Skip to content
identitas digital

Des 19, 2022

Mengenal Lebih Jauh Tentang Tanda Tangan Digital

VIDA Sign adalah aplikasi tanda tangan digital dari VIDA, untuk memudahkan pelanggan dapat melakukan proses tanda tangan digital yang cepat dan simpel.

VIDA Sign adalah aplikasi tanda tangan digital dari VIDA, untuk memudahkan pelanggan dapat melakukan proses tanda tangan digital yang cepat dan simpel.

Tanda tangan digital semakin populer seiring dengan transformasi digital dalam lingkungan kerja dan ekonomi digital. Di Indonesia, tanda tangan digital telah disahkan oleh Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), diikuti oleh Peraturan Pemerintah (PP) no. 71 2019.  Seberapa aman tanda tangan digital? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Pengertian Tanda Tangan Digital

 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang tanda tangan digital, ketahui terlebih dulu pengertian tanda tangan digital. Tanda Tangan Digital adalah adalah tanda tangan yang terdiri atas informasi digital yang dilampirkan, ditautkan, atau terkait dengan informasi digital lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan otentikasi. 

 

Fungsi Utama Tanda Tangan Digital

 

Berikut ini adalah tiga fungsi utama pada tanda tangan digital, yaitu:

  • Otentikasi, memastikan keaslian dokumen dan identitas penandatangan yang terverifikasi

  • Integritas Dokumen, memastikan dokumen tetap tidak berubah

  • Non-Repudiasi, penandatangan tidak dapat menyangkal dokumen yang ditandatangani.

Tanda tangan digital tersertifikasi merupakan teknologi yang sangat aman untuk karena memiliki fitur enkripsi yang menjamin tanda tangan tidak dapat dipalsukan. Terdapat verifikasi biometrik  dengan otentikasi deteksi keaktifan sebelum penandatanganan untuk mengurangi penipuan identitas digital.

 

Kelebihan Tanda Tangan Digital

 

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang Anda dapatkan saat menggunakan tanda tangan digital:

 

Efisien Biaya dan Waktu

Perusahaan tidak lagi mengeluarkan biaya-biaya yang tidak perlu seperti mencetak berkas untuk melakukan tanda tangan. Dengan begitu, biaya operasional perusahaan menjadi berkurang dan bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain. 

 

Mudah Diakses

Tanda tangan digital memberikan kemudahan dalam segi akses yang dapat diakses dari komputer, laptop, tablet, hingga smartphone. 

 

Cepat dan Praktis

Proses penandatanganan dokumen bisa dilakukan dengan lebih cepat dan praktis karena para pihak yang terlibat tidak perlu bertemu secara langsung.

 

Aman dan Nyaman

Tanda tangan digital dilindungi dengan sistem otentikasi biometrik pengguna. tanda tangan digital dilindungi dengan sistem otentikasi biometrik pengguna. Jika data yang diberikan ternyata tidak cocok dengan data rekam, maka identitasnya tidak akan terverifikasi dan ia tidak bisa mengakses tanda tangan.

 

Kerapian Dokumentasi

Dokumen digital juga lebih mudah disimpan karena tidak memerlukan ruang fisik, dan dapat dengan mudah diambil kapan saja dengan fitur pencarian. Untuk mencegah kehilangan dan kerusakan dokumen, dokumen akan disimpan dalam bentuk digital pada Cloud.

 

Tanda Tangan Digital Untuk Bisnis

Tanda tangan digital dapat digunakan dalam proses penandatanganan berbagai macam dokumen digital. Baik itu berupa dokumen perjanjian pinjaman di perusahaan perbankan maupun keuangan, perjanjian bisnis antar korporasi maupun antara korporasi dengan individu yang penting dan membutuhkan tingkat keamanan tinggi.

 

Tanda tangan digital dapat menjadi solusi bagi bisnis dari segi efisiensi biaya operasional perusahaan, mempercepat proses penandatanganan dokumen, meminimalisir terjadinya pemalsuan tanda tangan dan dokumen pun dapat dicegah dengan penggunaan tanda tangan digital. 

 

Tidak kalah penting, tanda tangan digital dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, sangat cocok untuk pebisnis yang memiliki mobilitas tinggi dan juga efektivitas karyawan perusahaan.

 

Tersertifikasi Lembaga Negara

Di Indonesia sendiri, salah satu syarat penyelenggaraan tanda tangan digital haruslah tersertifikasi dari lembaga terkait seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

 

Hal ini mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Di mana, dalam peraturan tersebut layanan tanda tangan digital atau penyedia layanan wajib terdaftar di pemerintah. 

 

Keberadaan sertifikasi tersebut juga digunakan untuk menjamin keabsahan tanda tangan digital milik seseorang, instansi, lembaga, maupun korporasi ketika melakukan transaksi.

 

VIDA Pilihan Tepat Untuk Bisnis Anda

 

Selain diakui sebagai PSrE terdaftar dan berinduk di bawah Kominfo, VIDA juga menjadi PSrE Indonesia pertama yang mendapatkan sertifikasi global WebTrust. VIDA juga terdaftar dalam regulatory sandbox Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

 

Dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun, perjalanan VIDA tersebut menarik kepercayaan dari berbagai penyedia tanda tangan digital global dengan bekerjasama dengan VIDA dalam menyediakan sertifikat elektronik atau Trust Service Provider.Dengan VIDA sebagai Trust Service Provider, memungkinkan pengguna dapat memvalidasi tanda tangan digital mereka dan dikenali secara hukum di Indonesia melalui sertifikat elektronik yang dikeluarkan oleh VIDA. 

 

VIDA menyediakan platform identitas digital di seluruh saluran digital dengan standar keamanan dan kepatuhan tertinggi menggunakan teknologi kelas dunia untuk end-to-end solution.  

 

VIDA Sign merupakan aplikasi tanda tangan digital yang dikeluarkan oleh VIDA, untuk memudahkan pelanggan dapat melakukan proses tanda tangan digital yang cepat dan simpel.  

 

Anda hanya perlu untuk menggunakan aplikasi dan platform yang telah disediakan, kemudian menentukan dokumen mana yang ingin ditandatangani secara digital. Anda akan mendapatkan token dan juga melalui proses verifikasi identitas yang mudah dengan pindai wajah.

 

Melalui cara seperti ini VIDA memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna di tanah air. Karena mampu memberikan keleluasaan terhadap mitra dalam berbisnis untuk penandatanganan dokumen di mana saja dan kapan saja bahkan dari perangkat apapun.

 

Cari tahu lebih lanjut lagi mengenai VIDA Sign dengan menghubungi kami.

VIDA - Verified Identity for All. VIDA provides a trusted digital identity platform.

Latest Articles

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan
cybersecurity

Contoh Cyber Security yang Penting dalam Perusahaan

Cyber security sangat penting untuk kelangsungan operasional perusahaan. Apa saja contoh cyber security? Lalu apa saja ancamannya? Berikut ...

Juni 14, 2024

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber
cybersecurity

Perbedaan Hacker dan Cracker dalam Dunia Keamanan Siber

Hacker dan cracker adalah dua pelaku utama dalam dunia kejahatan siber. Apa perbedaan keduanya? Apakah mereka sama-sama merugikan? Baca art...

Juni 14, 2024

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya
cybersecurity

Pengertian Hacker, Jenis, dan Metode Peretasan-nya

Hacker adalah pelaku kejahatan siber yang mengintai sistem keamanan jaringan. Apa itu hacker dan bagaimana metode peretasannya? Simak artik...

Juni 14, 2024