk melakukan peninjauan kembali ataupun melakukan pembaruan pada kesepakatan.
 
Tidak hanya itu, dokumen fisik juga membuat karyawan harus melakukan entri data kembali pada sistem. Mulai dari memindainya, lalu menyimpan dokumennya secara digital. Sementara dokumen fisiknya membutuhkan lemari penyimpanan khusus. Hal ini tentu juga membutuhkan biaya. Padahal jika perusahaan menggunakan tanda tangan digital, perusahaan bisa menghemat begitu banyak biaya karena menggunakan dokumen digital untuk sebuah kesepakatan bisnis.
 
Pengeluaran biaya tambahan juga terjadi bila pihak yang bersepakat harus melakukan pertemuan untuk melakukan tanda tangan. Sedangkan menggunakan tanda tangan digital, dokumen digital bisa dengan segera ditandatangani tanpa harus bertatap muka.
 

3. Tanda tangan digital mempercepat kesepakatan dan meningkatkan pendapatan

 

Selain itu, dokumen fisik juga rawan terhadap kesalahan prosedur seperti salah ketik. Hal ini akan memperlambat sebuah proses kesepakatan. Sedangkan konsumen hanya akan melakukan transaksi jika kesepakatan telah disetujui. Itu artinya, potensi pendapatan menjadi tertunda akibat dokumen yang tidak kunjung selesai. Padahal dengan tanda tangan , bisnis bisa dengan segera melakukan kesepakatan tanpa harus mencetak dan mengirimkan dokumen.

 

Dengan dokumen digital, perusahaan juga bisa memperbarui dokumen jika suatu ketika terjadi perubahan kebijakan, kesepakatan ataupun hal lain yang membutuhkan pembaruan. Pembaruan akan begitu sulit terlaksana jika dokumen berupa berkas fisik yang harus mengulang kembali proses kesepakatan dari awal.

 
Tiga manfaat di atas adalah manfaat dari tanda tangan  yang tidak banyak disadari oleh pelaku bisnis. Bila menyadari bahwa tanda tangan basah bisa membuat bisnis Anda mendapat banyak kerugian, Anda perlu segera untuk mempertimbangkan menggunakan tanda tangan .
 

Di Indonesia tanda tangan  telah diakui oleh hukum dan telah memiliki undang-undang yang mengatur penerapannya dalam konteks legal. Jadi, bila Anda ingin menggunakan tanda tangan , ini adalah saatnya untuk melakukan bisnis dengan lebih baik.

 
 

Baca juga: Membandingkan Keunggulan Tanda Tangan Digital Dengan Tanda Tangan Basah

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

From Bank Accounts to Dating, You Can Suffer Losses Because of Deepfake
deepfake

From Bank Accounts to Dating, You Can Suffer Losses Because of Deepfake

Because deepfake content closely resembles the original, it becomes a threat in our daily lives, ranging from bank account to online dating...

April 17, 2024

Uploading Selfies is the First Step to Becoming a Deepfake Victim
deepfake

Uploading Selfies is the First Step to Becoming a Deepfake Victim

Do you enjoy uploading selfies to the internet? Be cautious, as that's the first step in creating a deepfake.

April 16, 2024

Behind the Scenes of Deepfake: How Advanced AI Fools the World
deepfake

Behind the Scenes of Deepfake: How Advanced AI Fools the World

With advancements in artificial intelligence (AI), creating hyper-realistic videos and audios that can fool the human eye and ear is now po...

April 16, 2024